Berbagai Macam Jenis Talenan, Fungsi dan Cara Perawatannya

TalenanRizkyzone.com – Salah satu alat dapur yang harus ada untuk membantu proses memasak adalah talenan. Benda yang dibuat dengan berbagai macam bahan ini tentu saja dapat sangat membantu kita ketika sedang memotong bahan makanan yang akan dimasak. Talenan sengaja dibuat dengan berbagai jenis bahan yang disesuaikan dengan fungsi talenan itu sendiri. Ada talenan yang dibuat khusus untuk memotong ikan, daging, sayur dan lain sebagainya.

Namun, tahukah anda bahwa ternyata masing-masing jenis Talenan memiliki fungsi yang beragam? Untuk memahaminya, berikut akan saya berikan ulasan lengkap tentang penggunaan talenan yang benar berdasarkan bahan pembuatannya.

Yang pertama adalah talenan berbahan kayu. Talenan berbahan kayu merupakan jenis talenan yang paling banyak kita temui. Perlu anda ketahui, kayu merupakan bahan yang dapat keropos sehingga dapat membuat bakteri bahan makanan mentah masuk kedalamnya. Oleh sebab itu, talenan bahan kayu dipakai hanya untuk memotong sayur, buah dan roti. Agar dapat lebih tahan lama, talenan kayu sebaiknya langsung dibersihkan kemudian dikeringkan setelah memakainya. Hal ini tentu saja berguna untuk menghindari pertumbuhan jamur.

Talenan bahan bambu. Meski tak sebanyak talenan bahan kayu, namun talenan bambu juga ada dan diciptakan untuk memotong buah, sayur dan roti. Tak jauh berbeda dengan talenan berbahan kayu, bambu juga banyak memiliki pori-pori yang dapat mempermudah masuknya kuman. Apalagi jika anda meletakkannya ditempat yang lembap. Tentu saja talenan akan ditumbuhi jamur. Oleh sebab itu, pastikan untuk meletakkannya pada tempat yang kering dan bersih agar dapat tahan lama.

Talenan yang ketiga adalah talenan plastik. Talenan yang berbahan polietilen ini merupakan talenan yang paling banyak disarankan oleh para juru masak didunia. Selain praktis, talenan plastik juga lebih tahan lama dan mudah dibersihkan. Karena tidak memiliki pori-pori , talenan jenis ini digunakan sebagai alas pemotong daging, ikan dan bahan makanan sejenisnya. Meskipun pisau memiliki sisi yang sangat tajam, bahan plastik pada talenan tidak akan mudah patah ataupun tergores.

Nah, dari semua jenis talenan yang ada, sebaiknya anda memiliki 2 jenis talenan didapur yakni talenan kayu dan talenan plastik. Tentu saja ini berhubungan dengan fungsi masing-masing benda tersebut. Jangan lupa untuk membersihkan talenan kayu menggunakan minyak agar dapat lebih taha lama dan terhindar dari bakteri. Sedangkan untuk talenan plastik, segera cuci ketika usai menggunakannya agar selalu bersih dan tetap awet.

Related Search

Tags: #Informasi

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu –

Leave a reply "Berbagai Macam Jenis Talenan, Fungsi dan Cara Perawatannya"

CommentLuv badge

Must read×

Top