Tips Agar Tanaman Padi Tumbuh Subur dan Bebas Hama

In Content Placement, Penulis Tamu, Umum 263 views

Tanaman Padi Tumbuh SuburTips Agar Tanaman Padi Tumbuh Subur dan Bebas Hama – Rizkyzone.com Memiliki tanaman padi yang subur merupakan dambaan bagi semua petani. Namun tak jarang entah karena hama, penyakit, musim yang tidak bersahabat atau karena alasan lain, tanaman tumbuh tidak sesuai dengan harapan.

Untuk itu perlu langkah tepat untuk mengatasi tanaman padi agar dapat menghasilkan hasil yang melimpah ruah. Nah berikut ini merupakan beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk membuat tanaman padi menjadi tumbuh subur dan terbebas dari hama.

Tips Agar Tanaman Padi Tumbuh Subur

Agar panen melimpah ruah, tanaman perlu dirawat. Bahkan bukan hanya dalam masa tumbuh saja. Mulai dari awal penyiapan benih dan sanitasi lahan merupakan hal yang perlu diperhatikan. Tanpa hal tersebut, tentunya tanaman apapun tidak akan tumbuh subur, terlebih tanaman padi yang membutuhkan perhatian rutin.

Inilah beberapa tips agar tanaman padi dapat tumbuh dengan baik dan dapat panen sesuai dengan harapan para petani.

  1. Pemilihan Bibit Unggul

Ini sangat penting. Pasalnya, bibit membawa sifat genetik bagi tanaman dan sangat mempengaruhi terhadap hasil panen nantinya. Untuk itu, pemilihan bibit yang unggul dan tersertifikasi merupakan langkah bijak sebelum memulai proses penyemaian.

Saran saya bila ingin menanam tanaman padi ada kriteria yang harus diterapkan. Diantaranya adalah:

  • Bibit bersih, seragam dan tidak cacat
  • Memiliki riwayat induk yang baik dan sehat
  • Harus taham hama terutama wereng
  • Umur cepat
  • Tidak terlalu tinggi
  • Bulir besar dan anakan banyak
  • Tahan kering
  1. Penggunaan Sistem Tanam Terpadu.

Apakah tanam terpadu itu? Tanam terpadu adalah membuat rekayasa siklus tanaman menjadi beberapa jenis tanaman. Misalnya dalam 1 tahun kan terdapat 2 kali menanam padi, nanti 1 kalinya  digunakan untuk menanam jagung atau kacang hijau.

Selain digunakan karena disesuaikan dengan musim, cara ini pun terbukti ampuh untuk mengusir hama seperti halnya tikus, wereng, kresek, hingga hama lainnya. Terlebih sekarang ini marak sekali terhadap hama wereng yang menyebabkan ribuan hektar gagal panen. Jadi dengan menggunakan sistem tanam terpadu hama dimungkinkan akan hilang.

Terlebih sekarang ini menghilangkan hama seperti wereng itu sulit. Jadi dengan menggunakan sistem tanam berganti ini mampu menjadi salah satu cara mengatasi wereng secara alami yang sangat mudah dipraktikan. Karena nantinya telur-telur bibir hama wereng akan mati saat ditanami tanaman lain.

  1. Penggunaan Pupuk yang Tepat

Seringkali petani menggunakan pupuk kimia berlebihan yang sebenarnya menyebabkan tanah menjadi rusak. Memang penggunaan pupuk NPK kimia penting. Namun harus dibarengi dengan aplikasi pupuk organik sehingga unsur hara dalam tanah bisa diproses oleh mikroorganisme dan cacing tanah.

Penggunaan pupuk cair organik dengan cara disemprot pun diperlukan secara rutin minimal 2 minggu sekali guna memberikan dampak yang besar terhadap hasil saat panen.

Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kita semuanya. Karena bila tanaman padi tumbuh subur dan terawat dengan baik, maka orang lain pun ikut sejahtera.

Tags: #Ach.Mustakim #Pertanian #tips

author
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | WA Only : 085 736 329 737 200 | FB : Facebook.com/keihinkitaco | IG : Instagram.com/blogrizkyzone
Rancang Masa Depan dengan Memilih Tabungan yang Tepat
Rancang Masa Depan dengan Memilih Tabungan yang Tepat
Rancang Masa Depan dengan Memilih Tabungan yang
Simak Panduan Tepat Memakai Plaster dengan Benar untuk Kaki Lecet
Simak Panduan Tepat Memakai Plaster dengan Benar untuk Kaki Lecet
Simak Panduan Tepat Memakai Plaster dengan Benar

Leave a reply "Tips Agar Tanaman Padi Tumbuh Subur dan Bebas Hama"

CommentLuv badge
Must read×

Top