Cara Mengkompres Video di Android dengan Mudah

Di Bukalapak, Content Placement 63 views

Cara Mengkompres Video di Android

Pic Src : https://i.ytimg.com/vi/3KTwplzMwaI/maxresdefault.jpg

Cara Mengkompres Video di Android dengan Mudah – Rizkyzone.com Sebelum masuk HP platform android, dahulu kualitas video pada pada komputer dan HP berbeda. Misal, dikomputer mendukung berbagai format video dengan resolusi tinggi, namun tidak dengan HP. Saat itu jika ingin mengirim video ke HP, video harus di kompres menjadi format video 3gp dulu. Merekam video kadang kala mengasikan, terlebih untuk mengabadikan momen lucu atau indah dalam bentuk video. Tapi sayangnya ketika ingin dibagikan ke Whatsapp, File video tersebut memiliki ukuran besar. Tenang, tidak perlu memaksakan mengirim video tersebut. Karena kita bisa edit video android atau mengkompres video di android menjadi lebih kecil, sebelum akhirnya dikirim ke whatsapp.

Umumnya pengaturan perekam video pada HP Android bawaan di set dengan kualitas resolusi HD atau Full HD. Resolusi HD (High Definition) memiliki ukuran piksel layar video 1280×720, sedangkan full HD memiliki ukuran piksel video1920x1080. Ukuran file videonya pun tidak tanggung-tanggung, bisa mencapai ratusan mb bahkan gigaan. Jadi tidak heran jika video rekaman kalian ukurannya sangat besar, walaupun hanya berdurasi singkat. Apa itu resolusi layar? Resolusi gambar adalah jumlah detail kepadatan titik atau piksel yang ditampilkan, jadi semakin tinggi resolusi maka akan semakin jernih gambar video, begitupun sebaliknya. Berdasarkan data statistik, dari tahun 2014 konsumen smartphone lebih memilih HP android dengan layar 4 inchi keatas dan memiliki resolusi HD atau 720p.

Berapa resolusi yang pas untuk merekam video di android? Beberapa pengguna mungkin, merekam video untuk nantinya diputar di komputer maupun di upload ke youtube. Dalam hal ini memilih resolusi tinggi menjadi pilihan terbaik. Tetapi untuk anda yang merekam video untuk diputar sendiri di HP, atau dibagikan ke Whatsaap dan line. Menggunakan resolusi tinggi hanya akan membuang-buang memori penyimpanan HP android kalian. Pilihan terbaik adalah menggunakan resolusi rendah. Namun, tetap nyaman di tonton di HP. Bisa dengan mengatur perekam video agar menggunakan resolusi SD alias 480p. Jika anda sudah terlanjur merekam video dengan resolusi tinggi, anda bisa mengkompress video tersebut ke resolusi lebih rendah. Tentunya akan menghemat memori penyimpanan HP android kalian.

Resolusi video yang pas untuk di tonton di android adalah 480p atau kualitas SD, kualitas ini nyaman untuk di tonton untuk layar HP android yang berukuran 4”-5”. Terutama bagi Youtuber atau sampeyan yang sering upload video ke Internet, apabila langsung upload video hasil rekam kamera berkualitas tinggi (kebanyakan file pasti berukuran besar), maka akan menghabiskan banyak kuota/data internet untuk menguploadnya. Kemarin saja, saya bikin rekam video menggunakan Android dengan durasi 7 menitan saja ukurannya bisa sampai sekitar 800MB.

Cara Mengkompres Video di Android dengan Mudah

Baiklah, mari kita simak bagaimana cara mengkompres video di android:

Aplikasi YouCut

  1. Langkah pertama silahkan instal aplikasi YouCut yang tersedia di Play Store. Selain bisa digunakan untuk kompres video, aplikasi YouCut ini juga bisa digunakan untuk memotong video.
  2. Setelah instal selesai, silahkan buka aplikasinya kemudian pilih icon seperti gambar di bawah ini petunjuknya.
  3. Selanjutnya cari dan pilih video yang akan dikompres atau diperkecil ukurannya.
  4. Kalau video yang dipilih tadi saudah dimasukkan, langsung pilih icon centang kalau ingin mengompres video.
  5. Selanjutnya langsung saja pilih SIMPAN. Nah pada gambar di bawah ini, lihatlah bagian bawah. Ada banyak fitur dari video, termasuk untuk memangkas video.
  6. Lihat tanda petunjuk pada gambar di bawah ini. Silahkan tekan, dan pilih ukuran video yang akan dihasilkan sesuai keinginan sampeyan. Kualitas paling bagus ya 1080P. Nah kalau sudah cocok, tekan KOMPRES.
  7. Terakhir silahkan tunggu proses/loading kompres videonya mencapai 100%. Dan buktikan sendiri hasil videonya, kalau perlu bandingkan dengan video originalnya. Aplikasi ini tidak merusak kualitas video ketika melakukan kompres.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat artikel mengenai Cara Mengkompres Video di Android

Tags: #APK Android #Bukalapak #Informasi #Ponsel #Smartphone

author
Penulis: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | WA Only : 085 736 329 737 200 | FB : Facebook.com/keihinkitaco | IG : Instagram.com/blogrizkyzone
4 Tips Desain Interior Rumah Minimalis
4 Tips Desain Interior Rumah Minimalis
4 Tips Desain Interior Rumah Minimalis –
5 Objek Wisata di Jakarta yang Photogenic
5 Objek Wisata di Jakarta yang Photogenic
5 Objek Wisata di Jakarta yang Photogenic
Daftar Harga Mobil SUV Honda Terbaik
Daftar Harga Mobil SUV Honda Terbaik
Daftar Harga Mobil SUV Honda Terbaik =
3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Menggunakan Jam Tangan Pria
3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Menggunakan Jam Tangan Pria
3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Menggunakan

Tinggalkan pesan "Cara Mengkompres Video di Android dengan Mudah"

CommentLuv badge
Baca Juga×

Top