Pengertian dan Jenis-Jenis Rantai Makanan Lengkap

Di Penulis Tamu, Umum 40 views

Pengertian dan Jenis-Jenis Rantai Makanan LengkapPengertian dan Jenis-Jenis Rantai Makanan Lengkap – Rizkyzone.com Hampir semua orang sudah mengetahui tentang apa rantai makanan itu. Rantai makanan sudah di pelajari sejak duduk sekolah SD. Apalagi bagi siswa yang masih duduk di tingkat sekolah SD atau SMP mungkin sangat mengenal tentang rantai makanan. Pengetahuan tentang  rantai makanan pasti di dapatkan pada mata pelajaran IPA. Namun tidak hanya anak SD saja yang harus memahami tentang rantai makanan akan tetapi kita juga perlu paham mengenai tentang rantai makanan.

Pengertian dan Jenis-Jenis Rantai Makanan Lengkap

Mungkin kebanyakan orang berfikir tidak penting untuk memahami hal ini. Pada dasarnya sangatlah penting dalam memahami tentang Rantai Makanan guna untuk tidak lagi sembarangan dalam berperilaku dalam kehidupan sehari – hari yang biasanya bisa mempengaruhi rantai makanan yang ada di sekitar kita tanpa di sadari. Ketika merusak tentang rantai makanan yang ada maka akan memberikan dampak pada yang lain seperti ada seorang pemburu kodok yang ada di sawah. Di sana anda berhasil untuk menangkap kodok atau membasmi kodok. Dengan berkurangnya kodok akan berpengaruh terhadap kualitas padi yang sedang di tanam. Karena dalam rantai makanan padi merupakan makanan belalang, sedangkan belalang adalah makanan kodok, kodok makanan ular dan ular merupakan makanan elang. Sehingga jika populasi kodok berkurang maka populasi belalang akan meningkat pula jumlahnya yang bisa merusak tanaman padi serta kualitas padi juga akan menurun.

Pengertian Rantai Makanan

Pengertian dari rantai makanan secara umum merupakan suatu peristiwa terjadinya makan dan di makan yang terjadi pada makhluk hidup sesuai dengan urutan – urutan serta dari tingkatan rantai makanan yang berada dalam suatu ekosistem yang di sebut dengan tingkat trofik. Di dalam prosen Rantai Makanan ini terdapat sebuah makhluk hidup yang berperan sebagai produsen, berperan sebagai konsumen, dan berperan sebagai pengurai atau dekomposer. Pada tingkatan trofik yang menduduk tingkat pertama adalah organisme yang mampu menghasilkan atau bisa membuat zat makan sendiri seperti tumbuhan – tumbuhan yang akan di sebut sebagai produsen. Sedangkan pada tingkatan kedua yang ada dalam rantai makanan ini adalah konsumen. Konsumen ini masih terbagi menjadi dua. Pada konsumen tingkat I di sebut konsumen primer yang biasanya di tempai oleh hewan herbivora. Sedangkan konsumen tingkat II yang ada dalam rantai makanan di sebut dengan konsumen sekunder yang biasanya di tempati oleh hewan carnivora dan seterusnya serta tingkatan trofik tertinggi dan terakhir di sebut dengan konsumen puncak yang akan di temapati oleh hewan omnivora.

Pentingnya Memahami Tentang Rantai Makanan Dalam Kehidupan Sehari – Hari

Dalam Rantai Makanan yang berada dalam ekosistem ini makhluk hidup mempunai perannya masing – masing. Dari makhluk hidup akan berperan sebagai produsen, konsumen, dan beberapa akan menjadi pengurai atau dekompuser. Dari masing posisi tersebut mempunyai keterkaitan satu dengan yang lainnya dan tidak bisa di rusak. Karena jika salah satu dari rantai makanan tersebut di rusak atau di basmi makan akan mempengaruhi pada yang lainnya dimana kemungkinan besar akan mengalami kerugian. Oleh karena itu mengapa sangat penting untuk mempelajari tentang rantai makanan dalam kehidupan kita.

