6 Cara Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan

Di Laptop 82 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Cara Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan6 Cara Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan – Laptop adalah alat elektronik yang memiliki banyak fungsi untuk semua kalangan. Baik dari siswa sekolah, mahasiswa, pekerja, bahkan untuk para gamers. Tetapi ingat, jangan asal pilih laptop jika tidak ingin kecewa. Anda harus tahu cara memilih laptop yang tepat.

6 Cara Memilih Laptop yang Bagus dan Tidak Lemot

Ada banyak laptop dengan berbagai merk dan tipe. Anda harus bisa memilih spesifikasi laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda seorang desainer grafis maka laptop yang Anda butuhkan harus memiliki spesifikasi RAM yang tinggi agar tidak lemot saat digunakan.

Berikut ini adalah cara memilih laptop yang disadur melalui situs : koneksia.com sesuai dengan kegunaan dan kebutuhan penggunanya. Beberapa brand seperti asus, acer, dan toshiba memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Jadi Anda harus cermat sebelum memilih atau membeli laptop.

  • Memilih Laptop Gaming

Anda pecinta game? Sebaiknya pilih spesifikasi laptop yang bisa mendukung aktivitas gaming Anda, di antaranya:

  1. Ukuran RAM minimal 8GB agar performa laptop tidak berat atau lemot.
  2. Jika game Anda memiliki kapasitas yang kecil, pilih tipe penyimpanan berupa Solid State Drive (SSD) agar kinerja laptop lebih baik dan cepat.
  3. Jika game Anda berukuran cukup besar, pilih tipe penyimpanan Hard Disk (HDD). Hal ini karena HDD memiliki kapasitas lebih besar dibandingkan dengan SSD.
  4. Ketahuilah urutan prosesor yang cocok untuk kebutuhan Anda.
  • Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan

Apakah Anda masih bingung untuk memilih laptop? Simak detail spesifikasi utama pada laptop dan fungsinya di bawah ini agar Anda bisa semakin yakin untuk membeli laptop yang sesuai.

  1. RAM (Random Acces Memory) berpengaruh pada kecepatan saat membuka aplikasi. Ukuran RAM tersedia mulai dari 2 GB sampai 32 GB.
  2. Processor disebut juga sebagai otak komputer. Processor terdiri dari dua jenis, yaitu AMD dan Intel. Processor berfungsi untuk mengontrol seluruh kinerja dalam laptop.
  3. Video Graphics Accelerator (VGA) berfungsi untuk menampilkan data grafis. Semakin tinggi spesifikasi VGA maka semakin bagus gambar atau grafis yang ditampilkan.
  4. Hard Disk Drive (HDD) adalah tempat penyimpanan dalam laptop. Semakin besar kapasitas HDD maka semakin banyak aplikasi yang dapat disimpan.
  • Memilih Laptop untuk Mahasiswa

Jika Anda seorang mahasiswa, tentu tidak lepas dari aplikasi Microsoft Word untuk mengetik teks dokumen. Aplikasi Microsoft Word masih tergolong ringan untuk dijalankan, maka Anda cukup pilih laptop dengan spesifikasi utama yaitu RAM 4GB, HDD 1TB, dan layar 14 inchi.

  • Memilih Laptop untuk Kerja

Hampir sama dengan tugas Mahasiswa, Anda para pekerja kantoran juga tidak jauh-jauh dari Microsoft Office seperti word, excel, atau power point. Laptop dengan RAM 4 GB dan HDD 1 TB sudah cukup untuk mendukung pekerjaan Anda.

  • Memilih Laptop untuk Anak Sekolah

Siswa sekolah sangat membutuhkan pengetahuan yang banyak. Jadi, selain spesifikasi utama meliputi RAM, processor, maupun HDD, siswa juga butuh koneksi internet yang lancar. Agar internetan berjalan lancar, pilih laptop dengan tipe processor Core 17.

  • Memilih Laptop Bekas/Second yang Bagus

Anda ingin membeli laptop bekas? Tidak masalah, yang penting Anda harus perhatikan hal-hal berikut ini sebelum membelinya:

  1. Cek kondisi laptop secara menyeluruh, misalnya pada body laptop apakah ada goresan atau tidak.
  2. Cek layar monitor atau LCD laptop, Anda bisa mencoba menyalakannya agar bisa melihat lebih jelas.
  3. Cek seluruh soket dengan teliti.
  4. Cek baterai dan chargernya, pastikan keduanya masih berfungsi dengan baik.
  5. Cek perangkat lunaknya, misalnya spesifikasi RAM, HDD, processor, dan lain-lain.
Sumber Gambar : https://i.pinimg.com/originals/40/eb/51/40eb5102740570eb7b54e826f17e5033.png

Tags: #Informasi #Laptop #Teknologi #tips

author
Penulis: 
3 Laptop Gaming Terbaik Dibawah 15 Jutaan
3 Laptop Gaming Terbaik Dibawah 15 Jutaan
3 Laptop Gaming Terbaik Dibawah 15 Jutaan
Perhatikan Tips Beli Laptop Gaming Berkualitas Biar Nggak Nyesel
Perhatikan Tips Beli Laptop Gaming Berkualitas Biar Nggak Nyesel
Jika Anda termasuk orang yang memerhatikan perkembangan
Asus ROG Strix Hero Edition, Laptop Gaming Tipis Worth It
Asus ROG Strix Hero Edition, Laptop Gaming Tipis Worth It
Asus ROG Strix Hero Edition adalah salah

Tinggalkan pesan "6 Cara Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan"

Baca Juga×

Top