Waktuku

7 Cara Mudah Membuat Blog di WordPress

In Advertorial, Blogging 78 views

Cara Mudah Membuat Blog di WordPress7 Cara Mudah Membuat Blog di WordPress – Rizkyzone.com Dunia online bukan hanya menawarkan kemudahan untuk belanja, transfer uang, bermain game online, komunikasi, dan bentuk kegiatan konsumtif lainnya. Dunia online itu luas dan tidak terbatas, sehingga lewat dunia online pun kita bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah. Layaknya bekerja seperti biasanya, kita akan mendapatkan penghasilan dari bekerja online. Bahkan hasilnya lebih banyak daripada bekerja offline.Salah satunya adalah dengan memiliki blog di WordPress.

Bentuk profesi dari kerja online ini adalah penulis, penjual barang online, penyedia jasa online, blogger, internet marketer, developer, dan masih banyak lagi yang lainnya.Ada promosi juga yang diterapkan untuk menasarkan produk, atau jasa online kita. Bahkan tidak perlu bekerja double, karena kita memiliki kantor online, yakni di halaman website sekaligus bisa memasang promonya di situ.

Blog menjadi tempat kerja para pekerja online pemula.Ini dikarenakan pembuatan blog yang lebih mudah dan praktis. Blog akan terus dikembangkan hingga menjadi situs online yang besar dan diincar banyak orang.

Namun pada praktiknya, banyak orang yang masih kesulitan untuk membuat blog.Ini dikarenakan menurut mereka membuat blog bukan hal yang mudah dan terlalu rumit.Maka dari itulah mereka memilih untuk menggunakan jasa pembuat blog agar lebih cepat.Padahal sebenarnya jika kita mau berusaha, dan mau belajar, membuat blog itu mudah, utamanya blog di WordPress.

Sebelum kita mempelajari bagaimana membuat blog, maka kita perlu tahu dulu apa saja keuntungan memiliki blog.

Keuntungan Memiliki Blog

Blog adalah senjata untuk kita agar lebih mudah menjelajah di dunia internet atau dunia online.Dengan memiliki blog, kita berarti sudah memiliki tanda pengenal atau ijin untuk mengakses internet dengan bebas dan juga untuk mengais rejeki dari dunia online.

Blog ini adalah akun dari gambaran diri kita. Mesin internet dunia akan mengenali wajah kita sebagai pengguna internet dengan jelas, maka dari itulah ijin untuk promosi pun semakin diperlukan.

Blog di WordPress ini adalah salah satu jenis blog yang banyak dipakai dan dipilih oleh orang-orang.Ini dikarenakan mereka lebih familiar dengan WordPress daripada yang lainnya.Bukan hanya itu saja, para pengguna WordPress benar-benar sudah merasakan keuntungan dengan memiliki blognya.

Berkut adalah beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan memiliki blog :

● Bisa dijadikan tempat mengais rejeki. Entah sebagai marketer,developer, freelance writer, blogger, dan lain-lain.

● Membuka banyak pilihan pekerjaan, diantaranya adalah :

○ Memasang iklan atas permintaan sponsor. Jadi akan ada royalti yang kita dapatkan dari pemasangan iklan ini.
○ Melayani jasa kepenulisan, desain, konsultasi, kepenulisan, dan lain-lain.
○ Menjual produk digital, mulai dari e-book, webinar, aplikasi, kursus online, dan sebagainya.
○ Bisa menjadi marketing afiliasi, yakni menjualkan produk orang di blog kita.
○ Menjual produk fisik, yang bisa berupa barang, seperti buku, meubel, alat-alat rumah tangga, fashion, dan lain-lain.

● Kita menjadi lebih lihai dalam mengelola blog. Dari terbiasa menjadi ahli karena setiap hari berhadapan.Produk atau usaha kita akan menjadi terkenal.

● Memiliki kesempatan yang luas untuk membangun jaringan. Pastinya dengan waktu yang lebih cepat, karena semua orang mengoperasikan dunia online setiap saat.

● Memiliki penghasilan tambahan yang lumayan, sehingga bisa menambah penghasilan utama.

● Kemungkinan prospek pendapatan akan terus bertambah karena usaha online mudah untuk dikembangkan. Asalkan kita telaten dan paham tentang dunia marketing online.

Keuntungan-keuntungan tersebut bukanlah isapan jempol semata.Bahkan dengan memiliki blog, bisa menjadi langkah awal kita untuk memulai usaha. Tidak punya dana untuk model usaha secara fisik, namun dengan membuka blog di WordPress kita bisa memulainya.

