Perkembangan Bayi 6 Bulan Kenali dan Awasi Tingkat Eksplorasinya

Di Advertorial, Parenting, Vira ID 139 views

Perkembangan Bayi 6 BulanPerkembangan Bayi 6 Bulan Kenali dan Awasi Tingkat Eksplorasinya – Anak merupakan anugerah yang terindah bagi orang tua, apalagi anak yang sedang aktif-aktifnya biasanya tampak lucu dan menggemaskan. Umumnya perkembangan bayi 6 bulan mulai memasuki masa aktif mereka untuk mengeksplorasi diri, serta mencoba berbagai hal yang baru, tentu saja sebagai orang tua harus selalu waspada dalam menjaga perkembangan si bayi tetap terus diawasi agar eksplorasi dari bayi ini tidak sampai membuatnya celaka.

Perkembangan Bayi 6 Bulan Kenali dan Awasi Tingkat Eksplorasinya

Perkembangan bayi 6 bulan biasanya dimulai dari eksplorasi dirinya yang mulai bisa tengkurap. Jika bayi sudah bisa tengkurap akan cenderung lebih aktif dan mulai belajar untuk merambat. Untuk itu pengenalan lingkungan sekitar dengan cara merambat akan membuat syaraf motorik dari bayi bisa lebih terasah.

Untuk para orangtua, berikanlah bayi usia 6 bulan anda dengan fasilitas-fasilitas penunjang motoriknya, seperti mainan-mainan pengunyah, boneka atau mainan yang sesuai dengan usia bayi anda. Dengan begitu bayi akan lebih mudah terasah dan akan cepat berkembang, karena syaraf motorik yang selalu tertatih melalui mainan-mainan dan benda-benda yang ada di sekitarnya.

Namun untuk para orangtua juga harus tetap mengawasi, agar anak tidak diletakkan di tempat yang tinggi karena dikhawatirkan bayi akan merambat dan mengakibatkan dirinya terjatuh.

Selain itu perkembangan bayi 6 bulan biasanya ditandai dengan pengenalan interaksi dan eksplorasi lima panca indera. Untuk itu para orang tua yang memiliki bayi usia 6 bulan sebaiknya terus melakukan komunikasi, serta interaksi dengan si bayi agar eksplorasi ke lima panca indera lebih maksimal.

Bayi usia 6 bulan cenderung akan melakukan komunikasi dengan cara melihat dan mengoceh, di saat itulah indera penglihatan akan bekerja dan mulai melatih dirinya untuk berkembang. Pada usia 6 bulan bayi juga bisa mulai diperkenalkan dengan makanan selain ASI, bisa dari susu formula,bubur, atau buah-buahan yang sudah dihaluskan terlebih dahulu yang sesuai dengan saran dokter gizi.

Saat usia 6 bulan, bayi biasanya mulai belajar bahasa isyarat. Seperti yang kita ketahui sebelum usia 6 bulan biasanya bayi hanya akan menangis ketika meminta apapun itu, baik lapar, haus, keadaan yang tidak nyaman, ataupun buang air kecil atau buang air besar. Namun pada tahapan ini bayi biasanya akan mulai belajar bahasa isyarat dengan cara mengecek atau pun menunjuk, bahkan bisa juga akan belajar berbicara seperti yang diomongkan oleh orang tuanya.

Oleh karena itu orang tua juga patut memperhatikan pembicaraannya di hadapan sang bayi, karena jika bahasa orang tua kurang baik, maka bayi akan dengan mudah merekam percakapan tersebut dan menirukannya secara bertahap.

Ocehan sang bayi usia 6 bulan umumnya akan dimulai dengan ucapan Mama atau papa, karena ocehan tersebut sangat mudah dilafalkan oleh sang bayi. Saat sang bayi bisa mengatakan beberapa kata, usahakan orang tua juga mengajarkan kata-kata yang mudah dilafalkan terlebih dahulu, agar sang bayi bisa cepat mengerti dan mudah melafalkan kata tersebut, serta agar sang bayi bisa cepat berbicara.

Kemandirian dari perkembangan bayi 6 bulan juga mulai tampak, karena itu coba berikan latihan kepada sang bayi agar kemandiriannya semakin terasah. Pada tahap awal kemandirian sang bayi, bisa dimulai dengan cara melatihnya untuk mengambil mainan yang berada di di luar jangkauannya. Saat itu posisikan bayi dalam keadaan tengkurap, lalu letakkan mainan sedikit jauh dari jangkauannya. Jika ia tertarik, sang bayi akan berusaha meraih mainan tersebut dan ia akan berusaha merambat agar bisa meraih mainan yang ia inginkan.

Selain itu tahap kemandirian bayi juga cenderung akan berusaha menyuapi dirinya sendiri. Untuk para orang tua harap bersabar, karena biasanya pada tahapan ini bayi akan banyak sekali menjatuhkan makanan yang disediakan. Oleh karena itu sediakan alat makan khusus untuk bayi, yang tidak mudah pecah agar bayi juga aman saat mulai makan sendiri.

Semoga bermanfaat artikel mengenai Perkembangan Bayi 6 Bulan

Tags: #Bayi #Informasi #Vira ID

author
Penulis: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | WA Only : 085 736 329 737 200 | FB : Facebook.com/keihinkitaco | IG : Instagram.com/blogrizkyzone
Asus ROG Strix Hero Edition, Laptop Gaming Tipis Worth It
Asus ROG Strix Hero Edition, Laptop Gaming Tipis Worth It
Asus ROG Strix Hero Edition adalah salah
Asuransi Terbaik di Indonesia? Simplr Saja
Asuransi Terbaik di Indonesia? Simplr Saja
Asuransi Terbaik di Indonesia hanya bisa anda
Penyebab Rambut Rusak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah dan Cepat
Penyebab Rambut Rusak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah dan Cepat
Rambut merupakan mahkota rambut yang harus selalu
Belum Familiar dengan Backlink? Yuk Mengenal Backlink Lebih Dalam
Belum Familiar dengan Backlink? Yuk Mengenal Backlink Lebih Dalam
Belum Familiar dengan Backlink? Yuk Mengenal Backlink

Tinggalkan pesan "Perkembangan Bayi 6 Bulan Kenali dan Awasi Tingkat Eksplorasinya"

CommentLuv badge
Baca Juga×

Top