5 Fungsi Tes Kepribadian Psikologi dalam Dunia Kerja

Di Content Placement, Umum 233 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Tes Kepribadian5 Fungsi Tes Kepribadian Psikologi dalam Dunia Kerja – Dalam setiap perekrutan karyawan baru oleh sebuah perusahaan terdapat berbagai macam rangkaian tes yang harus dijalani pelamar. Rangkaian tes tersebut bagian dari seleksi sehingga harus dilakukan dengan benar dan akurat. Salah satu tes yang selalu ada ketika perekrutan karyawan baru adalah tes kepribadian psikologi. Tes tersebut memiliki banyak fungsi penting berkaitan dengan kepribadian dan psikologi dari calon karyawan yang sangat dibutuhkan. Sebagai pencari kerja atau karyawan HRD yang akan memberikan tes, Anda harus tahu apa saja fungsi tes tersebut sebelum melakukannya. 

5 Fungsi Tes Kepribadian dan Psikologi

Tes kepribadian atau tes psikologi merupakan tes yang dilakukan untuk menilai secara khusus bagaimana kepribadian dari seseorang mulai dari tingkat stress, performa dalam bekerja, dorongan bawah sadar, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini 5 fungsi penting tes kepribadian psikologi sehingga dibutuhkan dalam dunia kerja.

  1. Lebih Efektif Ketika Merekrut Karyawan

Proses rekrutmen karyawan baru akan jauh lebih efektif jika menggunakan tes kepribadian atau tes psikologi. Perusahaan dapat menilai karyawan terbaik lebih akurat sehingga meminimalisir ketidakcocokan calon karyawan dengan bidang kerja yang dipilih. Lain halnya jika perusahaan tidak menggunakan tes ini untuk merekrut karyawan, maka karyawan yang dipilih bisa saja mengalami ketidakcocokan dengan bidang kerja sehingga tidak betah bekerja dan ingin resign.

  1. Bisa Mengetahui Kepribadian Karyawan

Yang terpenting dalam tes kepribadian adalah untuk mengetahui kepribadian dari calon karyawan. Kepribadian digunakan sebagai tolak ukur bagaimana mereka bekerja, apakah bertanggung jawab atau tidak. Untuk menilai kepribadian seseorang memang cukup sulit karena tidak bernilai pasti. Perusahaan membutuhkan alat tes yang akurat seperti platform Mettl. Platform tersebut memiliki koleksi tes yang beragam termasuk tes psikometri untuk mengetahui tingkah laku serta kepribadian seseorang.

  1. Bisa Melihat Kecerdasan dan Potensi Karyawan

Kecerdasan dan potensi karyawan sangat penting dalam dunia kerja untuk membantu proses berkembangnya sebuah perusahaan. Tidak hanya kecerdasan intelektual saja yang diukur namun juga kecerdasan emosional dan spiritual. Terutama untuk posisi dengan jabatan tinggi seperti menejer dan supervisor yang membutuhkan ketiga kecerdasan tersebut. Sedangkan potensi berhubungan dengan minat dan bakat calon karyawan. Apakah minat dan bakat mereka sudah seimbang dan sesuai dengan pekerjaan yang dipilihnya.

  1. Bisa Menentukan Rencana Penempatan Karyawan

Hasil dari tes kepribadian psikologi dapat membantu perusahaan untuk menentukan rencana penempatan karyawan. Tidak hanya pada calon karyawan baru saja, fungsi ini juga bisa diberikan pada karyawan lama yang berhak mendapatkan promosi. Perusahaan berkembang biasanya membuka banyak departemen baru sehingga membutuhkan karyawan. Jadi karyawan lama posisinya bisa berubah sesuai dengan kebutuhan. Tes ini bisa digunakan untuk menempatkan karyawan pada posisi tersebut.

  1. Melakukan Penilaian Kinerja

Disamping prestasi yang dimiliki, tes juga bisa digunakan sebagai penilaian kerja dari karyawan lama. Hasilnya bisa dijadikan bahan evaluasi oleh perusahaan, sudah sejauh mana kontribusi yang diberikan karyawan tersebut. Platform tes online seperti Mettl memberikan fitur lengkap termasuk dengan laporan khusus yang dapat memprediksi karyawan berprestasi.

Itulah 5 fungsi tes kepribadian psikologi dalam dunia kerja yang harus Anda ketahui. Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, Anda bisa memanfaatkan https://mettl.com/id-id/. Dengan platform tersebut, Anda bisa melakukan berbagai macam tes untuk mendapatkan karyawan terbaik. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dibandingkan Anda harus melakukan tes secara manual. Tidak hanya perusahaan atau instansi saja, Anda sebagai pencari kerja juga bisa memanfaatkannya.

Sumber Gambar : https://www.jobstreet.co.id/id/cms/employer/wp-content/uploads/sites/21/2018/07/Tes-Kepribadian-Pra-Kerja-5-Contoh-Gratis-untuk-HR.png

Tags: #Informasi

author
Penulis: 
Upaya China Fortune Land Development Membantu Masyarakat Selama Pandemi
Upaya China Fortune Land Development Membantu Masyarakat Selama Pandemi
Upaya China Fortune Land Development Membantu Masyarakat
Menangkan Ratusan Juta Rupiah dari Giveaway Raja IT
Menangkan Ratusan Juta Rupiah dari Giveaway Raja IT
Menangkan Ratusan Juta Rupiah dari Giveaway Raja
3 Cara Jualan Online Tanpa Modal dengan Omset Besar
3 Cara Jualan Online Tanpa Modal dengan Omset Besar
3 Cara Jualan Online Tanpa Modal dengan
5 Cara Memilih Pekerjaan Sesuai Passion
5 Cara Memilih Pekerjaan Sesuai Passion
5 Cara Memilih Pekerjaan Sesuai Passion –

Tinggalkan pesan "5 Fungsi Tes Kepribadian Psikologi dalam Dunia Kerja"

Baca Juga×

Top