var id = "d3b932cbd4ba4e02e8b4dc8bf750ad647ffc23b6"; class="post-template-default single single-post postid-7189 single-format-standard kentooz" id="top">

3 Fase Metamorfosis dalam Daur Hidup Belalang

Di Umum 117 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Daur Hidup Belalang3 Fase Metamorfosis dalam Daur Hidup Belalang – Dikenal sebagai salah satu serangga yang memiliki kemampuan melompat sangat baik, belalang memang punya bentuk tubuh yang ramping dan terlihat atletis. Hal ini membuat mereka bisa bergerak bebas, termasuk melompat hingga jauh.

Serangga yang satu ini juga memiliki kemampuan yang baik ketika terbang, bahkan untuk waktu yang lama. Jadi tidak mengherankan jika belalang bisa bermigrasi hingga ratusan kilometer jauhnya.

Unik dan mengalami metamorfosis yang tidak sempurna

Namun di balik semua kemampuan tersebut, belalang ternyata tidak mengalami metamorfosis yang sempurna sebagaimana serangga lainnya. Di dalam daur hidup belalang hanya terjadi hemimetabola.

Hemimetabola merupakan metamorforfosis yang tidak sempurna, di mana seekor serangga tidak mengalami perubahan bentuk fisik yang signifikan di dalam fase metamorfosisnya tersebut.

3 Fase Metamorfosis dalam Daur Hidup Belalang

Berikut ini adalah 3 fase metamorfosis yang terjadi dalam daur hidup belalang:

  • Fase Telur

Belalang betina akan membutuhkan waktu sekitar 3-4 hari untuk melakukan perkawinan, hingga akhirnya bertelur. Dalam sekali proses bertelur, belalang betina bisa menghasilkan sekitar 10-300 butir telur.

Telur-telur yang sudah dibuahi ini biasanya akan disimpan pada polong telur yang unik seukuran nasi. Polong telur ini biasanya akan dibuat di dalam pasir atau di dedaunan yang dianggap aman oleh belalang betina.

Fase telur pada daur hidup belalang terbilang panjang, jika dibandingkan dengan serangga lainnya. Untuk bisa menetas, dibutuhkan waktu sekitar 10 bulan lamanya.

  • Fase Nimfa

Telur-telur belalang yang sudah menetas disebut sebagai nimfa atau belalang muda. Nimfa akan memakan berbagai dedaunan di sekitarnya untuk bisa bertahan hidup.

Pada fase ini, warna fisik belalang masih terbilang muda dan belum memiliki tekstur kulit yang kuat. Selain itu, belalang muda ini juga tidak memiliki sayap, begitu juga dengan organ reproduksi.

Pada umumnya belalang muda mengalami sekitar 5-6 kali proses pergantian kulit untuk bisa menjadi belalang dewasa. Pada fase ini, struktur tubuh belalang juga akan mengalami perubahan menjadi lebih besar dan ramping.

Nimfa akan memerlukan waktu sekitar 5-10 hari hingga akhirnya mulai mengalami pertumbuhan sayap. Selain itu, ukurannya juga akan berubah drastis, tergantung pada kondisi cuaca dan lingkungan di sekitarnya.

  • Fase imago

Sayap pada belalang muda (nimfa) akan mengalami pertumbuhan maksimal dalam waktu sekitar 25-30 hari. Setelah sayap ini tumbuh dengan sempurna, maka belalangpun masuk dalam fase dewasa.

Belalang dewasa biasa disebut imago, ini merupakan fase terakhir dalam metamorfosis belalang. Imago sudah memiliki kemampuan yang sangat baik untuk terbang maupun melompat dalam jarak yang cukup jauh.

Dalam fase ini belalang juga sudah akan mengalami kematangan seksual setelah 15 hari dan kondisi ini akan bisa bertahan untuk waktu sekitar 30 hari ke depannya.

Secara keseluruhan, usia belalang hanya sekitar 12 bulan saja. Dalam fase daur hidup ini, belalang akan mengalami metamorfosis hingga menjadi belalang dewasa, lalu berkembang biak dan menghasilkan telur.

Namun di dalam perkembangannya pada fase nimfa, belalang hanya memiliki peluang hidup sekitar 50% saja, sebab sisanya akan dimangsa oleh predator di sekitarnya.

Daur hidup belalang dengan metamorfosis yang tidak sempurna

Belalang merupakan salah satu serangga yang mengalami metamorfosis yang tidak sempurna. Hal ini disebabkan oleh perubahan fisiknya yang tidak mengalami banyak perbedaan dalam fase nimfa dan fase dewasa.

Di dalam proses metamorfisisnya, belalang juga termasuk serangga yang memiliki peluang hidup rendah, sebab sebagian belalang akan dimangsa oleh predator pada fase nimfa.

<<<<>>>> 

Pencarian Terkait

Tags: #Informasi

author
Penulis: 
Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut ?
Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut ?
Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut
Beragam Masakan Chinese Food yang Enak
Beragam Masakan Chinese Food yang Enak
Beragam Masakan Chinese Food yang Enak –
Baca Juga×

Top