Menjaga Kesehatan Diri Sendiri itu Mudah dan Sederhana, Coba Ikuti 5 Langkah ini

Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Menjaga Kesehatan Diri SendiriMenjaga Kesehatan Diri Sendiri itu Mudah dan Sederhana, Coba Ikuti 5 Langkah ini – Kesehatan dan kebersihan diri sendiri adalah hal yang penting untuk kita jaga. Sayangnya tidak semua orang mengetahui pentingnya melakukan aktivitas kebersihan, sehingga sedikit enggan jika diminta untuk menjaga kebersihan diri mereka sendiri.

Menjaga Kesehatan Diri Sendiri itu Mudah dan Sederhana, Coba Ikuti 5 Langkah ini

Personal hygiene merupakan tindakan untuk menjaga dan memelihara kesehatan atau kebersihan diri sendiri. Tujuannya agar kita memiliki tubuh yang sehat secara fisik dan psikis sehingga bisa produktif setiap hari.

Ada beberapa alasan mengapa kita harus menjaga kesehatan diri sendiri, yaitu:

  • Secara sosial, tubuh yang bersih dan sehat bisa menghindarkan kita dari pandangan atau citra negatif dari orang lain. Tentu sebagai makhluk sosial kita akan selalu berinteraksi dengan orang lain. Namun jika memiliki tubuh yang tidak bersih, tentu pandangan dan penilaian orang lain akan buruk terhadap kita.
  • Kebersihan diri akan meningkatkan daya tahan tubuh kita, sehingga terhindar dari ancaman penyakit. Oleh karena itu memiliki tubuh yang sehat tentu bisa menjadi modal percaya diri yang baik, terutama ketika kita berhadapan dengan situasi sosial.

Cara Sederhana dalam Menjaga Kebersihan Diri

Bila kita ingin memiliki tubuh yang bersih dan sehat, ada baiknya untuk melakukan 5 aktivitas menjaga kebersihan berikut ini.

Mencuci tangan dengan menggunakan sabun

Virus dan bakteri yang berbahaya sebagian besar masuk ketika kita menyentuh makanan atau minuman menggunakan tangan yang tidak dalam kondisi bersih. Oleh karena itu setelah melakukan kegiatan apa pun sebaiknya kita mencuci tangan menggunakan sabun, demikian juga sebelum makan aktivitas kebersihan ini juga harus dilakukan. Dengan mencuci tangan, kita bisa terhindar dari berbagai infeksi dan gangguan kesehatan lainnya.

Menyikat gigi pagi dan malam

Menjaga kebersihan diri juga bisa dilakukan dengan menyikat gigi pada pagi dan malam hari. Hal ini dilakukan untuk mencegah kita terkena bau mulut, infeksi gigi, plak gigi, dan gangguan mulut lainnya.

Menyikat gigi pada pagi hari dilakukan karena bakteri banyak tumbuh dan aktif saat malam hari. Gunakan sikat gigit yang lembut agar tidak merusak gusi, kemudian jangan lupa menggantinya setelah tiga bulan pemakaian. Pastikan kita juga menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride agar gigi lebih bersih dan sehat.

Menjaga kebersihan kuku

Kuku yang panjang dan kotor merupakan sarang virus dan bakteri. Jika kita makan dengan kuku yang kotor, tentu kita akan lebih mudah terserang penyakit. Ada beberapa cara dalam menjaga kesehatan kuku. Pertama tidak menggigit kuku karena bakteri akan masuk melalui mulut. Kemudian potonglah kuku saat mulai panjang, gunakan pemotong kuku yang bersih. Namun jika kita menyukai kuku yang panjang, sebaiknya selalu membersihkan kuku dengan menggunakan air dan sabun. Sikatlah kuku bagian bawah saat kita mencuci tangan.

Menjaga kaki tetap bersih

Jika menggunakan sepatu dan kaos kaki yang sama selama seharian bahkan berhari-hari, maka bakteri akan berkembang di kaki kita. Hal ini tentu menimbulkan bau tidak sedap pada kaki yang membuat kita dan orang lain menjadi tidak nyaman. Untuk mencegah bau kaki, maka ada beberapa hal yang bisa kita perbuat.

  • Mencuci kaki secara rutin menggunakan air dan sabun, kemudian dikeringkan dengan kain bersih
  • Tidak mennggunakan kaos kaki yang sama selama berhari-hari
  • Tidak menggunakan sepatu dalam keadaan lembab, karena bakteri akan tumbuh lebih banyak lagi.

Jaga pakaian tetap bersih

Menggunakan pakaian yang sama selama berhari-hari adalah tindakan yang salah. Karena pakaian yang kita gunakan tentu sudah kotor, terlebih pakaian bisa menyerap keringat. Oleh karena itu, bersihkan pakaian kita dengan deterjen setelah dipakai satu kali. Kemudian keringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari hingga kering, sehingga kuman penyebab infeksi akan segera hilang.

Menjaga kesehatan dengan kebersihan memang wajib dilakukan. Namun untuk perlindungan yang lebih baik, kita bisa menggunakan asuransi kesehatan. Dengan menggunakan asuransi kesehatan atau asuransi rawat inap, ketika sakit kita akan mendapatkan fasilitas kesehatan yang lengkap dan berkualitas.

Jika tertarik bisa dengan mengunjungi Lifepal yang menyediakan banyak informasi mengenai asuransi. Selamat mencoba dan tetap jaga kebersihan diri.

Sumber Gambar : https://4.bp.blogspot.com/-i21wPplBBXg/WgDohg5OOpI/AAAAAAAABds/xyjWfC1oPMIWcW7P2gyMQiTRFy4sp0yxwCLcBGAs/s640/cara-hidup-sehat-cantikitu.jpg

Tags: #Asuransi #Informasi #Kesehatan #tips

author
Penulis: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | WA Only : 085 736 329 737 200 | FB : Facebook.com/keihinkitaco | IG : Instagram.com/blogrizkyzone
Berbagai Jenis Desain untuk Custom Case
Berbagai Jenis Desain untuk Custom Case
Berbagai Jenis Desain untuk Custom Case –
Popbela Bantu Atasi Kulit Kering dengan Informasi Pentingnya
Popbela Bantu Atasi Kulit Kering dengan Informasi Pentingnya
Popbela Bantu Atasi Kulit Kering dengan Informasi
Wisata Edukasi Museum Kereta Api Bandung Graha Parahyangan
Wisata Edukasi Museum Kereta Api Bandung Graha Parahyangan
Wisata Edukasi Museum Kereta Api Bandung Graha
  1. author

    Djangkaru Bumi2 bulan yang lalu

    Menyikat gigi dimalam hari itu yang tampak berat sekali.
    Betul juga ya, badan sehat bisa berdampak pada kehidupan sosial sekaligus ketahan tubuh.

    Balas

Tinggalkan pesan "Menjaga Kesehatan Diri Sendiri itu Mudah dan Sederhana, Coba Ikuti 5 Langkah ini"

CommentLuv badge
Baca Juga×

Top