10 Tips Jitu Merancang Strategi Pemasaran Produk

Merancang Strategi Pemasaran Produk10 Tips Jitu Merancang Strategi Pemasaran Produk – Rizkyzone.com Melakukan pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang paling penting dalam perusahaan. Dengan munculnya saingan-saingan bisnis serupa, tidak jarang pemasaran perlu mendapatkan perhatian khusus.

Tidak ada bisnis yang sukses jika hanya berfokus kepada kegiatan produksi, tanpa pemasaran.

Pemasaran itu penting..

Bahkan menurut saya, lebih penting daripada kegiatan produksi.

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana merancang strategi pemasaran produk yang efektif. Tidak hanya meningkatkan angka penjualan anda, tapi tips ini juga dapat meningkatkan kepercayaan klien kepada perusahaan anda. dan berikut

10 Tips Jitu Merancang Strategi Pemasaran Produk

  1. Tentukan Target Pasar

Hal yang paling utama dalam kegiatan pemasaran produk adalah mengenali target pasar anda. Sebaik apapun strategi pemasaran, apabila target pemasarannya salah makan tidak akan menghasilkan keuntungan. Oleh karena itu, tentukan target pasar anda terlebih dahulu.

Misalnya, bisnis anda bergerak dalam bidang sepatu kerja pria, maka target pasar anda adalah para pekerja pria dengan umur 20 – 50 tahun. Hal ini tentunya dapat mempermudah dalam menyusun strategi pemasaran produk kedepannya.

  1. Solution Oriented

Pastikan produk yang anda promosikan adalah apa yang mereka butuhkan.

Suatu produk yang dapat memecahkan suatu masalah sudah pasti dibutuhkan oleh target pasar yang sedang mengalami masalah tersebut. Jadi anda tidak perlu repot-repot melakukan promosi secara mendalam. Dengan kata lain, jika anda sudah memenuhi hal ini maka sebenarnya setengah kegiatan promosi anda sudah berhasil dilakukan.

  1. Gunakan Judul yang Persuasive

Ini merupakan salah satu trick menarik pengunjung yang cerdas. Saya ambil contoh, perhatikan kedua judul ini:

Cara membentuk perut six pack

Cara cepat membentuk six pack dalam waktu 1 bulan

Dari kedua judul diatas, mana yang lebih menarik perhatian anda? Tentu judul yang kedua. Itulah the power of persuasive title. Kenyataannya, judul yang lebih persuasive atau menimbulkan kontradiksi akan lebih menarik perhatian pasar.

  1. Kesan yang Bermakna

Suatu iklan yang memiliki gambar bagus dan creative saja tidak cukup. Sebuah promosi perlu memiliki kesan yang bermakna bagi target pasarnya. Saya pribadi, tidak mau kalau seseorang menelpon saya untuk sekedar memberitahu iklan saya bagus tanpa menghasilkan penjualan. Saya ingin promosi saya berhasil memberikan kesan yang baik dan menarik pasar untuk membeli produk tersebut.

  1. Manfaatkan Content Bait untuk Promosi

Bagi mereka yang pernah terjun di dunia content strategy atau content marketing pasti sudah tidak asing dengan hal ini.

Singkatnya, iklan anda berisi kata-kata untuk meningkatkan rasa penasaran pada target pasar. Apabila target pasar anda penasaran dengan apa yang akan anda berikan maka pasti mereka akan setia menunggu.

  1. Gunakan Logo atau Mascot

Hal lain yang perlu anda sadari adalah bahwa anda akan lebih mudah dikenal oleh konsumen bila produk atau promosi anda memiliki sesuatu yang unik untuk diingat, baik itu berupa mascot, logo ataupun bentuk lain yang unik.

Sederhananya, suatu promosi yang memiliki icon atau maskot akan lebih mudah diingat oleh pasar. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan brand awareness anda kepada public.

  1. Manfaatkan Internet Marketing untuk Boost Promosi

Lebih dari 80 juta penduduk Indonesia sudah ‘melek’ teknologi, atau paling tidak mereka punya akun social media untuk saling berkomunikasi. Hal ini tentunya merupakan peluang emas bagi para pebisnis untuk melakukan promosi secara online, atau dikenal dengan sebutan Internet Marketing.

Saat ini jumlah transaksi jual beli online meningkat setiap tahunnya, hal ini menunjukan para konsumen lebih suka berbelanja lewat internet daripada datang langsung ke toko, mungkin karena bisa lebih leluasa dan lebih private saat memilih.

Anda dapat memanfaatkan social media seperti Facebook, Twitter, Instagram sampai Google Ads untuk mendapatkan pembeli. Dengan menggunakan internet marketing, anda juga dapat berkomunikasi secara bebas dengan konsumen tanpa dibatasi ruang dan waktu.

  1. Beyond Expectation

Sebuah produk yang berhasil memuaskan ekspetasi pelanggan tentu bagus, tapi akan jauh jauh jauh lebih baik lagi jika produk yang anda berikan melebihi ekspetasi konsumen anda.

Logikanya seperti ini, anda memiliki bisnis Barbershop. Bisnis potong rambut pada umumnya biasanya hanya mencukur dan mencuci kepada konsumen setelah selesai.

Itu sudah biasa.

Disini, anda butuh sesuatu yang melebihi ekspetasi pelanggan!

Agar berbeda dari tempat potong rambut yang lain, mungkin anda bisa menambahkan pijat kepala gratis selama 5 menit dan secangkir teh hangat sehabis keramas. Tentunya hal ini akan melebihi ekspetasi pelanggan anda dan besar kemungkinan mereka akan jadi pelanggan setia anda.

  1. Pilih Lokasi Pemasaran yang Strategis.

Pemilihan lokasi yang strategis merupakan hal terpenting dalam menjalankan pemasaran. Sebelumnya, anda harus sudah mengetahui target pasar anda terlebih dahulu. Misal, anda memiliki bisnis printing dan fotokopi, maka sudah pasti target anda adalah pelajar dan mahasiswa. Nah, lokasi strategis untuk melakukan pemasaran adalah didekat daerah sekolah atau kampus dimana para target pasar banyak berada.

  1. Jalin Hubungan Baik dengan Konsumer

Menjaga kepuasan pelanggan lama tidak kalah pentingnya daripada mendapatkan pelanggan baru. Anda perlu secara konsisten memberikan kepuasan kepada pelanggan lama agar tidak berpindah ke competitor anda.

Berberapa cara yang dapat anda lakukan adalah memberikan potongan harga untuk mereka yang sudah 3 kali membeli produk anda. Atau anda bisa hubungi pelanggan anda secara berkala untuk menawarkan promosi-promosi khusus pelanggan lama.

Kok lumayan ribet ya melakukan promosi?

Melakukan promosi memang tidak mudah, tapi jika berhasil maka efek jangka panjangnya sangat baik bagi pertumbuhan bisnis anda. Mungkin ada sebagian dari anda yang memilih menyewa jasa advertising untuk melakukan kegiatan pemasaran. Itu semua kembali kepada anda.

Yang pasti, suatu bisnis tidak akan berjalan lancar tanpa adanya promosi. Oleh karena itu, perancangan strategi pemasaran produk memegang peran penting dalam meningkatkan penjualan produk anda. Bila saat ini bisnis anda sedang mengalami penuruan penjualan atau anda adalah seorang startup, anda bisa mencoba tips ini untuk meningkatkan penjualan anda.

Related Search

Tags: #Bisnis Online #Informasi #marketing #tips

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama

Leave a reply "10 Tips Jitu Merancang Strategi Pemasaran Produk"

CommentLuv badge

Must read×

Top