Bingung Pilih Rumah Kontrakan? Intip Yuk 6 Tips Ini

Di Umum 105 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Rumah KontrakanBingung Pilih Rumah Kontrakan? Intip Yuk 6 Tips Ini Hunian menjadi salah satu kebutuhan primer bagi setiap orang. Saat ini, banyak sekali orang, khususnya yang tinggal di perkotaan, rela mengambil kredit atau KPR rumah demi mendapatkan tempat tinggal yang nyaman. Namun, KPR tentu tidak menjadi solusi bagi sebagian orang dikarenakan satu atau dua hal. Dengan demikian, banyak yang mencari kontrakan murah Jakarta Barat.

Bingung Pilih Rumah Kontrakan? Intip Yuk 6 Tips Ini

Kontrakan menjadi salah satu solusi alternatif solusi bagi Anda yang belum memiliki tempat tinggal. Hunian sementara ini umumnya tersedia dimana-mana, mulai dari range harga paling murah hingga mahal sesuai dengan kebutuhan calon penghuninya. Kontrakan yang mahal umumnya terletak di lokasi strategis dengan fasilitas lengkap, begitupun sebaliknya.

Alasan Memilih Kontrakan

Adapun berbagai alasan mengapa orang lain lebih memilih tinggal di kontrakan daripada membeli rumah, yaitu sebagai berikut:

Bisa Pindah dengan Mudah

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang lebih menyukai tinggal di kontrakan, yaitu bisa pindah dengan mudah. Hal ini tentu saja tidak merepotkan apalagi bagi Anda yang selalu dinas ke luar kota dan selalu mutasi kerja. Saat akan pindah, Anda hanya perlu mengemasi barang-barang tanpa harus mengurusi dokumen apa pun.

Lebih Murah

Meskipun tidak bisa menjadi kepemilikan, rumah kontrakan tetap diminati karena relatif lebih murah dibandingkan membeli rumah. Kondisi finansial setiap orang tentu berbeda, sehingga solusi mengontrak rumah merupakan pilihan yang tepat. Setiap bulan atau tahunnya, Anda akan membayar uang sewa dengan besaran yang sudah ditentukan.

Tidak Perlu Membayar Pajak

Berbeda dengan memiliki rumah sendiri, memilih untuk mengontrak berarti Anda tidak perlu membayar pajak setiap tahunnya. Dengan demikian, Anda hanya bisa fokus pada pembayaran sewa saja setiap bulannya. Lagipula, saat ini banyak kontrakan irit di Jakbar.

Belum Memiliki Budget Cukup untuk Membeli Rumah

Alasan lain mengapa banyak orang memilih untuk mengontrak, yaitu budget yang belum cukup untuk membeli rumah pribadi. Ada sebagian orang yang tidak ingin mengambil KPR, sehingga harus menabung selama bertahun-tahun untuk mendapatkan rumah impian.

Tidak ingin Direpotkan dengan Perawatan

Saat memiliki rumah pribadi, ada beberapa biaya perawatan rumah yang harus dikeluarkan, baik itu untuk perawatan cat, bagian-bagian rumah yang rusak, dan masih banyak lagi. Dengan mengontrak rumah, Anda tidak akan dibebankan dengan biaya perawatan rumah karena biasanya biaya tersebut sudah ditanggung oleh pemilik rumah.

Tips Memilih Kontrakan Rumah                

Memilih kontrakan rumah tentu saja tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya, hunian haruslah memiliki rasa aman dan nyaman meskipun statusnya sewaan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengikuti tips memilih rumah kontrakan Jakarta Barat dan sekitarnya berikut ini:

  • Teliti dalam Memilih Rumah Kontrakan

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih rumah kontrakan, ada baiknya untuk memperhatikan secara detail kondisi rumah tersebut. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan, diantaranya jumlah kamar, WC, kamar mandi, instalasi air, listrik, dan masih banyak lagi. Pastikan semua aspek tersebut sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda.