Saatnya Memiliki Blog di WordPress

WordPress ini adalah salah satu domain internet yang paling banyak diminati sejak awal kemunculannya di tahun 2003.

Banyak alasan yang membuat orang-orang lebih memilih WordPress daripada domain yang lain, yakni :

● Membuat blog di WordPress itu gratis. Di tengah pembuatan blog di domain lain sudah banyak yang berbayar, namun WordPress masih memanjakan kliennya dengan pembuatan blog yang gratis.

● WordPress sudah memiliki jaringan komunitas yang besar. Bukan domain abal-abal karena menggratiskan pembuatan blog, melainkan banyak orang atau klien yang sukses bersama blognya WordPress
● WordPress sekarang dinobatkan sebagai CMS atau Content Management System atau Sistem manajemen konten .

● Terbukti, WordPress telah mendukung 26% website buatannya. Dan ke semua website tersebut sudah 60% sudah mendukung CMS.

● Bisa di akses atau didapat dari 2 alamat, yakni :

○ WordPress.com
○ WordPress.org

● Sudah meluncurkan Plugin tingkat lanjutan, yakni REST API dan WP-CLI.

● WordPress ini diterbitkan langsung oleh Free Software Foundation.

● Sudah didukung Lisensi GPLv2.

● Blog yang kita miliki di WordPres ini bisa kita kontrol sepenuhnya, karena sudah menjadi hak milik kita. Bahkan kita bebas mengganti akun kapan saja.

Alasan-alasan tersebut lah yang membuat banyak orang tertarik menggunakan blog di WordPress.

3 Hal yang Dibutuhkan dalam Membuat Blog di WordPress

Kita harus mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan untuk membuat blog.Walaupun membuat blog WordPress ini gratis, namun tetap saja persiapan yang matang harus dipertimbangkan sebagai pegangan penting membuat blog yang kita buat benar-benar bermanfaat.

Ada 3 faktor yang diperlukan dalam membuat blog di WordPress yakni :

  1. Nama domain yang menarik dan commercial.
  2. Hosting yang sesuai. Jadi sebelum membuat blog bukan berarti kita duduk manis saja, melainkan kita masih membutuhkan hosting yang pas. Biasanya dibeli dengan sistem paket.
  3. Memiliki salinan WordPress.

Kombinasi antara ketiga hal tersebut sangat penting, karena akan memberikan kelancaran aktivitas blogger kita.

7 Cara Mudah Membuat Blog di WordPress

Tibalah kita akhirnya dengan merujuk pada Hostinger Indonesia WordPress Tutorial. Ada 7 langkah yang harus kita lakukan, yakni :

1. Menginstal WordPress pada paket Hosting yang telah kita miliki. Bisa dilakukan lewat cPanel atau dashboard hosting.

a. Secara detail, langkah-langkahnya adalah :

i. Buka website kemudian Auto Installer
ii. Klik WordPress di kolom pencarian
iii. Lalu klik “instal”

b. Adapun cara yang kedua adalah dengan :

i. Mengunduh WordPress
ii. Membuat database sendiri dan menyatakannya bahwa kita adalah pengelola dan pemilik sepenuhnya.
iii. Upload instalan WordPress yang telah kita unduh tadi
iv. Ikuti prosesnya sampai selesai.

2. Melakukan pengaturan standart yang ada pada WordPress. Tujuannya adalah untuk melakukan semua aktivitas lewat WordPress dan juga untuk mengakses semua informasi yang ada di pengaturan. Caranya adalah :

a. Membuka “setting” lalu pilih “ General”. Set semua isian yang ada di dalamnya, mulai dari judul, tagline, bahasa, serta format tanggalnya. Kemudian klik “Save Change”.

b. Membuka pengaturan yang kedua, yakni dengan “Setting” lalu klik “ Discussion”. Nonaktifkan “ trackback” dan “pingback”.

c. Buka lagi di menu “setting” klik “permalink”. Lalu pilih “plain” dan kemudian “post name”. Baru simpan semua perubahan dengan klik “save change”.

3. Memilih tema dari WordPress dengan langsung memulih persediaan tema yang yang sudah ada, yakni ada 33 pilihan tema. Untuk menemukan tema-tema yang sesuai, pastikan kita memeprtimbangakn hal-hal berikut:

a. Pilih tema yang desainnya responsif.
b. Tema bersifat dinamis dan bisa dipakai untuk semua plugin yang ada di WordPress.
c. Ada versi terjemahannya untuk berjaga-jaga jika kita menggunakan pengaturan bahasa asing.
d. Menyediakan forum bantuan untuk memberikan solusi terhadap semua masalah yang kita hadapi.
e. Sudah didukung dengan Code. Dimana untuk menggunakannya, kita harus mengecek di Validasi Demi.
f. Pilih tema yang memiliki peringkat bagus.

