Bola Dan Biji Bekel Permainan Tradisional Asli Jawa Tengah

Bola Dan Biji Bekel Permainan Tradisional Asli Jawa Tengah

Bekel merupakan salah satu jenis pemainan tradisional yang ada di Indonesia dan berasal dari daerah Jawa Tengah. Biasanya permainan ini dimainkan oleh anak – anak ketika waktu senggang atau juga sepulang sekolah secara bersama sama. Permainan bola bekel kebanyakan di amainkan oleh anak perempuan berusia sekiatar 7 -10 tahun dan jumlah untuk pemainnya dalam sekali permainan adalah 2 sampai dengan 4 orang, dan peraturan permainan bola bekel ini biasanya disesuaikan dengan kesepakatan bersama antar pemaian.

Alat yang digunakan pada saat permaianan bola bekel anatara lain ialah bola karet. Merupakan bola yang terbuat dari karet dan ukurannya sebesar bola ping pong dan ada juga yang berukuran seperti bola golf. Ciri khas bola bekel sendiri ialah dengan warnanya yang berfariasi dan juga memiliki motif menarik. Biji bekel memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan ukuran bola bekel ini. Biji bekel biasaya terbuat dari kuningan. Pada saat memainkan permainan ini dibutuhkan sekitar 10 biji bekel dan biji bekel sendiri memiliki 4 sisi bebeda.

Cara Bermain Bola Bekel.

Bola dan Biji BekelUntuk memainkan permaianan ini pertama – tama bola dan biji bekel digenggam menjadi satu selanjutnya bola dilempar kurang lebih dengan ketinggian 30 cm. kemudian setelah bola turun dan juga memantul biji bekel dilepas dengan posisi secara acak. Kemudian lempar bolanya lagi dan kita mengambil biji bekel secara satu per satu, selanjutnya dua – dua, dan kemudian tiga – tiga dan dilanjutkan seterusnya hingga biji bekel habis.

Dan untuk yang kedua biji bekel yang telah dilepas dari genggaman kemudian dibalik hingga mendapatkan posisi menghadap ke bagian atas atau terlentang. Selanjutnya semua biji bekel yang sudah terlentang dikembalaikan lagi ke posisi semula yaitu pada bagian tengkurap. Setelah itu, biji bekel yang sudah tengkurap dikembalika lagi posisinya hingga bagian yang halus bisa menghadap atas. Dan pada bagian akhir permainan kita harus mengubah posisi pada bagian yang halus harus menghadap bagian bawah kembali.

Untuk bagian ketiga pada permaianan ini akan dinyatakan berhenti atau selesai dengan istilah mati apabila pada saat pengambilan biji bekel apabila tangan pemain menyentuh atau juga mengenai biji bekel yang lain yang ada pada permaian dan pemenagnya ditentukan oleh pemain yang pertama menyelesaikan permainan ini.

Related Search

Tags: #Informasi #Mainan #Tokopedia

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu –

Leave a reply "Bola Dan Biji Bekel Permainan Tradisional Asli Jawa Tengah"

CommentLuv badge

Must read×

Top