5 Dampak Negatif Keberadaan Smartphone

Di Penulis Tamu 370 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Dampak Negatif Keberadaan Smartphone5 Dampak Negatif Keberadaan Smartphone – Tanpa kita sadari adanya ponsel pintar android sebenarnya memiliki dampak buruk bagi keberadaan manusia, ambil yang paling ringan saja kemungkinan besar atau bahkan 90% dari pengguna smartphone android lebih banyak menghabiskan banyak waktunya untuk berinteraksi dimedia sosial ketimbang didunia nyata, entah itu di Facebook, Instagram ataupun Whatsapp. Selain itu apakah juga berdampak buruk bagi kesehatan kalau terlalu tersering menggunakan ponsel android? Jawabannya adalah ya.

Perlu kamu ketahui sehat itu mahal dan bahkan sangat mahal, tidak sedikit orang sudah mengeluarkan uang sekian puluh juta bahkan ratusan juta untuk berobat hanya ingin merasakan yang namanya sehat, karena sehat itu merupakan nikmat yang paling berharga yang diberikan oleh tuhan pada kita, untuk itu kita harus mensyukuri karunianya dengan cara mejaga kesehatan dan memanfaatkan kesehatan yang kita miliki untuk sesuatu yang lebih bermanfaat,

Selain memang smarthpone android mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia, tapi juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan bila mana penggunaannya tidak terkontrol dan terlalu berlebihan, tidak hanya bagi kesehatan saja tapi juga dalam bersosial di dunia nyata menjadi berkurang karena terlalu berlebihan di dunia maya (media sosial).

5 Dampak Negatif Keberadaan Smartphone

Baiklah seperti yang sudah saya sebutkan di atas mengenai dampak buruk penggunaan smartphone android bagi kesehatan ketika penggunaannya berlebihan, maka bacalah baik-baik supaya kamu tahu dan kamu akan menyayangi kesehatanmu.

Inilah 5 Dampak Buruk penggunaan Android Bagi Kesehatan

1. Ketajaman Mata Berkurang

Ketajaman mata bisa menjadi berkurang bila terlalu sering dan berlama-lama menatap layar smartphone android dan hal ini tidak berlaku pada layar ponsel android saja tetapi pada yang lainnya seperti layar televisi, layar komputer. Kalau penglihatanmu terlalu sering dan terus menerus menatap layar ponsel maka ketajaman matamu lambat laun akan semakin berkurang, untuk itu akan lebih baik bila menjaga waktu dan jangan terlalu berlama-lama saat bermain game atau kegiatan lainnya yang behubungan dengan indra penglihatan dan layar ponsel.

Tidak bisa dipungkiri bahwa mata merupakan jendela dunia, dengan memiliki penglihatan yang sehat dan tajam kita melihat berbagai keindahan alam serta dapat mengenali apa yang ada dihadapan kita dan tentu saja siapapun dia tidak ingin kehilangan semua itu.

Begitu pula pada anak-anak yang sangat suka bermain game android, sebaiknya dibatasi karena sayang anak bukan berarti menuruti segala keinginan si anak, karena bagaimanapun tidak ada orang tua yang mau anak harus menggunakan kaca mata minus/plus diusia muda.

2. Kepala Pusing

Dengan penggunaan smartphone android yang berlebihan juga dapat mengakibatkan kepala pusing terlebih lagi kika menggunakan android sambil tiduran, tentu saja posisi ini memang sangat nyaman ketika main game sambil tiduran namun perlu diketahui bahwa ketika menatap layar smartphone sambil tiduran maka efek radiasi yang diterima akan menjadi lebih kuat ketimbang duduk atau berdiri.

Untuk menghindari hal tersebut maka sebaiknya ketika bermain game android atau yang lainnya selain mengontrol waktu tapi juga lakukannlah dengan posisi duduk saja atau kalau kamu kuat berlama-lama berdiri silahkan berdiri.

3. Susah Tidur Serta Merusak Otak

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa radiasi yang disebabkan oleh layar ponsel android bisa memicu tumbuhnya penyakit tumor otak dan penyakit insomnia, ketika digunakan/menatap layar ponsel secara berlebihan dalam jangka panjang walaupun tidak semuanya menyetujui akan hal ini. tapi memang ketika terlalu berlama-lama menatap layar android akan bisa menimbulkan rasa mual dan sakit di bagian kepala.

