Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lantai Kayu

Di Penulis Tamu, Perlengkapan Rumah Tangga, Umum 29 views

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lantai KayuKelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lantai Kayu –  Siapa yang tidak kenal lantai kayu? Seperti namanya, bahan dasar untuk membuat lantai ini adalah batang pohon. Tapi bukan sembarang kayu, sebelum digunakan sebagai lantai, kayu harus terlebih dahulu dirawat dalam proses yang panjang untuk membuatnya cocok untuk menjadi bagian bawah ruangan. Bagi pecinta bahan kayu, kehadiran produk lantai ini tentu layak dipertimbangkan sebagai dekorasi interior sekaligus meningkatkan penampilannya.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lantai Kayu

  • Kelebihan Menggunakan Lantai Kayu :

Tampilan Alami dan Mewah

Daya tarik terbesar dari lantai kayu adalah kesan alami mereka yang sangat kuat. Kita bisa mengandalkan lantai ini untuk memberi sentuhan alami pada rumah. Bagi pecinta kayu, pesona lantai ini terlihat sangat menawan. Finishing yang diberikan ke lantai kayu juga memberikan penampilan yang mengkilap dan mewah.

Mampu Menyerap Panas dan Menjadi Hangat

Tentu saja, kayu adalah bahan yang bisa memberikan panas dan menyimpannya untuk sementara waktu. Ini adalah alasan mengapa rumah parket akan terasa lebih hangat jika diterapkan di daerah perumahan yang terletak di dataran tinggi. Lantai kayu dapat bertindak sebagai pemanasan alami. Begitu juga dengan cetakan yang ditampilkan, lantai kayu ini juga terlihat panas. Artinya, suasana ruangan akan langsung akrab bagi siapa pun di rumah kayu.

Lantai Kayu Cenderung Aman

Karena struktur kayu tidak terlalu padat, lantai ini diklasifikasikan sebagai aman untuk digunakan di rumah. Ketika seseorang jatuh di atasnya, tekstur kayu yang halus dan ringan akan mengurangi risiko cedera. Karena itu, lantai ini sangat tepat bila diterapkan jika pekerjaan Anda juga ditempati oleh orang tua.

Dinamis dan Mampu Menghilangkan Kekakuan

Lantai kayu bersifat dinamis dan dapat diaplikasikan pada interior tradisional hingga modern. Khusus untuk kamar modern yang biasanya terlihat kaku, Anda bisa menghilangkan rasa kaku ini dengan menambahkan parket di dalam ruangan. Sifat elastis kayu langsung memancar ke setiap sudut interior, menciptakan panorama yang lebih indah dan indah tanpa rasa kekakuan yang mengelilinginya.

Proses Instalasi yang Mudah

Tidak seperti lantai keramik yang membutuhkan ketelitian tinggi, lantai kayu mudah dipasang. Kesulitan utama hanya terletak pada pembuatan lantai beton sebagai dasar dari lantai kayu ini. Kemudian Anda bisa mengatur potongan parket dengan lem. Untuk prosedur pemasangan lantai kayu lengkap, lihat di sini.

  • Kekurangan Menggunakan Lantai Kayu :

Rentan Terhadap Kelembaban dan Mudah Busuk

Selain tahan terhadap sinar matahari langsung, lantai kayu juga rentan terhadap kamar yang sangat basah. Tanah ini mudah lapuk dan lapuk jika terkena air. Menjadi tabu bagi Anda untuk membasahi lantai ini, termasuk larangan menyeka lantai kayu dengan bantuan air. Lantai dibersihkan secara teratur dengan penyedot debu.

Mudah Tergores

Kelemahan lain dari lantai kayu adalah mudah gores. Jika permukaan lantai terkena hanya beberapa benda tajam, tanda akan segera terlihat dan sulit dihilangkan. Tidak disarankan memasang lantai ini jika ada anak atau hewan peliharaan di rumah Anda. Anda juga harus sangat berhati-hati saat memindahkan benda di ruangan dengan lantai kayu agar tidak menggores permukaan lantai.

Warnanya Mudah Pudar

Salah satu kelemahan dari lantai kayu yang paling mencolok adalah warnanya memudar dengan mudah. Apalagi jika lantai sering terkena sinar matahari langsung, bersiaplah untuk kehilangan pesona lantai ini. Hasil akhir berkala sangat dianjurkan untuk mengembalikan pesona lantai kayu seperti sebelumnya.

Tingkat Perawatannya Sulit

Merawat lantai kayu adalah tugas yang sulit. Ini tidak terpisahkan dari rapuh dan mudah rusak. Misalnya, lantai rumah ini tidak boleh disapu, karena bulu sapu akan perlahan-lahan mengikis permukaan lantai dan pesona memudar. Begitu pula dengan pori-pori kayu yang cukup besar membuat noda sulit dibersihkan. Di sisi lain, jika Anda tidak pandai merawatnya, serat kayu bisa menjadi sarang kuman dan bakteri.

Mudah Terkena Serangan Rayap

Semua bahan kayu rentan terhadap serangan rayap, termasuk parket ini. Anda harus memberikan perawatan khusus untuk menghindari lantai kayu dari serangan rayap. Misalnya, menyediakan obat anti serangga saat memasang lantai ini. Selalu periksa kondisi lantai rumah Anda, karena kehadiran hanya beberapa rayap dapat merusak lantai kayu dengan sangat cepat.

Penulis »» Tri Cahyono

Tags: #Informasi #rumah #Tri Cahyono

author
Penulis: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | WA Only : 085 736 329 737 200 | FB : Facebook.com/keihinkitaco | IG : Instagram.com/blogrizkyzone
Tips Memilih Paving Blok
Tips Memilih Paving Blok
Tips Memilih Paving Blok – Sehubungan dengan
Cara Membuat Perangkap Alat Pengusir Nyamuk dari Barang Bekas
Cara Membuat Perangkap Alat Pengusir Nyamuk dari Barang Bekas
Alat Pengusir Nyamuk dapat kita buat secara
Melongok ke Balik Berita, Mengenali Seluk-Beluknya
Melongok ke Balik Berita, Mengenali Seluk-Beluknya
Kita saat ini sehari-hari dikepung oleh arus

Tinggalkan pesan "Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lantai Kayu"

CommentLuv badge
Baca Juga×

Top