var id = "d3b932cbd4ba4e02e8b4dc8bf750ad647ffc23b6"; class="post-template-default single single-post postid-394 single-format-standard kentooz" id="top">

4 Software Penting Bagi Manajemen Perusahaan

Di Penulis Tamu 8549 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

4 Software Penting Bagi Manajemen Perusahaan – Perusahaan memiliki kecenderungan untuk menghasilkan keuntungan yang besar dengan meminimalkan biaya operasionalnya. Selain itu, sistem manajemen perusahaan yang terkendali dan terukur dapat memudahkan perusahaan lebih berkembang dan bertumbuh lagi.

Saat ini, telah banyak software atau aplikasi yang dapat memudahkan manajemen operasional suatu perusahaan. Perusahaan dengan berbagai jenis usaha atau industri dapat menggunakan software untuk membantu manajemen perusahaan menjadi lebih efisien dan efektif. Ada beberapa software penting bagi manajemen perusahaan diantaranya, yaitu :

1. ERP Software

Software ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan aplikasi perencanaan sumber daya perusahaan untuk berbagai jenis perusahaan mulai dari manufaktur sampai jasa. Software ini bertugas mengotomasikan dan mengintegrasikan proses bisnis yang berkaitan dengan operasional, produksi dan distribusi pada perusahaan tersebut.

Keuntungan penggunaan ERP Software akan dapat meningkatkan produktivitas, pengurangan biaya operasional, arus informasi menjadi lebih baik, dan kinerja manajemen menjadi lebih meningkat. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan dampak positif yaitu adanya penurunan jumlah tenaga kerja, inventori, dan jangka waktu untuk memperoleh informasi serta adanya peningkatan pelayanan dan manajemen keuangan. Jadi, software ERP ini patut dipertimbangkan untuk diterapkan oleh perusahaan jika ingin meningkatkan manajemen perusahaan yang efektif dan efisien.

2. HRIS Software

Software HRIS (Human Resources Information System) merupakan aplikasi yang dapat mengatur tatalaksana dan tatakelola manajemen sumber daya manusia pada suatu perusahaan. Hal ini untuk mendukung proses pengambilan suatu keputusan (Decision Support System) dengan menyediakan informasi yang diperlukan untuk menghasilkan keputusan yang tepat. Software ini termasuk aplikasi penting yang ada dalam suatu perusahaan.

Beberapa fungsi dari software HRIS ini antara lain, yaitu perekrutan dan penerimaan pegawai baru, pendidikan dan pelatihan pegawai, manajemen data, penghentian dan administrasi tunjangan, hubungan antar karyawan, perencanaan karir, dan personalia.

3. Payroll Software

Software payroll merupakan aplikasi manajemen keuangan pegawai. Datanya bersumber dari total semua catatan keuangan upah, gaji pegawai, bonus, dan potongan untuk diberikan selama jumlah waktu tertentu. Patokan jumlah waktunya bisa dua minggu atau sebulan. Pentingnya software ini terletak pada ketepatan pembayaran dan nominal gaji yang tepat. Hal ini pun dapat membuat kondisi perusahaan kondusif karena para pegawai/karyawan menerima gaji yang sesuai.

Perusahaan yang memiliki layanan penggajian yang tepat, tidak akan merasa khawatir kehilangan pegawai ke perusahaan lainnya. Selain memiliki fungsi tersebut, software payroll juga berguna dalam perpajakan sehingga perusahaan mengeluarkan uang untuk pajak sesuai dengan nilainya. Aplikasi ini selain dapat digunakan oleh perusahaan sendiri, dapat juga memakai pihak ketiga yang disebut kontraktor payroll. Mereka yang akan menangani sistem penggajian pegawai dan nanti melaporkan ke perusahaan yang menggunakan jasanya.

4. Accounting Software

Software accounting merupakan aplikasi untuk mempermudah pencatatan keuangan akuntansi. Sistem kerja software ini yaitu mengelompokkan aktivitas yang sama atau serupa ke dalam modul khusus seperti penjualan, pembelian, buku besar, penggajian, dan lainnya. Perusahaan dapat mengembangkan sendiri software accounting ini atau beli dari pihak ketiga yang menjualnya. Aplikasi ini cocok untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang retail seperti cafe, supermarket, restoran, dan lainnya.

Itulah 4 software penting bagi manajemen perusahaan untuk membuat sistem manajemennya menjadi lebih mudah, teratur dan efisien serta efektif. Perusahaan penyedia software diatas saat ini di Indonesia sudah banyak seperti zahiraccounting, dealpos.com, pro-int dinamika, dan lainnya. Jadi, pilihlah perusahaan penyedia software tersebut yang terbukti kualitasnya dan terpercaya.

 

Penulis oleh Fadli Firmansyah
Twitter : @fadfir

Pencarian Terkait

Tags: #erp #Fadli Firmansyah #hris #manajemen perusahaan #payroll #software accounting

author
Penulis: 
Akar Mimang Tumbuhan Keramat yang Bisa Bikin Linglung, Benarkah ?
Akar Mimang Tumbuhan Keramat yang Bisa Bikin Linglung, Benarkah ?
Akar Mimang Tumbuhan Keramat yang Bisa Bikin
13 Manfaat Lobster untuk Kesehatan
13 Manfaat Lobster untuk Kesehatan
Manfaat Lobster – Indonesia kaya dengan hasil lautnya
7 Daftar Software yang Menunjang Produktivitas Work From Home
7 Daftar Software yang Menunjang Produktivitas Work From Home
7 Daftar Software yang Menunjang Produktivitas Work
Ketahui Katuranggan Burung Perkutut Melalui Cara ini
Ketahui Katuranggan Burung Perkutut Melalui Cara ini
Ketahui Katuranggan Burung Perkutut Melalui Cara ini
Baca Juga×

Top