Apa itu Retail ? Simak Ulasan Selengkapnya!

Di Advertorial, Umum, Vira ID 225 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Apa itu RetailApa itu retail ? Mungkin itulah yang saat ini ada dalam fikiran Anda. Retail merupakan satu atau lebih aktivitas yang menambah nilai produk dan jasa kepada pihak konsumen, baik itu untuk kebutuhan keluarga ataupun untuk keperluan pribadi saja. Saya yakin Adan akan berpikir bahwa Alfamart/Indomart merupakan retail yang sesungguhnya. Padahal faktanya berbisnis dalam dunia retail sangatlah menarik sebab disini memerlukan ketelitian.

Bahkan dari saking menariknya ada yang slogan yang berkata “retail is detail”. Slogan tersebut adalah sebuah tanda bahwa orang yang ingin berkecimpung dalam dunia retail haruslah orang yang mau bekerja keras, kreatif mempuntai ketelitian secara detail dalam setiap aktfitasnya.

Apa itu Retail ? Simak Ulasan Selengkapnya!

Perlu Anda ketahuia retail tidak selalu berhubungan dengan kebutuhan sehari-hari yang biasa dijual di Alfamart atau Indomart. Misalkan saja Pizza Hut, McD dan KFC merupakan contoh retail makanan yang sukses di Indonesia. Selain itu, Anda juga harus mengetahui bahwa retail mencangkup dalam dunia jasa seperti Air Asia, Prudential dan TIKI yang menawarkan retail dalam bentuk service atau jasa.

So, ini dapat di simpulkan bahwa retail bisa menjual produk atau jasa, yang tergantung kebutuhan pasar saat ini. Beberapa barang dan Jasa yang kita nikmati saat ini tidak terlepas dari jasa retail, dimana retail membantu produsen ataupun distributor dan konsumen supaya setiap kebutuhan akan keduanya dapat terpenuhi.

Mengenal Ragam Dunia Retail

Mungkin Anda belum memahami bahwa retail ini banyak macamnya, dan menurut beberapa ahli secara garis besar dunia retail dibagi 4 bagian, yakni peran dan fungsi retail, strategi retail, merchandising management serta store managemen.

Dalam dunia retail terdapat beberapa proses yang dilakukan oleh badan-badan usaha sebelum barang tersebut sampai pada setiap konsumen. Dan aktifitas ini dalam dunia bisnis dinamakan supply chain. Perlu Anda ketahui badan usaha tersebut diantaranya Produsen/pabrik => Distributor/suplier => Retailer => Konsumen. Secara teknis retail ini alurnya berjalan secara vertical, tetapi dengan perkembangan zaman sistem ini mengalami pembaharuan yang lebih modern.

Alur Perjalanan Bisnis Retail

Seperti yang di jelaskan di atas bahwa retail berjalan secara vertical. Agar dapat memahami secara rinci, simak ulasanya di bawah ini!

Produsen/Pabrik

Produsen/pabrik merupakan sebuah badan usaha yang memproduksi dari bahan mentan/setengah menjadi barang setengah jadi/jadi. Pada umumnya Produsen/pabrik akan memerlukan jasa pihak ketiga atau biasa kita kenal dengan Distributor/suplier dan retailer. Hal itu bertujuan agar  barang yang diproduksinya dapat sampai kepada tangan konsumen. Tetapi beberapa produsen ada yang menjual langsung kepada konsumen demi memangkas pengeluaran ataupun memperoleh persentase keuntungan dengan porsi yang lebih besar lagi. Contoh perusahaan yang menjual langsung pada setiap konsumennya adalah Nike dan Apple. Dalam dunia bisnis kondisi ini dinamakan Vertical Integration.

Distirbutor/Suplier

Distributor/suplier merupakan sebuah badan usaha yang bertanggungjawab menyalurkan produk dari produsen/pabrik pada retailer ataupun konsumen. Distributor pada umumnya hanya akan melayani pengiriman dalam jumlah besar untuk memotong biaya transportasi.

Retailer

Retailer atau eceran adalah salah satu badan usaha yang mendistribusikan barang/jasa pada konsumen, pada umumnya mereka menjual secara eceran. Retailer memiliki peranan penting baik dalam pendistribusiannya ataupun mempromosikan barang tertentu pada khalayak ramai.

Dengan penjelasan singkat yang telah di ulas di atas mengenai bisnis retail, Anda pasti telah memahaminya bukan ? Atau setidaknya Anda telah mengetahui bagaimana gambaran apa itu retail dalam dunia bisnis. Dimana memang pada tahun 2019 ini, bisnis retail telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Sumber Gambar : https://www.intermodal-logistics.eu/imagini/2016/07/retail-1.png

Tags: #Informasi #jasa #marketing #Vira ID #Wirausaha

author
Penulis: 
Ternyata Mudah! Begini Cara Membuat Desinfektan Sendiri
Ternyata Mudah! Begini Cara Membuat Desinfektan Sendiri
Ternyata Mudah! Begini Cara Membuat Desinfektan Sendiri
Upaya China Fortune Land Development Membantu Masyarakat Selama Pandemi
Upaya China Fortune Land Development Membantu Masyarakat Selama Pandemi
Upaya China Fortune Land Development Membantu Masyarakat
Menangkan Ratusan Juta Rupiah dari Giveaway Raja IT
Menangkan Ratusan Juta Rupiah dari Giveaway Raja IT
Menangkan Ratusan Juta Rupiah dari Giveaway Raja
3 Cara Jualan Online Tanpa Modal dengan Omset Besar
3 Cara Jualan Online Tanpa Modal dengan Omset Besar
3 Cara Jualan Online Tanpa Modal dengan
  1. author

    Djangkaru Bumi12 bulan yang lalu

    Retail ini yang kadang mematikan usaha menengah kebawah.
    Karena stock ritail terjamin keberadaannya.
    Kadang produsen pabrik mainnya langsung ke retail, demi menghemat biaya gudang.

    Balas
  2. author

    Astriatrianjani12 bulan yang lalu

    Jadi inget pelajaran ekonomi pas sekolah dulu. Tapi dulu nggak ngeh, dan baru tahu juga kalau alfamart, bahkan kfc juga termasuk retail….

    Balas

Tinggalkan pesan "Apa itu Retail ? Simak Ulasan Selengkapnya!"

Baca Juga×

Top