4 Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Mudah

Di Kesehatan, Vira ID 85 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Cara Membersihkan Karang Gigi 4 Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Mudah – Kesehatan dan juga kebersihan gigi merupakan  suatu hal yang harus anda jaga. Banyak orang yang masih kurang peduli dengan kesehatan gigi mereka sehingga menyebabkan munculnya penyakit gigi. Seperti gigi berlubang dan penyakit gusi yang menjadi populer karena kurang nya peduli dengan kesehatan gigi. Selain itu ada masalah lain yang juga terjadi pada gigi seperti adanya karang pada gigi, jika sudah begitu bagaimana cara membersihkan karang gigi?

Hingga saat ini masih banyak yang belum tahu apa itu karang gigi. Bahkan, banyak yang belum tahu mengenai keberadaan karang di gigi mereka. Karang gigi tidak bisa anda anggap remeh. Jika karang gigi menumpuk di gigi anda, penyakit gigi yang lain bisa terjadi.

4 Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Mudah

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang karang gigi. Karang gigi terjadi karena sisa-sisa makanan yang menempel di gigi anda yang mengandung bakteri atau mikroorganisme yang lain.

Ketika sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dalam waktu yang lama, dapat membentuk plak. Kemudian, plak yang mengeras semakin lama akan menyebabkan karang gigi. Karang gigi terbentuk di permukaan gigi yang tampak di rongga mulut.

Biasanya karang gigi berwarna putih, kuning, hingga hitam. Semakin lama plak-plak gigi yang mengeras, maka warna karang gigi juga semakin pekat. Penyakit karang gigi bisa menyebabkan peradangan pada gusi anda. Selain itu, karang gigi juga bisa menyebabkan bau mulut yang pastinya akan sangat mengganggu.

Nah, oleh karena itu menjaga kesehatan gigi sangat lah penting. Dari kecil kita sudah di tekankan untuk sering gosok gigi. Dengan gosok gigi sebenarnya kita sudah melakukan pencegahan terhadap hal yang bisa menyebabkan gigi sakit. Jika memang di gigi anda sudah ada karang gigi, maka anda harus segera memberihkan atau menghilangkan nya. Lalu, bagaimana cara membersihkan karang gigi? Berikut merupakan beberapa metode yang bisa anda pakai.

  • Scalling

Proses scalling merupakan metode membersihkan karang gigi dengan cara mengikuti bentuk gigi itu sendiri. Tentunya proses ini tidak bisa anda lakukan sembarangan, karena bisa menyebabkan gusi anda terluka. Scalling gigi bisa dilakukan apabila karang gigi di gigi anda sudah parah. Sebaiknya anda melakukan proses Scalling gigi ini pada dokter gigi yang sudah berpengalaman untuk menghindari infeksi pada gusi.

  • Benang Gigi

Cara membersihkan karang gigi berikutnya adalah dengan menggunakan benang gigi. Proses ini dilakukan sebelum kita menyikat gigi. Cara ini bisa anda lakukan dengan menyelipkan benang di antara gigi dengan membentuknya seperti huruf C. Lakukan secara hati-hati agar tidak melukai gusi anda. Ulangi cara ini pada setiap gigi anda. Anda bisa melakukan cara ini sekali setiap hari, supaya pembentukan plak bisa tercegah.

  • Sikat Gigi Secara Teratur

Setelah Anda membersihkan karang gigi dengan menggunakan benang. Selanjutnya anda bisa sikat gigi minimal 2 kali sehari. Menyikat gigi bisa dilakukan saat sesudah sarapan dan sebelum anda tidur. Banyak orang yang mengabaikan kesehatan gigi mereka, karena malas untuk gosok gigi. Padahal gosok gigi bisa membuat kita akan terhindar dari penyakit gigi, salah satunya karang gigi.

  • Berkumur dengan Minyak Kelapa

Cara membersihkan karang gigi tradisional ini sebenarnya berasal dari India. Dengan menggunakan minyak kelapa, dinilai bisa melawan plak yang menyebabkan karang gigi. Minyak kelapa mengandung lauric acid yang memiliki sifat antimicrobial. Cara melakukannya juga sangat mudah, anda cukup berkumur seperti biasa selama 5 menit dengan menggunakan minyak kelapa pada sela-sela gigi, setelah itu buang lah bekas kumur-kumur anda di tisu atau kantong.

Itulah beberapa cara membersihkan karang gigi. Cara diatas diyakini bisa membersihkan karang gigi dengan baik. Selain itu, menjaga kesehatan gigi juga bisa menjadi tindakan pencegahan supaya tidak muncul penyakit gigi anda.

Sumber Gambar : https://www.cosmopolitan.co.id/newtest/vrgallery/teaser/Webp_42_20190315161949O5mZft.jpg

Tags: #Informasi #Kesehatan #tips #Vira ID

author
Penulis: 
Berat Badan Anak Turun dan Susah Makan? Ini Solusnya!
Berat Badan Anak Turun dan Susah Makan? Ini Solusnya!
Berat Badan Anak Turun dan Susah Makan?
Ternyata Mudah! Begini Cara Membuat Desinfektan Sendiri
Ternyata Mudah! Begini Cara Membuat Desinfektan Sendiri
Ternyata Mudah! Begini Cara Membuat Desinfektan Sendiri
Upaya China Fortune Land Development Membantu Masyarakat Selama Pandemi
Upaya China Fortune Land Development Membantu Masyarakat Selama Pandemi
Upaya China Fortune Land Development Membantu Masyarakat
7 Cara Tradisional dan Alami Mengatasi Batuk Berdahak
7 Cara Tradisional dan Alami Mengatasi Batuk Berdahak
7 Cara Tradisional dan Alami Mengatasi Batuk

Tinggalkan pesan "4 Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Mudah"

Baca Juga×

Top