Inilah Perbedaan Android dan iOS yang Perlu Kamu Ketahui

Di Penulis Tamu 82 views

Perbedaan Android dan iOSPerbedaan Android dan iOS – Rizkyzone.com Teknologi semakin hari semakin berjaya, hal ini dikarnakan adanya inovasi yang melatarbelakangi zaman demi mendapatkan kemudahan.  Terkhusus untuk teknologi Smartphone, Smartphone telah terjadi perubahan tren yakni dari yang sebelumnya monokrom menjadi 24k, dari yang sebelumnya masih memakai keyboard menjadi layar sentuh.

Dan sekarang ini merupakan era touchscreen dimana hampir seluruh perangkat ponsel menggunakan layar sentuh dalam peng-aplikasiannya. Adapun Smartphone layar sentuh ini ada dua rival yang selalu bersaing dalam sistem operasi (operation system), yaitu Android OS dan iOS.

Apa saja perbedaan seputar sistem operasi Android dan iOS? Untuk detailnya mari kita simak postingan berikut.

Perbedaan Android dan iOS

  1. Dasar Pengembang

Android merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh google inc. Yang mana sistem Android ini mengadopsi kemudahan antarmuka dalam penggunaan gadget (khususnya Smartphone). sistem operasi Android bersifat open source, jadi seluruh brand ponsel diperbolehkan secara bebas mengadaptasi Android ke dalam perangkat Smartphone-nya.

Bukan cuma itu bahkan beberapa vendor Smartphone juga mengubah dan meng-custom Android ini seperti contohnya: MIUI pada Smartphone Xiaomi atau ColorOS pada Smartphone Oppo.

Baca juga: 10 Hal Yang Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone Android Baru

Sedangkan pada IOS bersifat close source. Secara ekslusif hanya diperuntukan untuk Smartphone besutan Apple Inc yaitu iPhone. Jadi iOS hanya diproduksi bersama iPhone.

  1. Desain Smartphone

Dibalik keunggulan kinerja Smartphone yang sama-sama mumpuni, ada sekilas perbedaan di antar keduanya. Smartphone OS Android sangat variatif dalam desain ponsel, yang mana menyesuaikan dengan style brand Smartphone nya. Misalnya pada Smartphone Sony yang dikenal dengan bentuk ngotaknya atau Vivo yang hadir fulscreen tanpa bezel (Vivo V9).

Sedangkan untuk Smartphone iOS yang juga disebut iPhone, desainnya lebih sederhana dan secara umum dimensinya juga tidak begitu lebar dibanding Smartphone Android. IPhone lebih enak digenggam karna ukuran serta ketebalannya pas di tangan pengguna. Desain yang begitu simple dan memiliki ciri khas tombol home berbentuk lingkaran.

Baca juga: Mengagumkan, Inilah Spesifikasi Iphone X Keluaran Terbaru Apple

Namun kurun terakhir iPhone telah mengalami revolusi desain, iPhone seri terbaru telah mengadopsi fullscreen tanpa bezel seperti samsung dan meninggalkan tombol bulat yang selama ini menjadi ciri khasnya.

  1. Tampilan Antar Muka

Dari segi desain sudah kita bahas perbedaanya berikutnya adalah tampilan antarmuka aplikasi. Tampilan Android lebih bervariasi sesuai brand Smartphone contohnya Xiaomi dengan tampilan antarmuka khas MIUI.

Terlebih untuk Samsung seri tertentu mengemas bagian teknologi tampilan layar super AMOLED yang memukau. Android selalu merilis versi terbaru untuk memaksimalkan antarmuka Smartphone.

Untuk iOS tampilan antarmuka lebih simple dibandingkan Android. Walaupun demikian iOS pada iPhone menurut saya memiliki tampilan yang elegan dan mewah.

  1. Kinerja Aplikasi

Dalam pengoperasian aplikasi, sama sekali tidak ada kendala apapun dari kedua sistem operasi baik Android atau iOS. Hal ini tergantung spesifikasi internal Smartphone (terlebih Smartphone Android).

Baca juga: Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone Android

Namun ada perbedaan mendasar yang tampak yaitu ekstensi file aplikasinya pada Android ekstensi filenya file.apk sedangkan untuk iOS file.

  1. Update Software

iOS secara ekslusif hanya didapatkan dari satu vendor yaitu iPhone. Jadi, ketika ada pembaruan perangkat lunak seluruh iPhone dapat update terbaru (Asalkan spesifikasi hardware mendukung). Inilah yang menjadi keunggulan iPhone.

Sedangkan pada Smartphone Android, terdapat banyak vendor. Sehingga jika satu vendor mengadakan pembaharuan perangkat lunak, hanya Smartphone vendor tersebut saja yang dapat update-annya.

  1. Segi Harga

Dari segi harga iPhone tentunya lebih mahal dibandingkan sang rival. Hal ini juga sebanding dengan kualitas brand Apple yang sangat-sangat terkenal. Inilah pentingnya branding sehingga penggemar Apple terus bertambah.

Sebaliknya, Smartphone Android umumnya lebih murah dibandingkan produk Apple. Walaupun demikian, menurut pribadi banyak orang Smartphone Android memiliki kualitas yang sangat-sangat memuaskan, baik kinerja aplikasi dan spesifikasi. Hal inilah yang membuat produk Smartphone OS Android merajai penjualan Smartphone saat ini.

Demikian postingan mengenai perbedaan Android dan iOS, selanjutnya diharapkan dapat menambah wawasan teknologi serta bermanfaat bagi para pembaca.

Penulis Tamu >> Wak Jamal

Tags: #Informasi #Ponsel #Smartphone #Teknologi #Wak Jamal

author
Penulis: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | WA Only : 085 736 329 737 200 | FB : Facebook.com/keihinkitaco | IG : Instagram.com/blogrizkyzone
Aplikasi Android untuk Live Streaming TV Online Indonesia
Aplikasi Android untuk Live Streaming TV Online Indonesia
Aplikasi Android untuk Live Streaming TV Online
Luar Biasa! Teknologi ini Wajib digunakan Pembudidaya Ikan
Luar Biasa! Teknologi ini Wajib digunakan Pembudidaya Ikan
Luar Biasa! Teknologi ini Wajib digunakan Pembudidaya
Yuk Kenali Hipertensi pada Kehamilan
Yuk Kenali Hipertensi pada Kehamilan
Yuk Kenali Hipertensi pada Kehamilan – Rizkyzone.com

Tinggalkan pesan "Inilah Perbedaan Android dan iOS yang Perlu Kamu Ketahui"

CommentLuv badge
Baca Juga×

Top