Yuk Dicoba, 5 Langkah Mudah Budidaya Ikan Nila

Di Penulis Tamu, Umum 134 views

Budidaya Ikan NilaYuk Dicoba, 5 Langkah Mudah Budidaya Ikan Nila – Rizkyzone.com Budidaya ikan nila kini kian diminati oleh masyarakat Indonesia, selain dagingnya yang lembut juga daging ikan nila memang memiliki rasa yang sangat lezat. Sehingga di Indonesia daging ikan nila memiliki banyak peminatnya. Dan ini menjadi peluang bagi siapa saja yang ingin sukses budidaya ikan nila.

Yuk Dicoba, 5 Langkah Mudah Budidaya Ikan Nila

Tahukah Anda bahwa budidaya ikan nila itu mudah? Ya.. dengan mengikuti 5 langkah utama dalam berbudidaya ikan nila ini nantinya diharapkan anda mengerti tentang segala macam terkait dengan budidaya ikan nila. Apa saja langkah-langkahnya?, berikut uraiannya.

Memilih Kolam Terpal

Bila memilih untuk membudidayakan ikan nila di kolam terpal, maka tentu saja harus memilih kolam terpal yang cocok.Jangan lupa mengukur terlebih dahulu diameter lahan yang akan diubah menjadi kolam.Setelah itu sesuaikan dengan kolam terpal yang telah dibeli.

Memilih Lahan

Dalam budidaya ikan nila di kolam terpal, harus tetap memilih lahan kerja atau lokasi dalam mengelola usaha ini.Pilihlah lokasi yang strategis, baik untuk perawatan, pemanenan, maupun penjualan ikan nila nantinya.Jika sebelumnya sudah memiliki kolam di kebun atau lahan, bisa juga dipertimbangkan untuk mengefisiensikan biaya.

Memilih Bibit Ikan

Bibit ikan nila biasanya dijual per kilogram atau per ekor.Keduanya memiliki keunggulannya masing-masing.Bila memilih untuk membeli per kg, maka pastikan bibit tersebut berasal dari penjual yang terpercaya.Namun bila ingin membeli per ekor, bisa pergi ke tempat usaha ikan atau pelelangan ikan.

Menyebarkan Bibit Ikan

Sesudah mendapatkan bibit ikan yang berkualitas, maka langkah selanjutnya adalah menyebarkan bibit tersebut ke dalam kolam terpal.Bila kolam terpal dirasa belum cukup aman atau takut terjadi kebocoran, maka bisa dipasangi batu bata atau lapisan semen untuk memperkuatnya.Ini juga untuk mencegah ke luarnya ikan yang nantinya siap dipanen.

Perawatan Ikan

Dalam melakukan teknik ternak ikan nila, selalu ada kemungkinan terjadinya gagal panen sebesar 5-10%.Karena itu dalam proses perawatannya perlu dilakukan dengan hati-hati dan profesional.Berilah pakan ikan yang baik sehingga memberikan nutrisi bagi ikan. Ketikan ikan memiliki nutrisi yang tepat maka anda akan mendapatkan hasil panen yang memuaskan.

Masa Panen

Memasuki bulan ke 6 atau 7 maka ikan nila tersebut sudah bisa dipanen.Untuk awalnya cobalah untuk menjual hasil panen ke tempat pelelangan ikan yang memang menampung banyak ikan untuk dijual kembali.Memang harganya bisa sedikit miring, tapi itu tak mengapa karena hasil panen pun banyak, Kalau ingin menjual ke pasar tentu akan lebih repot lagi.

Analisa Usaha Keuntungan Budidaya Kolam Terpal

Keuntungan dari budidaya ikan nila di kolam terpal ini bisa dilihat dari dua segi, yaitu segi proses dan uang.

Segi Proses

Beberapa keuntungannya adalah:

  1. Bisa dikembangkan di lahan yang sempit, sehingga bisa menghemat biaya sewa tempat. Penggalian kolamnya pun tidak harus sampai terlalu dalam.
  2. Menggunakan air yang relatif lebih hemat dibandingakan budidaya secara konvensional. Hanya saja tetap perhatikan apakah ada bagian yang bocor atau tidak.
  3. Lebih menggunakan waktu yang sedikit. Maksudnya adalah tidak diperlukan waktu untuk menggali kolam, atau membersihkan lahan. Cukup sediakan saja kolam terpal dan pasang sesuai petunjuk.
  4. Menghemat tenaga untuk mengerjakan segala prosesnya, karena bisa dikerjakan sendiri atau dengan bantuan teman.
Segi Uang
  1. Dengan memakai kolam terpal, jadinya banyak biaya yang bisa ditekan pengeluarannya. Misalnya saja biaya untuk membuka dan merawat lahan, biaya pekerja atau karyawan, juga biaya pakan ikan.
  2. Selain itu, uang juga bisa didapatkan dari hasil penjualan ikan nila yang siap panen. Usaha budidaya ini malah busa beromzet puluhan juta per bulan.

Bagaimana? Budidaya ikan nila menggiurkan bukan? Sekarang saatnya anda harus memulainya.

Semoga bermanfaat artikel mengenai 5 Langkah Mudah Budidaya Ikan Nila

Penulis »» Ahid 

Tags: #Ahid #Ahid Media #Informasi #Peluang Usaha #Wirausaha

author
Penulis: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | WA Only : 085 736 329 737 200 | FB : Facebook.com/keihinkitaco | IG : Instagram.com/blogrizkyzone
Tips Memilih Paving Blok
Tips Memilih Paving Blok
Tips Memilih Paving Blok – Sehubungan dengan
Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lantai Kayu
Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lantai Kayu
Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lantai Kayu – 
Cara Membuat Perangkap Alat Pengusir Nyamuk dari Barang Bekas
Cara Membuat Perangkap Alat Pengusir Nyamuk dari Barang Bekas
Alat Pengusir Nyamuk dapat kita buat secara
  1. author

    Ferdinand3 bulan yang lalu

    Request budidaya ikan lele Mas Riz 😀
    Disini pemancingan ikan lele nggak pernah sepi…
    Kalah rame malah pemancingan ikan mas

    Balas

Tinggalkan pesan "Yuk Dicoba, 5 Langkah Mudah Budidaya Ikan Nila"

CommentLuv badge
Baca Juga×

Top