Sudahkah Anda Tahu? Ternyata Ini Alasan Dibalik Cara Membuat Teh Tarik yang Unik

Di Advertorial, Umum, Vira ID 59 views

Cara Membuat Teh Tarik

Cara Membuat Teh Tarik

Cara membuat teh tarik memang terbilang unik dan khas. Minuman yang bisa disajikan panas atau dingin ini merupakan minuman nasional dari Malaysia dan Singapura. Di Indonesia sendiri, Aceh, Riau, Kepulauan Riau dan sekitarnya juga menjadikan minuman ini sebagai kuliner andalan.

Sudahkah Anda Tahu? Ternyata Ini Alasan Dibalik Cara Membuat Teh Tarik yang Unik

Oia, ternyata Anda juga bisa membuat sendiri teh tarik ala mamak India di rumah lho! Selain lebih higienis dan menjamin kebersihan, teh tarik buatan sendiri akan memberikan kepuasan bagi Anda yang mencoba mengaplikasikan teknik tarik menarik minuman enak ini.

Bahan dan cara membuat teh tarik sederhana

Sebenarnya bahan yang diperlukan untuk membuat teh tarik cukup sederhana. Anda hanya memerlukan bahan utama berupa teh, air dan susu kental manis. Cukup panaskan air hingga mendidih, masukkan teh dan letakkan dalam satu wadah berupa gelas.

Persiapkan gelas tambahan untuk proses membuat teh tarik yang paling unik. Anda bisa menambahkan susu kental manis ke dalam teh, lalu tuang teh secara bergantian dan menghasilkan buih. Aroma teh tarik lebih sedap dan pekat yang menggoda selera.

Teh tarik juga bisa disajikan dalam kondisi dingin sesuai dengan selera. Anda hanya membutuhkan bahan tambahan berupa shaker dan potongan es batu secukupnya. Caranya hampir sama dengan membuat teh tarik panas namun Anda wajib mendinginkan teh terlebih dahulu selama kurang lebih 3-4 menit saja. Campurkan air teh yang sudah dingin dengan susu kental manis dan potongan es batu sebelum dimasukkan dalam shaker. Kocok hingga berbusa dan siapkan dalam gelas saji. Mudah, bukan?

Proses tarik menarik dalam membuat campuran teh dan susu terlihat begitu mudah. Menuangkan teh dari gelas satu ke gelas lain dari jarak jauh membutuhkan teknik khusus. Anda mungkin ingin mencoba melempar bagian satu ke bagian lain seperti penjual teh tarik, bukan? Kenapa cara membuat teh tarik selalu identik dengan tarik menarik atau dilempar-lempar? Ternyata para mamak India punya alasan menggunakan tradisi khas tersebut lho!

Alasan pembuatan teh susu ditarik-tarik

Seperti nama yang tersemat pada minuman khas ini, proses pembuatan menggunakan teknik tarik menarik. Ternyata teknik tarik menarik ini berfungsi memberikan tekstur rasa yang lebih enak dan beraroma nikmat. Para penjual menuangkan teh ke udara bisa mendinginkan teh dan menghasilkan buih atau lapisan busa pada permukaan teh yang hendak disajikan. Kandungan dalam teh yang bercampur susu akan menciptakan bentuk yang lebih pekat dan aroma bisa keluar maksimal.

Kalau Anda mengunjungi kedai teh tarik atau restoran India, pasti bakal menemukan sang bartender yang ahli membuat teh tarik. Bisa dikatakan kalau pembuat teh tarik merupakan seniman yang mampu mendemonstrasikan teknik pembuatan teh tarik tanpa tumpah setetes pun. Keren ya?

Baca Juga »» Manfaat Teh Sariwangi Untuk Program Diet Sehat

Selain bisa menarik minat pengunjung yang datang ke kedai atau restoran, cara ini juga menjadi salah satu upaya melestarikan tradisi pembuatan teh tarik. Kini teh tarik tak hanya disajikan dengan citarasa orisinal saja namun berinovasi dengan penambahan bahan lain seperti jelly, nata de coco, cokelat dan lain-lain.

Anda juga bisa mencoba cara membuat teh tarik menggunakan bahan-bahan sederhana dulu. Siapa tahu Anda bakal jago memainkan kecapakan dan teknik melempar atau tarik menarik dalam pembuatan minuman nasional ini. Teh tarik cocok disajikan dengan roti canai, nasi lemak, roti telur atau roti tempayan. Menikmati waktu santai sore bersama keluarga sembari mencicipi teh tarik dan camilan lezat, kenapa tidak? Yuk, coba buat teh tarik sendiri di rumah!

Tags: #Informasi #tips #Vira ID

author
Penulis: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | WA Only : 085 736 329 737 200 | FB : Facebook.com/keihinkitaco | IG : Instagram.com/blogrizkyzone
Pemerintah Jual Rumah Murah Jakarta 150 Juta, Anda Berminat?
Pemerintah Jual Rumah Murah Jakarta 150 Juta, Anda Berminat?
(Photo: iStock) Pemerintah Jual Rumah Murah Jakarta

Tinggalkan pesan "Sudahkah Anda Tahu? Ternyata Ini Alasan Dibalik Cara Membuat Teh Tarik yang Unik"

CommentLuv badge
Baca Juga×

Top