Candi Dadi Tulungagung, Wisata Sejarah Penuh Misteri

Di Penulis Tamu, Seputar Tulungagung, Wisata 120 views

Candi Dadi TulungagungCandi Dadi Tulungagung, Wisata Sejarah Penuh Misteri – Rizkyzone.com Di kawasan Tulungagung, ada banyak sekali tempat wisata yang layak Anda kunjungi. Bukan saja wisata alam atau wisata buatan namun juga ada beberapa wisata sejarah yang cukup menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Candi Dadi yang terletak di Dusun Mojo, Desa Wajak Kidul, kecamatan Boyolangu.

Jika Anda menyusuri perjalanan menuju lokasi Candi Dadi ini, di seputaran jalan menuju lokasi masih banyak sisa candi-candi kuno seperti candi urung, candi buto dan candi gemali. Kembali ke Candi Dadi, candi ini merupakan candi tunggal yang tidak memiliki tangga masuk maupun arca. Candi ini memiliki entuk bujur sangkar dengan ukuran panjang 14 meter dan lebar 14 meter. Sedangkan untuk tingginya adalah 6.50 meter.

Candi Dadi Tulungagung, Wisata Sejarah Penuh Misteri

Candi Dadi merupakan bangunan yang berbahan dasar andesit yang terdiri dari atas batur dan kaki candi. Pada bagian atas batur merupakan kaki candi dengan berntuk denah segi delapan. Pada bagian permukaan terlihat sisa atau bekas tembok dengan berpenampang bulat yang kemungkinan dulu memiliki fngsi sebagai sumuran.

Cerita Masyarakat Lokal

Konon kabarnya, Candi Dadi ini berasal mula ketika ada seorang pangeran yang menyukai putri dusun Kedungjalin dan kemudian melamarnya. Putri cantik itu pun kemudian menerima lamaran dari sang pangeran dengan syarat putri dibuatkan empat candi dalam waktu satu malam. Pangeran menyetujui syarat dari sang putri.

Dengan segala kedigdayaan yang dimiliki sang pangeran, keempat candi pun hampir selesai dibuat. Namun sampai pada candi keempat, putri yang sejatinya tidak ingin diperistri pangeran menyuruh beberapa ibu desa membunyikan lesung. Alhasil pangeran pun mengira bahwa hari sudah pagi dan menghentikan pembuatan candi terakhirnya yang belum selesai. Dan candi yang belum selesai tersebut dinamakan Candi Urung atau dalam bahasa Indonesia Urung berarti Belum.

Namun ternyata kebohongan itu tak bertahan lama, karena pangeran mengerti intrik dari sang putri. Marahlah sang pangeran dengan keadaan itu dan kemudian mengutuk para perempuan desa tersebut, mereka tidak akan mendapatkan jodoh kecuali menginjak usia tua. Dan entah berhubungan dengan kutukan dari pangeran atau tidak, menurut beberapa sumber saat ini di wilayah dusun Kedungjalin banyak wanita yang menginjak usia tua dan belum menikah.

Baca Juga »» Keindahan Pesona Alam Pantai Dlodo Tulungagung

Nah, untuk Candi Dadi sendiri dinamakan dadi karena melihat dari Candi Urung ini. Candi Dadi adalah termasuk candi yang sudah selesai dan sempurna pembuatannya. Candi Dadi berada pada puncak bukit yang merupakan candi tertinggi dari deretan candi di bawahnya.

Candi Dadi yang memiliki sumuran di atasnya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Tak ayal kawasan Candi Dadi kini menjadi salah satu tempat wisata Tulungagung yang unik dan menarik yang lain dari pada yang lainnya.

Nah kawan, ituluah sedikit ulasan kami mengenai Candi Dadi ini. Sebenarnya masih ada banyak lagi tempat wisata Tulungagung yang tentunya sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. Terutama wisata alam Tulungagung, ada banyak sekali pantai di Tulungagung yang bisa Anda jadikan sebagai tempat menghabiskan liburan Anda.

Sedangkan untuk wisata sejarah Tulungagung yang lainnya, insyaalloh akan kami ulas pada kesempatan yang lain, stay tune di Rizkyzone.com yah!.

Semoga bermanfaat artikel mengenai Candi Dadi Tulungagung

Penulis »» Mas OO (https://www.pekajaman.com/)

Tags: #Informasi #Mas OO #Pekajaman #Seputar Tulungagung #Tempat Wisata #Traveling #wisata tulungagung

author
Penulis: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | WA Only : 085 736 329 737 200 | FB : Facebook.com/keihinkitaco | IG : Instagram.com/blogrizkyzone
Pengertian dan Cabang-cabang Ilmu Kimia
Pengertian dan Cabang-cabang Ilmu Kimia
Daftar Isi Artikel Pengertian dan Cabang-cabang Ilmu
Yuk Dicoba, 5 Langkah Mudah Budidaya Ikan Nila
Yuk Dicoba, 5 Langkah Mudah Budidaya Ikan Nila
Daftar Isi Artikel Yuk Dicoba, 5 Langkah
8 Bisnis ini Untung Bеѕаr dengan Mоdаl Kecil
8 Bisnis ini Untung Bеѕаr dengan Mоdаl Kecil
Daftar Isi Artikel 8 Bisnis ini Untung
Yuk Cari Tau Ada Apa Saja di Trans Studio Bandung
Yuk Cari Tau Ada Apa Saja di Trans Studio Bandung
Daftar Isi Artikel Yuk Cari Tau Ada

Tinggalkan pesan "Candi Dadi Tulungagung, Wisata Sejarah Penuh Misteri"

CommentLuv badge
Baca Juga×

Top