Cara menginstal tema ini adalah dengan klik “Appereance” lalau klik “theme” dan pilih “add new”. Setelah memilih tema, maka klik “instal” dan “active”.

4. Menginstall Plugin WordPress yang bisa berupa Jetpack, Yoast SEO, Google analytic Dashboard for WP, Akismet, Wordfence Wecurity, atau Uodraft Plus. Cara untuk menginstalnya adalah :

a. Buka “plugin” lalu “add new”
b. Cari nama plugin yang kita inginkan
c. Pilih “instal now” dan “ active”

5. Menerbitkan posting pertama kita di blog. Caranya adalah dengan menuliskan post terlebih dahulu:

a. Pilih topik post kita
b. Tulis headline yakni dengan memilih kata kunci yang tepat. Dimana kata kunci ini akan menentukan peringkat blog kita.
c. Membuat kerangka post sebagai panduan nantinya untuk mengembangkan . Selain itu juga untuk memberikan informasi tentang post secara garis besarnya dalam bentuk sub bab.
d. Mulai menulis post yang sudah kita buat kerangkanya. Masukkan langsung secara internal dengan klik “post” dan “add new”. Untuk membuat tulisan menarik, sisipkan video serta gambar dengan “Add media” lalu klik “insert to post”
e. Masukkan Call To Action Tau CTA yang memberikan kesempatan bagi pembaca untuk berkomentar, mengkontak kita, atau berlangganan.

6. Mengkostumisasi blog untuk semua pengunjung. Hal ini dilakukan sebelum membagikan tulisan kita sebelumnya. Caranya adalah dengan klik “Appearance” dan “customize”. Lalu tambahkan juga logo untuk situs kita agar nanti tulisan kita tersebut bersama dengan publikasi situs. Caranya adalah dengan :

a. Pilih ”site identity” dan “coclors”.
b. Untuk penampilan beranda, maka klik “static front page” dan pilih “a static age”.
c. Untuk membuat custom menu, klik “menu” dan “ add menu”. Setelah itu baru klik “display menu”.
d. Tahap akhirnya adalah dengan “save dan publish”.

7. Merencanakan aktivitas kita yang selanjutnya, yakni dengan memikirkan :

a. Seberapa aktif blog kita.
b. Seberapa sering kita memperbarui post.
c. Kemudian membuat kalender editorial.
d. Memperbarui pengaturan blog agar programnya selalu meningkat. Caranya adalah dengan mengecek performa dari GT metri dan WP super cache.
e. Memikirkan keamanan blog.
f. Memikirkan cara tepat untuk menarik banyak pengunjung blog.

Ketujuh langkah membuat blog di WordPress tersebut adalah cara praktis yang bisa kita jadikan panduan. Ikuti secara urut, maka kita kan mendapatkan prospek yang bagus untuk berkecimpung di dunia blog pada awal-awalnya.

Baca Juga : Cara Tercepat Update Versi WordPress Via Cpanel

Kesimpulan

Untuk bisa belajar mengelola blog, kita bisa memulai untuk membuat blog sendiri yakni dengan memilih membuat blog di WordPress. Caranya mudah dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuatnya. Untuk  panduan yang lebih lengkap serta detail bisa anda kunjungi situs Hostinger Indonesia WordPress Tutorial

Suka dengan Artikel diatas, Yuk di Share ke Sosial Media Kalian

Tags: #Informasi #Wordpress

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | WA Only : 085 736 329 737 200 | FB : Facebook.com/keihinkitaco | IG : Instagram.com/blogrizkyzone
Niagahoster Pilihan Tepat Tingkatkan Performa Website Anda
Niagahoster Pilihan Tepat Tingkatkan Performa Website Anda
Niagahoster Pilihan tepat Tingkatkan Performa Website Anda
Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi Setiap Harinya
Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi Setiap Harinya
Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi
Penyebab Loading Blog Lambat
Penyebab Loading Blog Lambat
Penyebab Loading Blog Lambat – Rizkyzone.com Bicara mengenai

Leave a reply "7 Cara Mudah Membuat Blog di WordPress"

CommentLuv badge
Must read×

Top