Pengertian dan Cabang-cabang Ilmu Kimia

Di Pendidikan, Penulis Tamu 58 views

Pengertian dan Cabang-cabang Ilmu KimiaPengertian dan Cabang-cabang Ilmu Kimia – Rizkyzone.com Bagi anak SMA jurusan IPA tentu tidak asing lagi dengan mata pelajaran kimia. Berbicara soal ilmu kimia, sebenarnya apakah benar-benar mengetahui tentang ilmu yang kamu pelajari itu? Minimal tau pengertian dan cabang-cabang ilmunya saja. Tak perlu khawatir, sekalipun kamu belum tau saya akan membahasnya secara lengkap.

Pengertian dan Cabang-cabang Ilmu Kimia

Kimia,  Apa sih Itu?

Kimia merupakan cabang dari ilmu fisik yang mempelajari mengenai sifat, susunan, struktur, dan perubahan materi. Ilmu kimia juga menjembatani ilmu pengetahuan lainnya termasuk ilmu fisika dan ilmu matematika. Ketika kalian mempelajari kimia di sekolah, pasti ketiga ilmu tersebut saling berkaitan dan tak dapat dipisahkan.

Cabang-cabang Ilmu Kimia

Ilmu kimia terbagi menjadi beberapa cabang disiplin ilmu, yaitu sebagai berikut :

  1. Kimia Fisika

Kimia Fisika atau yang juga disebut kimia fisik merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang fenomena makroskopik-mikroskopik, atom-subatom, serta partikel dalam sistem dan proses kimia berdasar konsep dan prinsip fisika. Cabang ilmu kimia yang satu ini banyak menerapkan konsep dan juga prinsip fisika klasik seperti energi, entropi, tegangan permukaan, viskositas, hukum Coulomb,  suhu, tekanan, serta interaksi dipol dan juga fisika kuantum seperti foton, bilangan kuantum, spin, dan prinsip ketakpastian.

  1. Kimia Analisis

Kimia analisis merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari mengenai pemisahan dan/atau identifikasi senyawa kimia baik secara kuantitatif dan kualitatif melalui metode eksperimen. Adapun maksud dari kuantitatif yakni jumlah dari senyawa yang diidentifikasi dari penelitian. Sedangkan kualitatif merupakan metode penelitian yang lebih menekankan pada adanya indikasi dari identitas zat kimia pada sebuah sampel.

  1. Kimia Lingkungan

Berlanjut ke cabang berikutnya yaitu kimia lingkungan. Cabang ilmu kimia ini merupakam ilmu yang mempelajari fenomena kimia dan juga biokimia yang terjadi di alam. Ada banyak hal yang dipelajari di kimia lingkungan, termasuk diantaranya studi terhadap sumber, transpor, efek, serta nasib zat kimia di lingkungan udara, tanah, air, dan juga pengaruhnya kepada manusia. Kimia lingkungan juga merupakan ilmu antardisiplin yang memasukkan ilmu kimia akuatik, atmosfer, serta tanah yang sangat bergantung dengan analitik, lingkungan, dan bidang ilmu lainnya.

  1. Kimia Makanan

Setiap makanan yang kita konsumsi mengandung zat kimia, baik itu dalam jumlah sedikit maupun banyak. Di dalam ilmu kimia makanan atau kimia pangan, kalian akan mempelajari proses kimia yang berkaitan dengan komponen biologis dan non-biologis bahan pangan. Selain itu, ilmu ini juga menjelaskan bagaimana suatu produk makanan mengalami perubahan yang diakibatkan karena metode pemrosesan makanan dan juga menjelaskan bagaimana cara untuk mencegah ataupun meningkatkan perubahan tersebut.

  1. Biokimia

Cabang ilmu kimia yang terakhir adalah biokimia. Ilmu kimia yang satu ini menjelaskan tentang peranan berbagai molekul dalam reaksi dan proses kimia yang berlangsung dalam tubuh makhluk hidup. Biokimia sendiri terbagi dalam beberapa fokus, antara lain biomolekuler, bioanalisis, dan metabolisme. Biokimia menjadi perpaduan antara ilmu biologi dan juga ilmu kimia yang saling berkaitan satu sama lainnya. Ilmu ini sangat bermanfaat dalam dunia kedokteran, biologi, dan juga kimia.

Nah, sudah tau bedanya bukan? Sebagai seorang siswa, utamanya bagi kamu yang berada di jurusan IPA penting sekali untuk mengetahui hal mendasar tentang ilmu kimia, yakni Pengertian dan Cabang-cabang Ilmu yang berkaitan sehingga lebih mudah dalam mempelajarinya lebih dalam lagi. Akhir kata, demikian artikel ini saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi semuanya dan terima kasih.

Penulis »» Aji Triono (https://www.ajitriono.net)

Tags: #Aji Triono #Informasi #Pendidikan

author
Penulis: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | WA Only : 085 736 329 737 200 | FB : Facebook.com/keihinkitaco | IG : Instagram.com/blogrizkyzone
Legit! Ternyata Bisnis Budidaya Ikan Lele ini Sungguh Menggiurkan
Legit! Ternyata Bisnis Budidaya Ikan Lele ini Sungguh Menggiurkan
Legit! Ternyata Bisnis Budidaya Ikan Lele ini
Yuk Dicoba, 5 Langkah Mudah Budidaya Ikan Nila
Yuk Dicoba, 5 Langkah Mudah Budidaya Ikan Nila
Yuk Dicoba, 5 Langkah Mudah Budidaya Ikan
Candi Dadi Tulungagung, Wisata Sejarah Penuh Misteri
Candi Dadi Tulungagung, Wisata Sejarah Penuh Misteri
Candi Dadi Tulungagung, Wisata Sejarah Penuh Misteri

Tinggalkan pesan "Pengertian dan Cabang-cabang Ilmu Kimia"

CommentLuv badge
Baca Juga×

Top