Yuk Kenali Hipertensi pada Kehamilan

Di Kesehatan, Penulis Tamu 37 views

Hipertensi pada KehamilanYuk Kenali Hipertensi pada Kehamilan – Rizkyzone.com Hipertensi bisa muncul akibat adanya aktivitas kehamilan. Bisa berupa pola hidup tak sehat ataupun kerusakan pada ginjal atau jantung. Jika sudah parah, janin harus segera dilahirkan.

Hampir setiap orang pasti telah mengetahui penyakit yang satu ini. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu penyakit yang terjadi ketika darah yang dipompa oleh jantung mengalami peningkatan tekanan yang akan membuat kerusakan pada dinding arteri pada pembuluh darah.

Namun, apa yang terjadi jika hipertensi pada kehamilan? Untuk hipertensi yang terjadi pada orang biasa saja sangat berbahaya, apalagi jika penyakit tersebut menyerang ibu hamil di mana bukan hanya membahayakan ibu hamil tetapi juga membahayakan keselamatan sang bayi. Seseorang dapat dikatakan terkena hipertensi jika tekanan darahnya mencapai 140/90 mmHG ke atas. Artinya tekanan sistolik berada pada angka 140 mmHG dan tekanan diastolik berada di angka 90 mmHG.

Yuk Kenali Hipertensi pada Kehamilan

Pada umumnya hipertensi pada kehamilan ini menyerang ibu hamil yang berusia di bawah 20 tahun atau 40 tahun ke atas. Selain itu, pada kehamilan bayi kembar atau kehamilan pertama juga berpotensi terjadi hipertensi ini. Terdapat dua penyebab hipertensi yaitu hipertensi primer (hipertensi essensial) dan hipertensi skunder.

Untuk hipertensi primer disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, yang biasanya dikarenakan stres, merokok, konsumsi garam yang berlebihan, mengonsumsi minuman beralkohol atau kafein. Pola hidup yang tidak sehat tersebut akan menyebabkan adanya timbunan lemak dalam tubuh yang berpotensi meningkatkan tekanan darah. Untuk hipertensi sekunder disebabkan oleh kondisi ginjal dan jantung yang rusak, sehingga akan menyebabkan tekanan darah tidak stabil.

Ada beberapa jenis hipertensi pada kehamilan, namun yang paling berbahaya adalah jenis hipertensi Pre-eklampsia atau dikenal juga sebagai keracunan kehamilan. Pre-eklampsia merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan adanya hipertensi, edema dan proteinuria yang muncu akibat kehamilan, sehingga tak heran jika jenis hipertensi ini disebut juga sebagai keracunan kehamilan.

Hipertensi Pre-eklampsia ini terjadi ketika tekanan darah mengalami peningkatan. Tekanan sistolik mencapai 30 mm Hg hingga 140 mm Hg, sedangkan tekanan diastolik mencapai 15 mm Hg hingga 90 mm Hg. Dengan kondisi tekanan daraha tersebut tentu berpotensi menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi Pre-eklampsia yang menyerang ibu hamil.

Terdapat juga Edema Pre-eklampsia, merupakan hipertensi yang terjadi ketika adanya penimbunan cairan yang berlebihan dalam tubuh. Penimbunan cairan ini biasanya ditandai dengan kenaikan berat badan dan pembengkakan kaki, jari tangan dan muka. Jika seseorang mengalami kenaikan berat badan sekitar 1 Kg beberapa kali dalam seminggu, hal itu bisa menjadi tanda terkena Edema Pre-eklampsia. Hipertensi pada kehamilan juga bisa berupa Proteinuria Pre-eklampsia, di mana terjadi ketika adanya konsentrasi protein dalam air kencing hingga mencapai 0,3 g/liter dalam 400 ml air kencing dalam sehari. Artinya air kencing ibu hamil terbilang sangat sedikit dalam kurun waktu sehari.

Masa kehamilan adalah masa dimana nutrisi makanan serta serangan atau pencegahan penyakit harus dihindarkan. Nutrisi makanan harus cukup dan berimbang demi kesehatan ibu dan calon buah hati. Pengetahuan dasar tentang penyakit hipertensi pada masa kehamilan juga perlu diketahui agar tanda-tanda penyakitnya bisa diketahui sejak dini dan dapat dilakukan tindakan pencegahan (preventif) sejak dini.

Penulis >> Wira Wijaya

Tags: #Informasi #Kesehatan #Wira Wijaya

author
Penulis: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | WA Only : 085 736 329 737 200 | FB : Facebook.com/keihinkitaco | IG : Instagram.com/blogrizkyzone
Aplikasi Android untuk Live Streaming TV Online Indonesia
Aplikasi Android untuk Live Streaming TV Online Indonesia
Aplikasi Android untuk Live Streaming TV Online
Luar Biasa! Teknologi ini Wajib digunakan Pembudidaya Ikan
Luar Biasa! Teknologi ini Wajib digunakan Pembudidaya Ikan
Luar Biasa! Teknologi ini Wajib digunakan Pembudidaya

Tinggalkan pesan "Yuk Kenali Hipertensi pada Kehamilan"

CommentLuv badge
Baca Juga×

Top