Waktuku

Tumbuh Kembang Anak 2 Tahun dan Cara Menghadapi Kenakalan Anak


Cara Menghadapi Kenakalan AnakTumbuh Kembang Anak 2 Tahun dan Cara Menghadapi Kenakalan Anak – Rizkyzone.com Setiap orang tua memiliki kewajiban untuk merawat dan mendidik anak. Karena anak adalah amanah serta titipan dari Tuhan yang sangat berharga. Semakin besar anak, semakin banyak hal yang harus diketahui orang tua, misalnya untuk anak usia 2 tahun. Tumbuh kembang anak 2 tahun juga perlu untuk diperhatikan orang tua, karena berkaitan dengan cara untuk merawat serta mendidiknya.

Tumbuh Kembang Anak 2 Tahun dan Cara Menghadapi Kenakalan Anak

Anak usia 2 tahun biasanya akan menampakkan perubahan dalam perilaku. Semakin besar anak, maka semakin lincah dan aktif dalam berkegiatan. Inilah yang membuat kebanyakan anak mulai berperilaku nakal dan susah untuk dinasihati.

Sebenarnya kenakalan anak tersebut merupakan salah satu bagian dalam tumbuh kembang anak 2 tahun. Sehingga dalam hal ini peran orang tua sangat diperlukan agar mampu membimbing dan mendidik anak dengan cara yang seharusnya diterapkan pada anak usia balita.

Kendati demikian, Anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir karena berikut terdapat informasi mengenai bagaimana cara menghadapi kenakalan anak yang bisa Anda lakukan di rumah:

Mengajarkan Perilaku Baik Sedini Mungkin

Cara pertama adalah dengan mengajarkan respon padaa rangsangan dan perilaku yang baik. Ini bisa dilakukan sedini mungkin. Saat Anda melihat si kecil mulai berperilaku nakal, jangan biarkan perilaku tersebut terus berjalan.

Sebagai orang tua, katakan bahwa apa yang dilakukan anak Anda salah dan tunjukkan cara sikap yang lebih baik. Anda juga perlu untuk memberikan contoh perilaku yang baik agar anak bisa terbantu dengan melihat bagaimana perilaku yang harusnya mereka lakukan.

Berikan Hadiah pada Anak

Ketika anak melakukan hal baik atau benar, Anda bisa memberikan hadiah atas perilaku tersebut. Ini bisa menjadi dorongan positif dan akan mengajarkan anak untuk terus berperilaku baik.

Jika Anda terus menerus memberikan hal semacam ini pada anak, maka anak pun juga akan fokus untuk melakukan hal baik. Dorongan positif selain dengan memberikan hadiah, juga bisa berupa pelukan dan kata–kata pujian.

Memberikan Batasan pada Anak

Kenakalan yang ada pada anak usia 2 tahun merupakan hal yang normal. Saat usia seperti ini, Anda bisa memberikan batasan pada anak dan memberitahukannya bahwa batasan itu tegas dan wajib dipatuhi. Jika Anda tidak melakukannya, maka anak akan mempunyai masalah perilaku karena Anda membiarkannya untuk melakukan sesuatu semau mereka.

Misalnya dalam hal jam tidur, Anda bisa memberikan waktu tertentu kapan anak harus tidur. Berikan aturan agar anak terbiasa melakukan hal itu.

Demikian beberapa cara menghadapi kenakalan anak, khususnya untuk usia 2 tahun. Kenakalan anak adalah hal yang wajar dan lumrah, tinggal bagaimana sebagai orang tua Anda bisa menghadapinya dengan baik dan dapat menghindarkan Anda dari stress karena kenakalan anak

Suka dengan Artikel diatas, Yuk di Share ke Sosial Media Kalian

Related Search

Tags: #Bayi #Informasi #tips

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | WA Only : 085 736 329 737 200 | FB : Facebook.com/keihinkitaco | IG : Instagram.com/blogrizkyzone
Niagahoster Pilihan Tepat Tingkatkan Performa Website Anda
Niagahoster Pilihan Tepat Tingkatkan Performa Website Anda
Niagahoster Pilihan tepat Tingkatkan Performa Website Anda
Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi Setiap Harinya
Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi Setiap Harinya
Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi

Leave a reply "Tumbuh Kembang Anak 2 Tahun dan Cara Menghadapi Kenakalan Anak"

CommentLuv badge
Must read×

Top