Waktuku

Tips Merawat Bayi Baru Lahir yang Benar

In Kesehatan 802 views

Tips Merawat Bayi Baru Lahir yang Benar – Kelahiran sang buah hati merupakan kebahagian terbesar yang tiada duanya di dunia ini bagi kedua orang tua. Namun, anda perlu merawat buah hati anda dengan benar dan baik agar selalu sehat.

Namun, untuk merawat baik tidaklah gampang. Karena tubuh bayi yang baru lahir rentan terkena penyakit. Agar buah hati anda terhindar dari penyakit dibutuhkan perwatan yang ekstra. Mulai dari menyiapkan Perlengkapan Bayi, menjaga kebersihan bayi, dan memperhatikan asupan makan atau ASI untuk bayi.

Walaupun hanya 3 poin diatas yang diperhatikan namun jika di jabarkan sangatlah banyak. Walaupun banyak akan saya jelas satu persatu. Simak ulasan tentang Tips Merawat Bayi Baru Lahir yang Benar

1. Bersihkan Secara Rutin Bagian Tertentu

a. Mata

Bagian mata merupakan pusat untuk keluarnya air mata. Bagi bayi yang baru lahir air mata akan keluar setian 3 detik serta terkadang muncul tahi mata, maka dari itu bersihkan menggunakan kapas yang lembut serta seteril secara berkala.

b. Hidung

Untuk bagian hidung cukup mudah untuk membersihkannya. Bersihkan saja bagian luar hidung jika ada lendir atau seseatu yang keluar dari hidung. Namun, jangan bersihkan bagian dalamnya karena akan menyebabkan kotoran itu terdorong masuk semakin dalam dan juga menggores membran pembatas hidung yang sangat peka.

c. Tali Pusar

Bagian tali pusar merupakan bagian yang paling perlu diperhatikan. Karena bagian ini merupakan bagian yang rawan terkena infeksi. Perawatan menggunakan alkohol pada tali pusar sangat tidak dianjurkan. Bersihkan menggunakan air matang dan tissu atau kapas seteril saja.

2. Perhatikan Asupan Makanan dan ASI

Jika bayi sudah berumur lebih dari 1 bulan maka ia akan menangis untuk menunjukkan rasa laparnya. Hal yang perlu anda lakukan yakni memberi asupan ASI atau menggunakan Susu Formula, namun lebih disarankan memberi asupan ASI. Berikan pada waktu pagi, siang, sore dan malam. Serta bagi bayi yang baru lahir berikan asupan ASI 2 jam sekali.

3. Ciptakan Lingkungan yang Nyaman

Bayi sangat suka suasana yang damai dan tenang. Selain itu bayi menyukai udara yang tidak terlalu panas dan dingin. Dan yang tidak boleh lupa hindarkan bayi dari gigitan nyamuk. Caranya yaitu dengan guanakan pakain bayi yang tebal, jangan menggunakan obat nyamuk atau body lotion.

4. Perhatikan Pola Buang Air Bayi

Bayi yang baru lahir juga pasti akan melakukan buang air, baik buang air besar ataupun buang air kecil. Maka dari itu anda harus rutin untuk menggati popok bayi agar bayi selalu merasa nyaman. Selain itu anda harus jeli untuk melihat fases atau air seni karena hal itu bisa sebagai indikato kesehatan buah hati anda. Misalnya, jika air seni bayi berwarna terlalu kuning itu bertanda bahwa bayi anda kekurangan cairan sedangkan jika fases keras dan sangat berbau tandanya asupan ASI kepada bayi kurang.

Demikian ulasan mengenai Tips Merawat Bayi Baru Lahir yang Benar semoga wawasan anda semakin bertambah setelah membaca artikel ini sehingga bayi anda sehat.

Suka dengan Artikel diatas, Yuk di Share ke Sosial Media Kalian

Tags: #tips

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | WA Only : 085 736 329 737 200 | FB : Facebook.com/keihinkitaco | IG : Instagram.com/blogrizkyzone
Tips Menghindari Kalori Tinggi  Saat Program Diet
Tips Menghindari Kalori Tinggi Saat Program Diet
Tips Menghindari Kalori Tinggi Saat Program Diet
4 Tips Menghilangkan Selulit yang Sangat Mengganggu
4 Tips Menghilangkan Selulit yang Sangat Mengganggu
4 Tips Menghilangkan Selulit yang Sangat Mengganggu
Tips Detoks Tubuh : Minum Air Lebih Banyak
Tips Detoks Tubuh : Minum Air Lebih Banyak
Tips Detoks Tubuh : Minum Air Lebih
Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi Setiap Harinya
Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi Setiap Harinya
Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi

Leave a reply "Tips Merawat Bayi Baru Lahir yang Benar"

CommentLuv badge
Must read×

Top