var id = "d3b932cbd4ba4e02e8b4dc8bf750ad647ffc23b6"; class="post-template-default single single-post postid-6950 single-format-standard kentooz" id="top">

5 Jenis Vaksin Dewasa yang Perlu Diketahui

Di Kesehatan, Umum 116 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Vaksin Dewasa5 Jenis Vaksin Dewasa yang Perlu Diketahui – Vaksin merupakan senyawa yang memiliki fungsi untuk menjaga sistem imun dan membentuk kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. Pemberian vaksin dewasa bisa dengan cara disuntikan ataupun diteteskan pada mulut. Vaksinasi hanya boleh dilakukan oleh tim medis yang ada di Rumah Sakit.

5 Jenis Vaksin Dewasa yang Perlu Diketahui

Pemberian vaksin dilakukan untuk menambah produksi antibodi supaya bisa menangkal berbagai penyakit. Vaksin sendiri ada banyak jenis dan kandungan di dalamnya. Masing-masing akan memberikan perlindungan terhadap tubuh. Berikut ini jenis-jenis vaksin yang diperlukan orang dewasa:

1. Vaksin Hepatitis A Hepatitis B

Hepatitis A biasanya penting diberikan kepada orang-orang yang khusus bekerja di tempat-tempat penyajian makanan. Contohnya seperti restoran, rumah makan, cafe, pasar, ataupun supermarket. Ini karena penyakit yang disebabkan virus Hepatitis A adalah kotoran yang tersebar melalui makanan.

Sedangkan Hepatitis B adalah virus yang menyebabkan infeksi dan peradangan pada organ hati. Penyakit ini biasanya tidak terdeteksi sampai bertahun-tahun, dan baru diketahui jika sudah semakin parah. Keadaan tubuh yang semacam ini besar kemungkinan akan berkembang menjadi kanker hati.

2. Vaksin Influenza

Menurut World Health Organization, vaksin dewasa influenza adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyakit influenza. Pemberian vaksin ini biasanya akan dilakukan dalam jangka waktu satu tahun sekali pada saat usia antara 20 tahun ke atas.

Seperti yang diketahui, influenza adalah penyakit flu yang paling sering menyerang tubuh yang lemah. Biasanya orang banyak mengidap penyakit ini pada musim penghujan. Ini bisa terjadi karena adanya virus yang menginfeksi saluran pernapasan seseorang.

3. Vaksin HPV

Pemberian vaksin HPV untuk orang dewasa bertujuan agar terhindar dari virus yang bernama Human Papilloma Virus. Jika Anda belum tahu penyebab utama seorang wanita terkena kanker serviks, virus inilah biang dari penyakit tersebut. HPV juga biasanya menyerang kelamin pria berupa kutil.

Waktu paling baik memberikan vaksin HPV adalah saat berumur remaja menginjak dewasa. Mengapa? Karena vaksin ini lebih efektif bekerja saat seseorang belum aktif berhubungan seksual. Jika Anda belum mendapatkannya, konsultasikan ke dokter untuk segera diberikan vaksinasi.

4. Vaksin Pneumonia

Vaksin Pneumonia berfungsi untuk menurunkan resiko seseorang terkena pneumonia. Penyakit ini adalah peradangan pada organ paru-paru yang dipicu oleh bakteri yang bernama Streptococcus. Penderita biasanya akan mengalami gangguan saluran pernapasan bagian bawah.

Orang yang mempunyai sistem imun rendah dan daya tahan tubuh yang lemah biasanya sangat mudah diserang penyakit ini. Penularannya sering melalui udara yaitu saat terkena orang yang sedang bersin, batuk, atau bicara. Vaksin ini wajib diberikan kepada seseorang yang sudah berusia di atas 65 tahun.

5. Vaksin Tetanus, Pertusis, dan Difteri

Jenis paket vaksin ini diberikan upaya terhindar dari penyakit tetanus, pertusis, dan difteri atau biasanya disebut batuk rejan. Sebenarnya vaksin ini tidak hanya untuk orang dewasa saja, tetapi juga disarankan untuk anak yang aktif imunisasi sejak balita.

Baca Juga : Pentingnya Social Distancing Sebagai Bentuk Pencegahan Penularan Virus Corona

Untuk lebih jelasnya mengenai vaksin dewasa ini, bisa diketahui lebih detail di Halodoc. Aplikasi tersebut akan membantu menemukan banyak informasi tentang kesehatan, gizi, obat, vitamin dan berbagai macam penyakit. Selain itu, di sana Anda juga bisa berkonsultasi dengan beberapa ahli medis.

Jika masih binggung terkait vaksin, Anda bisa masuk ke halaman resmi dari Halodoc.com Di sana, akan dibimbing oleh beberapa dokter ahli yang siap memberi solusi terbaik. Selain itu, terdapat pula layanan konsultasi gratis dan juga pembelian obat di apotek terdekat.

Itulah beberapa jenis vaksin dewasa yang harus diberikan. Pemberian vaksin sangat penting dan dianjurkan secara medis. Itu alasan mengapa sejak kecil seseorang harus diberi vaksin agar terhindar dari penyakit. Jika Anda memiliki masalah kesehatan dan butuh saran dokter, pakailah aplikasi Halodoc.

Sumber Gambar : https://www.motherandbaby.co.id/lkgallery/teaser/medicine-health-care_36325-178_48_20190718151942.jpg

Tags: #Informasi #Kesehatan

author
Penulis: 
13 Manfaat Lobster untuk Kesehatan
13 Manfaat Lobster untuk Kesehatan
Manfaat Lobster – Indonesia kaya dengan hasil lautnya
Pengertian, Manfaat, dan Contoh Portofolio Kerja
Pengertian, Manfaat, dan Contoh Portofolio Kerja
Pengertian, Manfaat, dan Contoh Portofolio Kerja –
Cara Membuat Ayam Bakar Mudah dan Lezat
Cara Membuat Ayam Bakar Mudah dan Lezat
Cara Membuat Ayam Bakar Mudah dan Lezat

Tinggalkan pesan "5 Jenis Vaksin Dewasa yang Perlu Diketahui"

Baca Juga×

Top