var id = "d3b932cbd4ba4e02e8b4dc8bf750ad647ffc23b6"; class="post-template-default single single-post postid-6876 single-format-standard kentooz" id="top">

7 Cara Tradisional dan Alami Mengatasi Batuk Berdahak

Di Kesehatan 36 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

7 Cara Tradisional dan Alami Mengatasi Batuk Berdahak 7 Cara Tradisional dan Alami Mengatasi Batuk Berdahak  – Batuk berdahak adalah salah satu penyakit yang cukup menganggu kegiatan sehari hari.Penyakit ini dapat menyebabkan tenggorokan merasa sangat gatal sehingga membuat suara menjadi serak.Biasanya batuk berdahak menjadi tanda adanya infeksi virus atau bakteri, terlebih pada anak anak.Meski berpotensi dapat mengganggu tidur dan kegiatan sehari hari, tetapi batuk berdahak ini merupakan penyakit berbahaya dan dapat bisa disembuhkan dengan cepat.

7 Cara Tradisional dan Alami Mengatasi Batuk Berdahak

Jika batuk berdahak yang dialami sudah sangat menganggu, maka supaya bisa cepat sembuh pastinya kamu harus segera minum obat. Tetapi daripada repot repot beli obat batuk berdahak di apotek, tidak ada salahnya kamu mencoba terlebih dahulu mengatasi batuk berdahak dengan menggunakan obat tradisional dan alami yang ada dirumah.

Berikut dibawah ini beberapa cara tradisional dan alami mengatasi batuk berdahak diantaranya yaitu :

  1. Madu

Madu adalah salah satu obat tradisional yang dipercaya efektif dapat mengatasi batuk berdahak.Madu ini bisa kamu konsumsi secara langsung ataupun mencampurkannya dengan the hangat. Madu juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati batuk alami untuk anak diatas usia 1 tahun. Pasalnya madu ini dapat menyebabkan botulisme pada anak berusia dibawah 1 tahun.

  1. Jus Jeruk

Kandungan vitamin C didalam jus jeruk dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta mengatasi infeksi virus penyebab batuk berdahak dengan cepat.Untuk mengatasi batuk berdahak, kamu bisa meminum jus jeruk atau memakan langsung buah jeruk dua kali sehari hingga dirasa membaiknya gejala batuk.

  1. Air Putih

Saat kamu mengalami batuk berdahak, maka sangat penting untukmu untuk selalu menjaga tubuh supaya selalu terhidrasi.Dengan mengkonsumsi air putih, terlebih air hangat ternyata dapat membantu supaya tenggorokan kamu tidak kering dan meradang.

  1. Jahe

Kandungan anti peradangan dan antioksidan dalam jahe sangat bagus untuk melawan batuk berdahak.Caranya adalah dengan mencampurkan jahe kedalam teh hangat, lalu minum dua kali sehari hingga dirasa membaik kondisimu.

  1. Cengkeh

Kandungan antibakteri dalam cengkeh sangat cocok untuk melawan infeksi saluran pernapasan atas.Caranya adalah dengan mencampurkan cengkeh kedalam air medidih.Kemudian biarkan mendidih selama 10 menit, lalu saring, dan air cengkeh pun siap diminum.

  1. Air Garam

Air Garam juga dapat kamu manfaatkan sebagai cara mudah dan cepat untuk mengobati batuk berdahak. Pasalnya air garam dapat membantu mengurangi dahak dan lendir yang ada dibelakang tenggorokan, serta dapat mengurangi keinginan untuk batuk.Caranya adalah dengan mencampurkan setengah sendok teh garam kedalam air hangat, lalu aduk hingga larut.Kemudian tunggu hingga airnya menjadi agak dingin lalu kumur selama 30 detik. Tetapi cara ini sebaiknya tidak dilakukan anak anak, karena mereka masih belum bisa berkumur dengan benar, dan jika air garamnya tertelan dapat membahayakan.

  1. Uap Panas

Tenggorokan yang sedang mengalami batuk berdahak juga dapat dilegakan dengan uap panas.Caranya mudah, kamu hanya perlu mandi atau berendam dengan air panas lalu biarkan kamar mandinya terisi uap panas. Atau cara lainnya adalah dengan mengisi mangkuk besar dengan air panas. Kamu cukup mencampurkan minyak esensial seperti eukaliptus atau rosemary yang dapat melegakan tenggorokan.Setelah itu tempatkan wajahmu diatas mangkuk lalu taruh handuk di kepala supaya uap tidak keluar.Hiruplah uapnya selama 5 menit.Jika kamu merasa uapnya itu terlalu panas di kulit, berhentilah hingga kulitmu menjadi normal kembali.

Tags: #Informasi #Kesehatan #tips

author
Penulis: 
6 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria
6 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria
6 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria –
Lotion Khusus untuk Mengatasi Eksim pada Bayi
Lotion Khusus untuk Mengatasi Eksim pada Bayi
Lotion Khusus untuk Mengatasi Eksim pada Bayi

Tinggalkan pesan "7 Cara Tradisional dan Alami Mengatasi Batuk Berdahak"

Baca Juga×

Top