Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi Setiap Harinya


Kebutuhan Nutrisi Ibu HamilKebutuhan Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi Setiap Harinya – Rizkyzone.com Kebutuhan nutrisi ibu hamil memang harus sangat diperhatikan. Hal ini karena kehamilan akan berdampak pada kesehatan fisik dan mental para calon ibu. Inilah yang menjadi alasan ibu hamil diharuskan untuk memenuhi kebutuhan asupan makanan yang memadai. Tidak hanya untuk kesehatan ibu saja tetapi juga untuk memelihara tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi Setiap Harinya

Ketika masa kehamilan tubuh calon ibu akan mengalami banyak perubahan fisik dan hormon. Untuk itu, asupan gizi yang tercukupi akan mempengaruhi kesehatan ibu dan perkembangan janin dalam kandungan. Agar bayi terlahir sehat, pada masa kehamilan Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang. Karena dengan nutrisi yang tepat akan sangat membantu tumbuh kembang bayi.

Tapi ingat, nutrisi yang dimaksud disini bukanlah porsi makan. Mungkin Anda berpikir makan untuk dua orang jadi porsinya harus ditambah. Lebih dari itu, untuk menjaga kesehatan ibu dan mendukung kesehatan serta perkembangan janin Anda membutuhkan lebih banyak nutrisi, seperti mikronutrien dan makronutrien. Apa itu mikronutrien dan makronutrien?

Mikronutrien ialah komponen makanan yang meliputi vitamin dan mineral, sedangkan makronutrien ialah nutrisi yang didalamnya terkandung kalori atau energi misalnya karbohidrat, protein, dan lemak. Tentunya sangat berbeda kebutuhan nutrisi saat ada masa kehamilan dengan kebutuhan nutrisi saat tidak hamil.

Ketika masa kehamilan berada di trimester kedua dan ketiga, diperlukan adanya tambahan 300 kalori. Kebutuhan ibu hamil setiap harinya diantaranya kalsium dengan jumlah 1000-1200 miligran, folat sejumlah 600-800 mikrogram, dan zat besi sejumlah 27 miligram.

Berikut daftar Kebutuhan nutrisi ibu hamil yang menunjang kesehatan ibu dan si jabang bayi.

Protein

Untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sel atau jaringan dibutuhkan protein, termasuk sel otak pada janin. Disamping itu protein juga dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan jaringan payudara ibu hamil, serta memiliki peran penting dalam meningkatkan suplai darah yang ada dalam tubuh.

Telah direkomendasikan oleh para ahli untuk mengkonsumsi protein 75 sampai dengan 100 gram per hari. Sumber protein terbaik untuk ibu hamil diantaranya; daging sapi non lemak, ikan, boga bahari, daging ayam, daging domba, tahu, dan kacang-kacangan.

Karbohidrat

Sumber kalori yang sangat penting bagi ibu hamil adalah karbohidrat. Sumber karbohidrat terbaik yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil antara lain nasi, sereal, kentang, pasta, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Kalsium

Disamping menguatkan tulang dan gigi, ternyata kalsium juga mempunyai manfaat untuk membangun tulang dan gigi janin yang ada dalam kandungan. Lebih dari itu, kalsium juga membantu mengatur cairan tubuh, serta membantu kerja fungsi saraf dan kontraksi otot. Selama kehamilan kalsium harian yang dibutuhkan sekitar sebanyak 1000 miligram. Susu, yoghurt, salmon dan ikan sarden, keju, dan bayam merupakan sumber kalsium terbaik.

Folat

Untuk mengurangi resiko cacat lahir pada bayi sangat dibutuhkan pemenuhan kebutuhan asam folat. Termasuk didalamnya cacat tabung saraf pada janin yang akan mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang janin.

Asam folat yang dibutuhkan per hari pada masa kehamilan ialah 600 sampai dengan 800 mikrogram. Sumber asam folat terbaik bisa Anda dapatkan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, buah jeruk, stroberi, lemon, mangga tomat, hati sapi, dan telur.

 

Zat Besi

Dengan zat besi dapat membantu meningkatkan volume darah serta mencegah anemia. Saat masa kehamilan idealnya membutuhkan 27 miligram zat besi. Sumber zat besi diantaranya sayuran hijau seperti halnya bayam, kubis, biji-bijian, sereal, roti, lobak, selada dan hevermut.

Itulah beberapa daftar Kebutuhan nutrisi ibu hamil yang harus dipenuhi setiap harinya. Demi kesehatan calon ibu dan janin dalam kandungan jangan ragu untuk melakukan konsultasi pemenuhan gizi ibu hamil kepada dokter kandungan. Kesehatan ibu hamil sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan perkembangan janin yang ada dalam kandungannya.

Tags: #Bayi #Informasi #Iprospect.com #Kesehatan

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | WA Only : 085 736 329 737 200 | FB : Facebook.com/keihinkitaco | IG : Instagram.com/blogrizkyzone
Shopping Online : Belanja Online Terlengkap? di Blibli.com Aja!
Shopping Online : Belanja Online Terlengkap? di Blibli.com Aja!
Shopping Online : Belanja Online Terlengkap? di
Tips Menghindari Kalori Tinggi  Saat Program Diet
Tips Menghindari Kalori Tinggi Saat Program Diet
Tips Menghindari Kalori Tinggi Saat Program Diet
4 Tips Menghilangkan Selulit yang Sangat Mengganggu
4 Tips Menghilangkan Selulit yang Sangat Mengganggu
4 Tips Menghilangkan Selulit yang Sangat Mengganggu

Leave a reply "Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi Setiap Harinya"

CommentLuv badge
Must read×

Top