Anda Penderita Diabetes? Ganti Beras Anda dengan Beras Merah

DiabetesAnda Penderita Diabetes? Ganti Beras Anda dengan Beras Merah – Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan melonjaknya gula di dalam darah karena tubuh tidak mampu menghasilkan hormon insulin. Hormon ini bertugas mengendalikan kadar gula di dalam darah. Gejala diabetes yang paling mudah dideteksi adalah sering buang air kecil, tubuh sering kelelahan, bisul dan kulit kering gatal-gatal, kesemutan, memar sukar sembuh, cepat lapar dan haus, penglihatan kabur dan berat badan turun.

Dalam jangka panjang, penyakit diabetes tipe 2 dapat mengakibatkan luka (biasanya pada kaki) yang tidak bisa sembuh dan membusuk sehingga harus diamputasi. Sayangnya, diabetes adalah penyakit yang dapat diturunkan pada generasi selanjutnya. Seseorang yang memiliki orang tua diabetes, sangat mungkin terkena penyakit ini.

Ada banyak cara untuk mengontrol kadar gula di dalam darah, salah satunya dengan mengganti makanan pokok, beras putih dengan beras merah.

Kelebihan Beras Merah

Pertama, perlu dipahami bahwa kunci dari penyembuhan penyakit diabetes adalah membuat pankreas sebagai penghasil insulin berfungsi dengan baik. Jadi, sangat penting memperhatikan kesehatan pankreas dan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi.

Beras merah mengandung kadar gula rendah dan masih terbungkus oleh lapisan berwarna cokelat sehingga masih mengandung serat, vitamin dan mineral. Indeks glikemiknya rendah di mana gula dilepaskan secara lambat ke dalam darah. Sedangkan, beras putih hanya mengandung pati belaka dan kadar gulanya tinggi. Saya sendiri sudah mencoba mengonsumsi beras merah, yang ternyata lebih mengenyangkan ketimbang beras putih dan lebih tahan lama disimpan di rice cooker. Tips: sebagai latihan mengonsumsi beras merah, dicampur dahulu dengan beras putih. Nanti lama-kelamaan diganti sepenuhnya dengan beras merah.

Baca Juga >> 7 Penyebab Diabetes Melitus yang Seringkali Tak Disadari

Beras merah memang kurang populer jika dibandingkan dengan beras putih. Para petani juga lebih cenderung menanam beras putih karena permintaan pasar yang tinggi dan waktu simpan beras putih dapat lebih lama ketimbang beras merah. Di pasaran, harga beras merah lebih mahal daripada beras putih. Saat artikel ini ditulis, harga beras merah di toko beras mencapai Rp 12-14 ribu per kilo, sementara beras putih mencapai Rp 10-12 per kilo. Tidak berbeda jauh.

Sebagai tambahan untuk penyembuhan diabetes, kuncinya ada pada pankreas harus selalu dijaga. Pankreas tidak hanya memproduksi insulin, tapi juga memproduksi enzim pencernaan. Pankreas menghasilkan enzim amilase untuk mencerna karbohidrat; tripsin untuk mencerna protein, dan; lipase untuk mengurai lemak. Sehingga ada teori yang bernama cara makan Food Combining yang menganjurkan meringankan kerja pankreas dengan tidak mencampurkan pati (karbohidrat) dengan protein hewani agar kerja pankreas lebih ringan. Protein hewan dikonsumsi tersendiri bersama sayuran dan kacang-kacangan (produk kedelai); karbohidrat dikonsumsi tersendiri bersama sayuran dan kacangan-kacangan. Menurut para penganut Food Combining, cara ini akan mampu menyembuhkan diabetes dalam waktu dua bulan saja.

Khasiat lainnya

Beras merah sangat baik untuk diet dan menurunkan kolestoreal. Kandungan seratnya menjadikan bahan pangan ini baik untuk kesehatan usus dan mencegah terjadinya batu empedu. Kandungan thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, dan niacin menjadikannya sebagai anti oksidan. Magnesium dan vitamin D di dalam beras merah baik untuk tulang dan gigi.

Jika Anda peduli dengan kesehatan jangka panjang, maka Anda harus mengganti beras Anda dengan beras merah.

Penulis >> Raihan Akbar (http://www.sinopsisfilmbioskopterbaru.com/)

Related Search

Tags: #Informasi #Kesehatan #Raihan Akbar

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama

Leave a reply "Anda Penderita Diabetes? Ganti Beras Anda dengan Beras Merah"

CommentLuv badge

Must read×

Top