Waktuku

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)

In Advertorial, Inboundid, Umum 340 views

Badan Koordinasi Penanaman ModalBadan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)Rizkyzone.com Pemerintah yang menaungi suatu negara selalu dibantu beberapa oragnisasi atau departemen untuk menjalankan tugasnya. Karena tidak mungkin pemerintah akan bergerak dengan sendirinya dalam menangani seluruh kepentingan negara. Untuk itulah dalam sebuah sistem pemerintahan terdiri dari banyak departemen. Salah satu di antaranya adalah BKPM.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)

Apa itu BKPM?

BKPM adalah salah satu lembaga pemerintah non departemen yang bergerak dalam bidang penanaman modal. Lembaga ini dibentuk oleh presiden, sehingga pertanggungjawabannya pun ke presiden secara langsung. Lembaga yang memiliki kepanjangan Badan Koordinasi Penanaman Modal ini mengurusi semua hal tentang penanaman modal baik di dalam maupun di luar negeri.

Keberadaan lembaga pemerintah non departemen ini adalah untuk membawa Indonesia menjadi lebih hidup dalam sistem penanaman modal. Sehingga masyarakat akan difasilitasi dan diarahkan untuk melakukan cara berinvesasi yang baik.

BKPM ini merupakan lembaga penyempurna dari lembaga penanaman modal sebelumnya, yakni BPPMA (Badan Pertimbangan Penanaman Kapital Asing). Keberadaan lembaga penanaman modal ini memiliki tujuan untuk memberikan panduan kegiatan penanaman modal asing. Yakni dengan memberikan bantuan pertimbangan terhadap penanaman modal asing di Indonesia. BPPMA ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Penanaman Modal Asing pada tahun 1967 silam.

Namun, kelemahan dari adalah tidak memiliki wewenang untuk menerbitkan surat izin penanaman modal. Untuk itulah pada tahun 1973 dibentuklah BKPM. Karena lembaga ini dibentuk langsung oleh pemerintah, lembaga ini memang memiliki tujuan yang matang. Yakni salah satunya adalah memiliki kekuatan hukum untuk memberikan pengarahan dan perlindungan terhadap penanaman modal asing maupun dalam negeri.

Tugas BKPM

  1. Mengkaji tentang kebijakan penanaman modal berskala nasional
  2. Menyusun kebijakan penanaman modal
  3. Merumuskan peraturan penanaman modal, baik dalam negeri maupun luar negeri.
  4. Memberikan pendampingan dan koordinasi secara penuh terhadap penyusunan program penanaman modal di daerah-daerah
  5. Mengkoordinasikan program penanaman modal internasional dengan nasional.
  6. Memfasilitasi setiap program penanaman modal di dalam maupun di luar negeri
  7. Mengelola data tentang jalannya program penanaman modal
  8. Memberikan pendampingan dan pembinaan secara continue tentang program penanaman modal.
  9. Menyelenggarakan pelayanan administrasi terhadap jalannya proses penanaman modal
  10. Mengendalikan teknis penanaman modal
  11. Memberikan izin terhadap kegiatan penanaman modal
  12. Selalu memberikan info terkini tentang perkembangan pasar modal, sehingga para penanam modal tidak akan ketinggalan informasi
  13. Mensinkronkan peraturan penanaman modal
  14. Memiliki kewenangan untuk mengarsipkan semua hal tentang penanaman modal.

Selain tugas di atas, lembaga pemerintah non departemen ini juga memberikan tata cara berinvestasi dengan benar, yakni dengan melalui 3 termin cakupan yang sudah diatur di dalamnya. Ketiga cakupan di atas adalah termin persiapan, termin konstruksi, dan termin siap produksi atau operasi.

1. Termin Persiapan

Tahap ini merupakan tahap awal bagi para penanam modal. Mereka harus mendaftarkan diri secara resmi ke pemerintah

2. Termin Konstruksi

Pada termin ini, izin yang sudah didapat setelah pendaftaran selang 6 bulan, maka akan segera diproses.

3. Termin Siapa Produksi atau Operasi

Termin ini adalah tahap pelaksanaan. Setelah mendapatkan izin untuk menanam modal, maka hal selanjutnya yang akan dilakukan adalah dengan melaksanakan proses penanaman modal yang sudah disepakati dengan BKPM.

Dengan adanya BKPM ini, maka para calon penanam modal akan lebih paham tentang semua hal yang harsu diurus ketika akan melakukan investasi. Selain itu, kegiatan investasi di negeri ini akan berkembang karena ada lembaga pemerintah non departemen yang khusus mengurusinya.

Suka dengan Artikel diatas, Yuk di Share ke Sosial Media Kalian

Related Search

Tags: #Inboundid #Informasi

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Waktuku.Com Portal Berita Nasional Terupdate
Waktuku.Com Portal Berita Nasional Terupdate
Waktuku.Com Portal Berita Nasional Terupdate – Rizkyzone.com
Fastpay.co.id Solusi Pembayaran Semua Kebutuhan
Fastpay.co.id Solusi Pembayaran Semua Kebutuhan
Fastpay.co.id Solusi Pembayaran Semua Kebutuhan  – Rizkyzone.com

Leave a reply "Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)"

CommentLuv badge
Must read×

Top