Produsen merupakan makhlum yang mampu membuat makanan sendiri dengan cara memproduksi zat organik dai zat anorganik. Biasanya produsen ini menempati posisi paling atas. Karena pada dasarnya produsen ini tidak memakan makhluk yang lain melainkan ia membuat makanan sendiri dengan cara melakukan fotosintesis seperti tumbuhan seperti padi, jagung dll. sedangkan konsumen merupakan makhluk hidup yang tidak bisa membuat makanan sendiri melainkan selalu tergantung dengan makhluk yang lainnya untuk bisa bertahan hidup. Dalam satu Rantai Makanan biasanya konsmuen di bagi menjadi beberapa tingkatan yang di antaranya konsumen I sebagai konsumen primer yang di tempati oleh hewan pemakan tumbuhan. Sedangkan konsumen tingkat II yang biasa di sebut konsumen skunder yang biasanya di tempati oleh hewan pemakan daging dan seterusnya konsumen II akan di makan oleh Konsumen II atau tersier.

Pada dasarnya kegiatan makan di makan ini akan berlangsung terus menerus sampai kepada konsumen terakhir atau konsumen puncak. Dimana konsumen puncak ini merupakan hewan yang menempati posisi yang terakhir yang tidak akan ada makhluk yang lainnya untuk memakan dia seprti manusia, singa dll. Penting bukan untuk memahami tentang rantai makanan yang ada dalam makhluk hidup yang saling berkaitan satu sama lain untuk bertahan hidup. Dalam Rantai Makanan tidak hanya terdapat konsumen, produsen akan tetapi juga terdapat dekomposer.

Dekomposer merupakan pemeran terakhir yang di dalam rantai makanan dimana organisme ini akan menguraikan bahan organik menjadi bahan anorganik. Dekomposer ini menguraikan bahan organik dari tumbuhan yang sudah mati atau dari bangkai hewan serta untuk mengembalikan nutrisnya ke dalam tanah. Selanjutnya akan di gunakan oleh produsen untuk melakukan fotosintesis untuk membuat zat makanan kembali. Dengan adanya inilah siklus Rantai Makanan akan di mulai kembali. Dekomposer ini biasanya di sebut detritivor atau pemakan bangkai yang biasanya memakan separti bakteri, jamur dll.

Berdasarkan jenis organisme yang berada pada tingkatan trofik pertama dimana Rantai Makanan ini akan di bagi menjadi dua diantaranya rantai makanan perumput dan rantai makanan detritus. Rantai makanan perumput sendiri merupakan rantai makanan yang di mulai dari tumbuhan sebagai produsen yang berada pada tingkat  pertama. Sedangkan rantai makanan detritus merupakan organisme yang memperoleh energi dengan cara memakan dari sisa makhluk lain.

Jika Anda ingin mempelajari seputar pengertian dan contoh rantai makanan secara lengkap, maka silahkan kunjungi sudutsekolah.com.

Penulis :  Sudut Sekolah (https://www.sudutsekolah.com)

Tags: #Informasi #Sudut Sekolah

author
Penulis: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | WA Only : 085 736 329 737 200 | FB : Facebook.com/keihinkitaco | IG : Instagram.com/blogrizkyzone
Utopia Project, Apartemen Mewah yang Dapat Berkeliling Dunia
Utopia Project, Apartemen Mewah yang Dapat Berkeliling Dunia
Utopia Project, Apartemen Mewah yang Dapat Berkeliling
Kumpulan Resep Masakan Padang yang Ranca Bana
Kumpulan Resep Masakan Padang yang Ranca Bana
Kumpulan Resep Masakan Padang yang Ranca Bana
Sera Astra Sebagai Perusahaan Logistik Terpercaya
Sera Astra Sebagai Perusahaan Logistik Terpercaya
Sera Astra Sebagai Perusahaan Logistik Terpercaya –

Tinggalkan pesan "Pengertian dan Jenis-Jenis Rantai Makanan Lengkap"

CommentLuv badge
Baca Juga×

Top