Gaji Kamu UMR? Yuk, Ikuti 5 Tips Berhemat Ini

Di Content Placement, Investasi, Umum 116 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Gaji Kamu UMR

Begini cara berhemat dengan gaji UMR. Kamu tetap bisa hidup layak dan menabung, lho!

Bekerja dengan standar gaji UMR adalah tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, mereka harus pandai-pandai mengatur keuangan agar penghasilannya cukup untuk menutupi kebutuhan selama sebulan, atau setidaknya sampai waktu gajian berikutnya tiba.

Gaji Kamu UMR? Yuk, Ikuti 5 Tips Berhemat Ini

Eits, gaji UMR tidak selalu berarti hidup ngepas bin menderita, kok. Asal punya manajemen finansial yang baik, kamu bahkan bisa lho menabung dan hidup layak. Nah, bagaimana sih cara berhemat gaji UMR?

  • Cari Tempat Tinggal Murah

Tips pertama agar bisa berhemat dengan penghasilan terbatas adalah mencari tempat tinggal dengan biaya sewa yang murah. Ini penting diperhatikan, terutama buat kamu yang merantau, sebab sewa kost/kontrakan biasanya memakan anggaran yang cukup besar (belum termasuk tagihan listrik dan air).

Poin plus jika kamu tinggal di rumah sendiri. Ini artinya kamu punya dana “menganggur” yang bisa dipakai untuk keperluan lain yang lebih penting, misalnya menabung atau membuka usaha.

  • Bawa Makan Siang Sendiri

Pengeluaran umumnya bisa membengkak karena kebiasaan makan siang di luar. Nah, salah satu cara untuk mengatasinya tentu dengan membawa bekal makan siang dari rumah. Selain lebih hemat dan murah, masakan sendiri juga lebih higienis.

Alternatifnya, kamu bisa memesan atau berlangganan makan siang kepada penyedia katering yang harganya murah. Biasanya banyak pengusaha tata boga yang menawarkan jasa katering untuk diantar ke kantor-kantor pada jam makan siang.

  • Alokasikan Tabungan di Awal

Setelah menerima gaji, langsung sisihkan sebagian untuk ditabung atau diinvestasikan. Menabung memang sebaiknya dilakukan di awal (bukan hasil sisa), karena bisa dipastikan uangmu pasti akan habis untuk memenuhi kebutuhan ini itu, baik yang sifatnya primer, sekunder, atau tertier.

Sebelumnya, pastikan kamu sudah tahu persis berapa jumlah uang yang seharusnya ditabung, berapa banyak yang dipakai untuk belanja bulanan, bayar kost, transportasi ke tempat kerja, dll.

  • Punya Dua Rekening

Memiliki 2 rekening bisa jadi salah satu cara berhemat gaji UMR. Kamu pun lebih mudah mengontrol keuangan karena masing-masing pos sudah dibagi dengan jelas. Pakai rekening satu untuk menyimpan uang/tabungan yang sifatnya tidak boleh dipakai, dan rekening satunya untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, tabunganmu akan tetap aman.

  • Mau Liburan? Menabung…

Gaji UMR bukan berarti kamu tidak bisa bersenang-senang lho, ya. Dengan manajemen finansial yang baik, kamu tetap bisa kok jalan-jalan atau bahkan liburan ke tempat-tempat impian. Caranya tentu saja dengan menabung. Biar punya tambahan uang saku, coba cari pekerjaan sampingan yang fleksibel.

Nah, itulah cara-cara berhemat gaji UMR. Semoga tips ini bermanfaat buat kamu dan teman-teman. Terus semangat berkarya, ya!

Sumber Gambar : https://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2018/11/04/34/1351746/gaji-umr-tetap-bisa-nabung-dan-investasi-begini-caranya-k8w.jpg

Tags: #Informasi #tips

author
Penulis: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | WA Only : 085 736 329 737 200 | FB : Facebook.com/keihinkitaco | IG : Instagram.com/blogrizkyzone
Berbagai Jenis Desain untuk Custom Case
Berbagai Jenis Desain untuk Custom Case
Berbagai Jenis Desain untuk Custom Case –
Popbela Bantu Atasi Kulit Kering dengan Informasi Pentingnya
Popbela Bantu Atasi Kulit Kering dengan Informasi Pentingnya
Popbela Bantu Atasi Kulit Kering dengan Informasi
Wisata Edukasi Museum Kereta Api Bandung Graha Parahyangan
Wisata Edukasi Museum Kereta Api Bandung Graha Parahyangan
Wisata Edukasi Museum Kereta Api Bandung Graha

Tinggalkan pesan "Gaji Kamu UMR? Yuk, Ikuti 5 Tips Berhemat Ini"

CommentLuv badge
Baca Juga×

Top