Belajar Bisnis Online itu Gratis dan Mudah

In Bisnis Online, Penulis Tamu 1375 views

Belajar Bisnis Online itu Gratis dan Mudah

Anda pernah mendengar bahwa belajar bisnis online itu GRATIS dan MUDAH? bagi saya hal tersebut memang harus dibuktikan kebenarannya. GRATIS dan MUDAH, 2 kata tersebut memang menjadi magnet tersendiri bagi para pemula yang ingin mencoba terjun menekuni dunia bisnis online, seperti blogger pemula dan pebisnis offline yang mencoba peruntungan menjual produknya di internet menjadi go online.

Bagi saya kedua kata ini harus kita kaji lebih mendalam, kenapa? sebab kata GRATIS dan MUDAH ini tidak selalu berhasil dan terbukti kebenarannya. Memang ada orang-orang yang sukses menjalankan bisnis online gratis dengan mudah semisalnya blogger sukses, namun banyak pula mereka yang terombang-ambing dalam menjalankan dan memulai bisnis online nya. Kebanyakan dari mereka adalah blogger atau pebisnis online pemula yang hanya menjadi penggembira di google. Ya, blog atau website mereka terseok-seok tidak mampu menghasilkan traffic dan tidak mampu mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari seperti google.

Belajar Bisnis OnlineKarena kebanyakan dari mereka yang tergiur mendengar atau melihat kata bisnis online GRATIS dan MUDAH. Padahal apabila kita kaji lebih dalam, kata GRATIS disini bukan berarti lantas kita tidak memerlukan modal apapun. Sebab dalam menjalankan bisnis online kita memerlukan modal PC / laptop, biaya koneksi internet, domain, hosting dan berbagai keperluan lainnya.

Belum lagi jika kita memiliki harapan besar pada website bisnis kita, misalnya saja kita memiliki produk dan ingin memasarkannya melalui web online shop. Tentu kita mengharapkan peningkatan konversi penjualan bukan? Nah, hal ini juga dapat memerlukan biaya apabila kita menggunakan jasa SEO dari orang lain guna menginginkan kinerja optimal dari website bisnis online kita.

Selanjutnya kata MUDAH, bagi saya mudah itu relatif tergantung orang yang melakukannya. Tentu dalam belajar bisnis online itu mudah bagi para web development atau pebisnis online yang telah lama berkecimpung dan punya banyak pengalaman, namun bagi seorang pemula dalam memulai bisnis online itu bisa terasa mudah dan dapat sulit juga, tergantung kemampuan mereka dalam menerima pengetahuan baru dan menerapkannya.

Namun, sebenarnya dalam prakteknya untuk belajar bisnis online gratis dan mudah itu bisa terjadi. Asalkan anda mengetahui dan memahami hal-hal mendasar dan utama yang berkaitan dengan bisnis online itu sendiri. Apalagi bila anda sudah punya tujuan pasti dalam menjalankan bisnis online maka belajar bisnis online itu akan menjadi sangat mudah dilalui.

Sebagai contoh kasus misalnya para blogger yang dari awal bertujuan ingin menghasilkan uang dari blog / website nya, nah tujuan tersebut lah yang akan membantu mereka menemukan jalan mudah. Setelah mereka tahu tujuan nge-blog nya, tentu mereka akan mudah dalam mengidentifkasi apa-apa saja yang harus dipelajari dalam membangun sebuah blog / website. Yakni meliputi membuat blog / website,  membeli domain dan hosting, memilih topik blog (niche) yang cocok dengan passion mereka, menerapkan teknik optimasi SEO, mempromosikan di social media dan masih banyak lagi yang perlu mereka pelajari dan lakukan. Setelah blog nya dibangun dan memiliki peringkat yang bagus, barulah mereka bisa mulai memonetisasi blog nya dengan berbagai metode monetize blog, seperti Google Adsense, PPC, Affiliate, Iklan mandiri dan berbagai program internet marketing lainnya.