Selain mengontrol waktu penggunaan dalam bermain smartphone android, untuk meminimalisir hal tersebut bisa juga menggunakan pelindung mata seperti kaca mata anti radiasi atau bisa juga mengatur kecerahan layar agar tidak terlalu terang karena cahaya biru yang dikeluarkan oleh layar smartphone bisa merangsang hormon pada manusia menjadi susah tidur.

4. Kerusakan Punggung, Nintendonitis dan Gagal Jantung

Ketika seseorang sudah kecanduan dengan yang namanya game android biasanya tanpa sadar dia akan bermain berlama-lama tanpa ia sadari bahkan sampai lupa waktu, kadang tidak menghiraukan keadaan sekitar. Hal semacam ini akan menjadikannya rentan mengalami kerusakan punggung terutama pada bagian bawah, selain itu ketika terlalu sering berlama-lama bermain game android juga bisa mengalami Nintendonitis. Nintendonitis sendiri adalah penyakit yang biasanya si penderita kedapatan kram pada bagian tangan semisal lengan, pergelangan tangan atau pada bagian sikut yang mana bagian-bagian tadi biasanya aktif dan digerakkan ketika bermain game.

Selain bisa mengakibatkan kerusakan punggung dan Nintendonitis efek dari pada smartphone android yang digunakan tidak secara sewajarnya ternyata juga mengakibatkan gagal jantung, hal ini pernah dialami oleh pria asal Hongkong berumur 32 tahun dimana dirinya mengalami gagal jantung dan meninggal dunia dan rupanya hal tersebut diakibatkan karena dia sudah menghabiskan waktu selama dua hari dua malam untuk bermain game di sebuah warnet dan dia ditemukan dalam keadaan sudah tidak bernyawa lagi.

5. Kecelakaan

Tentu saja bagi mereka yang sudah kecanduan dengan yang namanya game android/sosial media hal ini terkadang membuat mereka menjadi lalai bahwa yang mereka lakukan dapat membahayakan dirinya dan orang lain seperti halnya yang pernah saya temukan ada orang yang sambil menyetir sambil memegang ponselnya dan sepertinya sedang mengoprasikannya, entah dia sedang bermain game atau sedang chating namun orang ini masih beruntung karena tidak sampai terjadi kecelakaan karena ditegur oleh pengguna jalan yang lain.

Mengemudikan kendaraan sambil mengoprasikan/memainkan ponsel selular sangat tidak dibenarkan karena sangat beresiko kecelakaan selain berbahaya bagi dirinya sendri juga bagi pengguna jalan dan pengendara lain.

Itulah beberapa dampak negatif keberadaan smartphone android jika digunakan tidak dalam batas penggunaan yang wajar. Untuk itu gunakanlah smartphone sesuai dengan kebutuhan saja jangan sampai terlalu berlebihan, karena pada hakekatnya teknologi diciptakan untuk memudahkan bukan untuk mencelakakan.

sayangi badanmu karena kalau kamu tidak menyayangi dirimu sendiri, ingatlah akan ada orang yang kamu sayangi dan merasa sedih ketika melihatmu sakit.

Sumber Gambar : https://kecklojen.malangkota.go.id/wp-content/uploads/sites/25/2016/09/gambar1.jpg

Tags: #Cak Iyan #Informasi #Smartphone #Teknologi

author
Penulis: 
5 Bahan Editing Video Wajib Dimiliki Youtuber
5 Bahan Editing Video Wajib Dimiliki Youtuber
5 Bahan Editing Video Wajib Dimiliki Youtuber
7 Rekomendasi HP Terbaik, Spek Dewa dan Harga Murah (2020)
7 Rekomendasi HP Terbaik, Spek Dewa dan Harga Murah (2020)
7 Rekomendasi HP Terbaik, Spek Dewa dan
10 Situs Berita Bola Terbaik di Indonesia
10 Situs Berita Bola Terbaik di Indonesia
10 Situs Berita Bola Terbaik di Indonesia
Harga Knalpot SC Project Full Sistem Slip On Paling Baru 2020
Harga Knalpot SC Project Full Sistem Slip On Paling Baru 2020
Harga Knalpot SC Project Full Sistem Slip
  1. author

    Djangkaru Bumi1 tahun yang lalu

    Mudah pusing yang sering saya alami, cahaya hape itu yang kadang bikin silau jika terlalu lama memantengin layar. Apalagi saya memang sukanya melihat hape dengan posisi sambil tidur.

    Balas
  2. author

    aplikasi pencari lokasi1 tahun yang lalu

    Ternyata dampaknya seremm bangett..

    Balas

Tinggalkan pesan "5 Dampak Negatif Keberadaan Smartphone"

Baca Juga×

Top