Selain itu, Anda juga harus memastikan apakah kondisi rumah tersebut masih layak pakai atau tidak. Jangan sampai ada lantai yang pecah, kusen yang rapuh, dan atap yang mulai rusak yang bisa mengganggu kenyaman Anda dan keluarga.

  • Melakukan Survey di Lingkungan Rumah

Hal lain yang perlu Anda perhatikan, yaitu mempertimbangkan suasana lingkungan rumah. Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu, apakah lingkungan tersebut aman dan nyaman. Hal ini tentu saja sangat penting agar Anda bisa tinggal lebih nyaman bertetangga. Selain itu, perhatikan juga apakah lingkungan di sekitar rumah tersebut aman atau tidak dari hewan buas.

  • Melakukan Survey Akses Lokasi

Selain melakukan survey kondisi rumah, Anda juga harus melakukan survey akses lokasi rumah tersebut. Akses lokasi sangat penting agar Anda mengetahui apakah rumah yang akan ditinggali lebih dekat ke jalan raya atau tidak. Survey yang satu ini juga sangat penting jika Anda memesan rumah kontrakan secara online.

  • Meminta Kontrak Sewa Rumah

Saat memutuskan untuk menyewa rumah, Anda tentu tidak akan tinggal selamanya disana. Ada batas jangka waktu, di mana Anda harus memperpanjang kontrak atau bahkan tidak lagi tinggal disana. Oleh karena itu, Anda tidak bisa asal mengontrak saja dan harus Anda kontrak sewa dengan pihak pemilik rumah.

Kontrak sewa tersebut umumnya meliputi jangka waktu mengontrak, harga sewa per bulan atau per tahun, penanggung jawab apabila terjadi kerusakan pada rumah, pengembalian uang jika terjadi masalah pada rumah, dan masih banyak lagi. Hal ini harus dipastikan dengan baik agar Anda bisa mengontrak dengan nyaman.

  • Mempersiapkan Budget

Hal yang tidak kalah pentingnya, yaitu mempersiapkan budget untuk membayar kontrakan setiap bulannya atau per tahun. Hal ini sangat penting agar Anda tidak menunggak pembayaran. Pembayaran kontrakan yang menunggak bisa mengakibatkan Anda terusir dari rumah tersebut. Oleh karena itu, sisihkan uang dari penghasilan Anda untuk membayar kontrakan.

  • Mempersiapkan Perabotan Rumah

Anda tentu harus mempersiapkan berbagai perabotan rumah tangga untuk mengisi rumah kontrakan. Biasanya, rumah kontrakan tidak menyediakan alat-alat perabotan secara lengkap. Oleh karena itu, persiapkan perabotan rumah Anda sebaik mungkin seperti kursi, meja, kasur, alat-alat dapur, alat-alat mandi, alat bersih-bersih rumah, dan masih banyak lagi.

Itulah enam tips memilih rumah kontrakan Jakarta Barat dan sekitarnya. Pilihlah kontrakan yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar bisa tinggal lebih aman dan nyaman. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags: #Informasi #rumah #tips

author
Penulis: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | WA Only : 085 736 329 737 200 | FB : Facebook.com/keihinkitaco | IG : Instagram.com/blogrizkyzone
Kue Basah dan Kue Kering Khas Indonesia
Kue Basah dan Kue Kering Khas Indonesia
Kue Basah dan Kue Kering Khas Indonesia
5 Sajian Kuliner Khas dari Pulau Papua
5 Sajian Kuliner Khas dari Pulau Papua
5 Sajian Kuliner Khas dari Pulau Papua
Berbagai Resep Ayam Kecap Istimewa
Berbagai Resep Ayam Kecap Istimewa
Berbagai Resep Ayam Kecap Istimewa – Masakan
Ramalan Lengkap Gemini dari Januari Hingga Desember 2020
Ramalan Lengkap Gemini dari Januari Hingga Desember 2020
Ramalan Lengkap Gemini dari Januari Hingga Desember

Tinggalkan pesan "Bingung Pilih Rumah Kontrakan? Intip Yuk 6 Tips Ini"

CommentLuv badge
Baca Juga×

Top