Atau sebagai contoh kasus lainnya misalnya yakni para pebisnis offline yang mencoba peruntungan dengan memasarkan produknya secara online. Maka mereka harus fokus mempelajari dan membuat online shop atau toko online nya sendiri. Selanjutnya mengetahui detail-detail mengenai produknya, mencari informasi mengenai strategi internet marketing yang tepat untuk bisnis nya, mempromosikan konten-konten produk nya melalui social media dan banyak proses lainnya. Nah kesemua hal tersebut wajib dilakukan dengan tujuan meluaskan jangkauan pasar, meningkatkan brand sehingga bisnis online shop nya mampu meningkatkan konversi penjualan produk.

Nah berikut ini saya akan sebutkan hal-hal terpenting dalam memulai belajar bisnis online dengan gratis dan mudah, diantaranya yaitu :

1. Tentukan tujuan bisnis online anda

Hal ini merupakan yang sangat mendasar dalam memulai bisnis online. Tujuannya agar anda mampu secara konsisten membangun bisnis online yang dari awal telah anda dan tim bangun. Selain itu hal ini juga akan mampu mengantisipasi rasa jenuh dalam menjalankan bisnis online anda.

2. Pelajari hal dasar bisnis online

Pelajari hal-hal yang mendasar dalam membangun bisnis online, misalnya seperti tutorial membuat website, content writing, cara membuat artikel yang berkualitas, teknik optimasi SEO, strategi internet marketing, social media marketing, email marketing dan segala hal yang dapat mendukung kesuksesan pembangunan bisnis online anda.

3. Fokus

Fokuslah, sebab nantinya anda akan menemui godaan-godaan untuk berpindah dari bisnis online yang sejak awal anda bangun ke model bisnis online. Sebab pada masa-masa tertentu model bisnis online lain akan sangat menggiurkan, baik sistem bisnis online yang baru muncul maupun model bisnis online kembali muncul setelah sebelumnya mengalami penurunan ketertarikan. Contohnya saja dahulu model bisnis online affiliate sangat populer, namun kini mengalami penurunan ketertarikan oleh banyak pebisnis online, dan sebaliknya pada PPC kini sangat digemari oleh para pebisnis online setelah dahulu jarang peminatnya. Jadi fokuslah pada bisnis online yang anda jalani sejak awal, jangan tergoda hanya karena ada orang yang mengupload SS (screenshoot) jumlah payout model bisnis online lain yang lebih besar. Sebab jika anda berpindah, maka anda harus memulai dari awal model bisnis tersebut.

4. Jangan Sombong dan harus bersyukur

Sifat manusia tentunya tak jauh dari angkuh, terkadang disaat kita berada di posisi atas dimana bisnis online kita telah berhasil dan sukses, bisa saja kita menjadi sombong, meski hal ini dilakukan tanpa sengaja. Namun tentu cara ini tidak baik, sebab diatas langit masih ada langit, jadi buat apa menyombongkan diri. Tetaplah rendah hati dalam berinteraksi dengan pengunjung website atau calon customer, balaslah komentar-komentar relevan pengunjung web atau pertanyaan dari calon customer dengan ramah, dan di dunia nyata pun coba beri pelajaran yang baik apabila ada teman yang ingin mempelajari soal seputar bisnis online. Dengan begitu kita berarti mampu menghargai rasa syukur untuk nikmat kesuksesan bisnis online kita yang diberikan Tuhan YME.

Saya rasa cukup sekian artikel yang saya buat mengenai Belajar Bisnis Online Gratis dan Mudah. Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk anda yang ingin memulai belajar bisnis online. Terima Kasih.

Penulis Ehpedia.com

Suka dengan Artikel diatas, Yuk di Share ke Sosial Media Kalian

Tags: #Bisnis Online #Ehpedia #Informasi

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | WA Only : 085 736 329 737 200 | FB : Facebook.com/keihinkitaco | IG : Instagram.com/blogrizkyzone
Inilah Perbedaan Android dan iOS yang Perlu Kamu Ketahui
Inilah Perbedaan Android dan iOS yang Perlu Kamu Ketahui
Perbedaan Android dan iOS – Rizkyzone.com Teknologi
Apakah Generasi Sekarang Lebih Baik?
Apakah Generasi Sekarang Lebih Baik?
Apakah Generasi Sekarang Lebih Baik? – Rizkyzone.com

Leave a reply "Belajar Bisnis Online itu Gratis dan Mudah"

CommentLuv badge
Must read×

Top