Beberapa Hal Unik dan Menarik Tentang Kawasan Industri di Indonesia

Beberapa Hal Unik dan Menarik Tentang Kawasan Industri di Indonesia – Kawasan Industri yang terurus dan tertata dengan baik, pasti selalu di dukung oleh beberapa hal yang unik dan menarik. Hal ini tentu bertujuan untuk meningkatkan kinerja para pekerja atau buruh yang ada dikawasan industri tersebut sehingga buruh bisa hidup sejahtera dan nyaman. Terkait hal ini, pemerintah khususnya Indonesia sangat memperhatikan dan mendukung hal-hal tersebut di kawasan industri. Tidak tanggung-tanggung, dana miliyaran bahkan triliyunan rupiah pun rela dikeluarkan untuk mendukung program ini. Ketertarikan pemerintah untuk mendukung program ini adalah agar mampu menarik para investor-investor asing sehingga perekonomian negara bisa makin berkembang.

Dewasa ini, beberapa kawasan industri yang ada di Indonesia bahkan sangat gencar dalam memberikan sesuatu yang menarik. Tengok saja kawasan indutri Pulogadung, Jababeka, atau kawasan industri ModernCikande yang ada di Indonesia. Mereka berlomba-lomba memberikan sesuatu yang menarik demi memuaskan para penghuinya, mereka pun menyediakan website sendiri dengan cara yang menarik untuk para investor-investor asing, seperti jiep.co.id untuk kawasan industri pulogadung, jababeka.com untuk Jababeka yang ada di bekasi, dan modern-cikande.co.id untuk kawasan industri di Banten. Sehingga tak heran jika banyak pengusaha dan investor asing yang rela menggelontorkan dana atau membuka usahanya di kawasan industri ini. Apa saja hal yang menarik tersebut, mari kita lihat:

7 Hal Unik dan Menarik di Kawasan Industri

Kawasan Industri

1.    Jalan umum

Mungkin jalanan umum ini terkesan tidak menarik dan biasa untuk Anda, namun akan beda cerita jika jalanan ini didanai oleh sebuah kawasan Industri. Mereka akan membuat dan mendesign jalanan tersebut dengan baik dan juga dekat dengan jalan tol. Lihat saja akses jalanan umum yang dibuat di kawasan industri Pulogadung, mereka memfasilitasi jalanannya dengan beton cor 25 cm dan sangat lebar, kenapa? Karena jalanan tersebut menjadi jalur yang sangat penting bagi banyaknya truck atau mobil besar perusahaan yang melewatinya dan juga penting untuk roda perekonomian, bayangkan jika jalanan yang ada dikawasan industri itu rusak dan berlubang, pastinya perekonomian yang ada di kawasan industri tersebut juga akan terkena imbasnya. Satu hal lagi yang unik dari jalanan di kawasan industri adalah kemacetan. Walaupun mereka membuat jalanannya dengan lebar dan tebal tapi jika jam masuk atau pulang kerja pasti selalu macet karena makin banyaknya intensitas kendaraan yang di lalui dan keluar masuknya bus karyawan pada jam tersebut.

2.    Jauh dari Mall

Umumnya di kawasan-kawasan industri tidak ada mall, dan sangat jauh dari mall. Tapi walaupun tidak ada mall, masih ada minimarket seperti indomart atau alfamart di kawasan tersebut. Untuk makanan, kawasan ini di dominasi oleh warteg, ketoprak, bubur ayam, atau makanan cepat saji lainnya yang tradisional.

3.    Buruh

Kawasan industri tidak lepas dari buruh atau pekerja. Buruh dikawasan industri tidak sedikit, bahkan ada yang bisa sampai puluhan ribu buruh dan rata-rata dari mereka adalah kaum perantau jadi, jangan heran jika dihari libur atau week-end kawasan ini menjadi sangat sepi karena para pekerjanya banyak yang mencari hiburan diluar atau pulang kampung. Satu lagi yang unik dari mereka juga adalah selalu meakai seragam dengan corak dan warna yang sama.

4.    Sallary

Sallary atau gaji yang diterima para pekerja di kawasan Industri umumnya diterima pada akhir bulan melalui bank. Maka jangan kaget juga jika Anda melihat banyaknya antrean di ATM pada akhir bulan, bahkan mini market atau SPBU yang ada ATM-nya tidak luput dari serbuan para buruh yang ingin mengambil gaji mereka.

5.    Jam kerja

Jam kerja yang di atur di kawasan industri pada umumnya 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 4 minggu sebulan. Mereka menerapkan jam kerja shifting yang di atur dan di putar bergiliran demi mencapai target produksi diperusahaan.

6.    Demo

Anda akan melihat banyaknya para pekerja yang demo di kawasan industri, terutama pada Mayday, atau hari buruh sedunia. Bahkan ada slogan “Belum sah tinggal dikawasan industri kalau belum demo.” Mereka melakukan hal ini demi mengutarakn segala bentuk aspirasi kepada para atasannya.

7.    Perumahan dan Kos-kosan

Tidak jauh beda dengan kawasan kampus, di kawsan industri dalam radius beberapa meter pasti akan selalu ada perumahan dan kos-kosan yang tersedia. Dari yang harganya tinggi sampai yang harganya murah.

Unik dan menarik untuk dibahas bersama bukan? jika Anda mempunyai hal-hal yang unik dan menarik tentang kawasan industri juga, mungkin bisa memberikan komentarnya agar bisa di bahas dan sharing. Terimakasih.

Penulis >> Ibnu Ismail

Related Search

Tags: #Ibnu Ismail #Informasi

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama
  1. author

    Sham1 year ago

    di malaysia sarananya juga baik cuma para pengusaha industri jarang menitik berat hal-hal bersangkutan kelestarian alam. Tentu sekali hasil keluaran (waste) habis merusak semuanya sekali. Bau busuk juga bisa dihidu jauh berbatu. Pihak berwajib juga gagal memain peranan kerana masalah politik yang tak habis2

    Reply
    • author
      Author

      Rizkyzone.com1 year ago

      di Indonesia mungkin juga ada industri yang tak memperhatikan lingkungan, cuma kadang yang lebih menonjol hanya sisi bagusnya saja.

      Reply
  2. author

    Suta Igede1 year ago

    Jika suatu daerah menjadi kawasan industri tertentu, maka salah satu peluang usaha yang menjajikan yaitu membangun apartment/kos-kosan. Hal ini merupakan cara yang umumnya dipraktekkan orang untuk mendulang rejeki, asalkan modal mumpuni. Gimana Sob?

    Reply
    • author
      Author

      Rizkyzone.com1 year ago

      bener banget tuh, saya ada saudara di surabaya, malah jualan makanan sederhana, tapi omsetnya, gile bener..

      Reply

Leave a reply "Beberapa Hal Unik dan Menarik Tentang Kawasan Industri di Indonesia"

CommentLuv badge

Must read×

Top