3 Perbedaan Jenis Speaker Aktif dan Pasif

Di Content Placement, Perlengkapan Komputer, Review Produk 123 views

Perbedaan Jenis Speaker Aktif dan Pasif3 Perbedaan Jenis Speaker Aktif dan Pasif Cara membedakan jenis speaker aktif dan pasif sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya dengan melihat dan membandingkan tampilan luar dari kedua speaker ini, maka Anda sudah bisa membedakannya. Namun, meski kelihatannya mudah untuk dibedakan sebagian orang masih saja kesulitan membedakannya.

3 Perbedaan Jenis Speaker Aktif dan Pasif

Agar kesulitan tersebut teratasi, Anda dapat menyimak detail perbedaan speaker aktif dan pasif berikut ini.

Power dan Berat Ukurannya

Aspek pertama yang membedakan antara speaker aktif dan pasif adalah power serta berat ukuran keduanya. Speaker aktif memang dirancang dengan lebih sederhana sehingga bisa langsung digunakan. Selain itu, power juga langsung masuk ke dalam speaker dengan beberapa komponen tambahan yang membuatnya lebih berat.

Sementara itu, speaker pasif dibuat dengan ukuran yang lebih sederhana. Hal ini dikarenakan di dalamnya hanya terdapat komponen speaker dan box. Dengan demikian, bobot speaker pasif jauh lebih ringan. Jenis speaker ini tidak dapat Anda pergunakan secara langsung karena masih harus dilengkapi dengan ampli untuk output audio.

Fungsi Kontrol dan Tombol on/off

Perbedaan yang kedua dari jenis speaker aktif dan pasif terletak pada fungsi kontrol serta tombol on/off nya. Pada speaker aktif fungsi kontrol terintegrasi sehingga untuk membesarkan atau mengecilkan suara harus mendatangi tempat dimana speaker berada. Sebaliknya, fungsi kontrol dan juga tombol on/off speaker pasif dapat diatur melalui ampli. Sekilas, fungsi kontrol dari speaker pasif memang lebih simple. Namun, kekurangannya adalah speaker ini memerlukan banyak komponen.

Pengaturan dan Hasil Suara

Perbedaan selanjutnya dari speaker aktif dan pasif dapat dilihat dari bagaimana pengaturan dan hasil suaranya. Pada speaker aktif umumnya pengaturan suara dapat dilakukan dengan lebih simple. Hal ini disebabkan komponen pengaturan suara sudah dibuat dengan skala tetap oleh pabrik. Sebaliknya, speaker pasif lebih sulit dalam pengaturannya karena mesti dilakukan manual sehingga resiko penurunan kualitas audio cukup besar.

Jenis speaker aktif maupun pasif tentu mempunyai kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Kini, tinggal bagaimana Anda menyikapi plus minus dari keduanya dan menyesuaikannya dengan keperluan. Apabila Anda membutuhkannya untuk acara-acara yang sifatnya penting, maka speaker aktif kualitas terbaik bisa jadi pilihan. Sebaliknya, jika penggunaannya hanya sebatas keperluan pribadi sebaiknya menggunakan speaker pasif saja.

Tags: #Informasi #Teknologi

author
Penulis: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | WA Only : 085 736 329 737 200 | FB : Facebook.com/keihinkitaco | IG : Instagram.com/blogrizkyzone
Wanita-wanita dalam Islam yang Melengkapi Kisah Para Nabi
Wanita-wanita dalam Islam yang Melengkapi Kisah Para Nabi
Wanita-wanita dalam Islam yang Melengkapi Kisah Para
Kenapa Lebih Memilih Smartwatch Daripada Jam Tangan Biasa?
Kenapa Lebih Memilih Smartwatch Daripada Jam Tangan Biasa?
Pic : Samsung.com Cari Smartwatch yang jual
Asus ROG Strix Hero Edition, Laptop Gaming Tipis Worth It
Asus ROG Strix Hero Edition, Laptop Gaming Tipis Worth It
Asus ROG Strix Hero Edition adalah salah

Tinggalkan pesan "3 Perbedaan Jenis Speaker Aktif dan Pasif"

CommentLuv badge
Baca Juga×

Top