7 Tips Menghilangkan Gejala Konsumtif Anak Sejak Dini

7 Tips Menghilangkan Gejala Konsumtif Anak Sejak Dini

Rizkyzone.com – Beberapa waktu lalu netizen pengguna social media dihebohkan oleh hasil penelitian. Generasi 70-an sampai 90-an adalah dinilai sebagai orang yang paling bahagia. Generasi ini dianggap lebih kreatif dan bersahabat dengan alam. Mereka bisa membuat permainannya sendiri dan bebas berinteraksi dengan alam sekitar.

Berbeda dengan anak-anak zaman sekarang yang lebih nyaman bermain di mall dan pusat perbelanjaan, bahkan minimarket. Kebiasaan senang mengajak anak bermain ke tempat-tempat seperti ini tidak disadari oleh para orangtua telah membuat anak mereka jadi konsumtif. Anak-anak jadi senang membeli barang dan meminta uang pada orangtuanya.

Gejala Konsumtif Pada Anak Mereka akan merengek untuk meminta dibelikan mainan, makanan, atau masuk ke wahana permainan. Bahkan kini mereka senang mengunduh aplikasi permainan berbayar dari fasilitas tablet atau smartphone yang diberikan ayah atau ibunya. Keakraban anak-anak dengan internet dan iklan TV memperparah keadaan, membuat mereka lebih mudah tergiur untuk membeli produk yang ditampilkan. Apalagi di musim liburan, iklan mainan dan hiburan anak semakin gencar.

Akibat yang muncul bukan hanya dilihat dari segi finansial. Bukan hanya orangtua yang harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk menyenangkan anak-anaknya, tapi mental anak-anak inipun mengalami penurunan. Mereka hanya menghargai waktu sebagai momen untuk bermain dan berbelanja. Mereka akan selalu meminta mainan dan hiburan baru yang membutuhkan uang. Dari sinilah sifat matre dan hedonis mulai tertanam pada diri anak.

Anda tentu tidak ingin, bukan, anak-anak memiliki mental matre di usianya yang masih belia? Bayangkan apa jadinya kalau anak hanya menghargai segala sesuatu dari nilai uang. Yang berasal dari keluarga kaya akan melakukan bullying, sementara yang berasal dari keluarga kekurangan akan menjadi korban bully. Mereka tidak akan mau belajar dan berlatih mandiri, jika tidak dibayar dengan sesuatu yang bernilai uang.

Sudah saatnya para orangtua mulai membenahi pola asuh pada anak. Beberapa hal berikut ini bisa diterapkan di waktu bermain anak, sehingga mereka tidak ketergantungan pada hal-hal yang bernilai uang saja.

  1. Membuat Mainan Sendiri

Ada banyak sekali tutorial untuk membuat mainan anak-anak sendiri tanpa Anda harus membeli. Misalnya membuat mainan mobil dan pesawat dari kardus, menggunakan wortel untuk menggambar, atau berkreasi dengan kertas lipat. Dengan begini mereka akan terbiasa bermain dengan barang-barang sederhana yang ada di sekitarnya, bukan hanya dengan mainan canggih berharga mahal.

  1. Kenalkan dengan Permainan Minim Alat

Banyak juga permainan yang minim alat atau bahkan tidak menggunakan mainan sama sekali. Masih ingat dengan permainan hide and seek dan membuat kemah dari selimut yang dulu biasa Anda lakukan? Nah, sekarang, coba ajak mereka untuk melakukan permainan serupa. Mereka akan belajar bahwa hal yang seru tidak harus dengan mainan mahal atau ke theme park.

  1. Ajak Bercerita

Anak-anak senang sekali bercerita. Meski terkadang cerita mereka susah dipahami, dan pembicaraan antara sesama anak kecil kerap tidak nyambung, bercerita adalah cara yang ampuh untuk melatih kemampuan berbahasa, sopan-santun, serta kepercayaan diri. Sesekali, adakan sesi bercerita saat keluarga besar berkumpul untuk liburan. Anak-anak dan sepupunya yang masih kecil diajak untuk mendengarkan cerita dongeng atau cerita masa kecil kakek-neneknya. Pasti seru karena itu adalah dunia yang baru bagi mereka.

  1. Hadiah Berupa Pengalaman

Setelah melakukan ketiga hal di atas, anak-anak akan memiliki pengalaman berharga yang akan selalu mereka ingat. Pengalaman memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan hadiah mainan. Pengalaman akan memberikan mereka banyak pelajaran hidup yang akan terus dibawa sampai dewasa. Sementara mainan hanya akan digunakan sesaat saja sampai rusak, hilang, atau digantikan mainan yang baru. Sesekali, Anda boleh mengajak mereka menonton sirkus, pertunjukan opera anak, atau Ajak anak Anda untuk mengulas dan menceritakan kembali pengalamannya.

  1. Melakukan Aktivitas Orang Dewasa

Ada banyak sekali aktivitas orang dewasa yang bisa dilakukan oleh anak kecil. Di antaranya membuat kue kering, menanam bunga, dan memelihara binatang. Anda mungkin tidak sadar, bahwa anak-anak senang melakukan dan meniru apa yang dilakukan orang dewasa. Misalnya ikut mencuci piring, menyapu, dan memasak. Namun, orang dewasa sering menganggap ini sebagai gangguan dan malah menyuruhnya bermain. Padahal, mengajak anak-anak untuk melakukan aktivitas tersebut sejak dini justru bisa menumbuhkan kemandirian. Mulai saat ini, biasakan melibatkan mereka dalam berbagai aktivitas seperti membuat kue, membereskan mainannya sendiri, merawat kebun, dan bermain dengan binatang.

  1. Ajak Dalam Kegiatan Sosial

Anda tidak harus mengajak mereka ikut dalam kegiatan bakti sosial di panti asuhan. Meminta mereka untuk memberikan sedikit uang dan makanan kepada para tuna wisma di jalan pun cukup untuk mengajarkan bahwa mereka tidak boleh selalu merengek minta mainan. Anda pun perlu sabar dan terus menjelaskan bahwa anak-anak harus selalu bersyukur atas apa yang dimiliki.

  1. Belanja Secara Online

Toko dan mall didesain sedemikian rupa agar bisa menarik perhatian pengunjung, termasuk anak-anak. Saat ini banyak sekali anak yang selalu merengek minta ke mall atau ke supermarket agar bisa membeli mainan dan snack kesukaannya. Untuk itu, ada baiknya Anda belanja secara online. Selain lebih hemat waktu dan tenaga, belanja online di situs seperti ShopBack bisa menghemat pengeluaran tiap bulan. Anak pun tidak kecanduan berkunjung ke toko dan sifat konsumtif mereka berkurang.

Dengan begini, mereka akan memahami bahwa kesenangan tidak hanya diperoleh dari mainan dan tempat bermain yang mahal-mahal saja. Anda boleh sesekali membelikan mereka mainan atau mengajak ke theme park, sekadar untuk memberikan pengalaman atau hadiah tahunan.

Penulis >> Irvan Sanjaya

Related Search

Tags: #Informasi #Irvan Sanjaya #tips

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu –

Leave a reply "7 Tips Menghilangkan Gejala Konsumtif Anak Sejak Dini"

CommentLuv badge

Must read×

Top