Bolehkah Pakai Lebih dari 1 Aplikasi Pinjaman Uang?

Di Content Placement 277 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Aplikasi Pinjaman UangBolehkah Pakai Lebih dari 1 Aplikasi Pinjaman Uang? – Sebenarnya, nggak ada larangan buat kamu untuk pakai lebih dari satu aplikasi pinjaman uang sekaligus.

Tapi, belajar dari kasus yang sudah-sudah tentang aplikasi pinjaman uang, nyatanya sebagian besar orang yang terjerat utang fintech menggunakan lebih dari satu aplikasi dalam satu waktu. Atau, singkatnya, menganggap aplikasi fintech sebagai dana cadangan, bukan sebagai instrumen kredit.

Nggak cuma itu, ada juga sebagian orang yang awalnya iseng coba-coba apply pinjaman online di berbagai aplikasi untuk menguji ‘keberuntungan’ sekaligus berjaga-jaga kalau pengajuannya ditolak di aplikasi terkait, masih ada aplikasi lainnya.

Yang kemudian terjadi, semua pengajuan di aplikasi terkait ternyata disetujui, dana cair, lalu pinjaman membludak sementara tenor pengembalian singkat dan suku bunga tinggi. Kalau sudah gini, salah siapa?

Harus diakui, maraknya pertumbuhan aplikasi pinjaman online saat ini belum dibarengi dengan edukasi yang mumpuni soal fintech dan cara kerjanya. Proses pengajuan dan pencairan ke fintech memang jauh lebih cepat, tapi perlu diingat bahwa rata-rata suku bunganya juga tinggi dan tenornya singkat.

Penggunaan lebih dari 1 aplikasi pinjaman online sangat bisa dihindari apabila kamu sebagai penggunanya tidak memiliki sifat aji mumpung dan menyadari bahwa menggunakan fintech sama dengan artinya menambah beban utang. Selain itu, supaya terhindar dari godaan pakai lebih dari 1 aplikasi fintech, kamu juga perlu membekali diri dengan kemampuan mengatur keuangan yang baik.

Sebagai langkah awal, kamu bisa menerapkan formula 50-30-20 untuk mengatur keuangan bulanan: 50% untuk kebutuhan hidup sehari-hari, 30% untuk kebutuhan hiburan dan cicilan, dan 20%-nya lagi untuk asuransi dan tabungan.

Gimana kalau tertarik apply pinjaman uang ke fintech karena ada kebutuhan mendesak di suatu waktu?

Boleh aja, tapi satu kuncinya: jangan malas melakukan riset! Riset yang dimaksud di sini adalah soal kredibilitas dan keamanan fintech yang kamu pilih. Sebelum cari aplikasi pinjaman ke Google Play Store atau App Store, utamakan untuk membuka situs OJK lebih dulu untuk melihat daftar fintech yang legal dan sudah terdaftar. Pilih 5 atau 10 fintech yang terdaftar, kemudian cari informasi sebanyak-banyaknya tentang calon fintech yang akan kamu gunakan tersebut, baik dari situs atau aplikasinya sendiri, kolom review pengguna lain di Google Play/App Store, hingga ke forum-forum online.

Selain keamanan, cari tau juga soal suku bunganya dan masa tenor pinjaman yang ditawarkan. Kalau kamu kesulitan menemukan informasi perihal suku bunga dan tenor, maka jangan gunakan fintech tersebut. Artinya, fintech tidak memiliki transparansi soal suku bunga pinjaman sehingga dikhawatirkan di kemudian hari, suku bunga bisa berubah-ubah dan muncul biaya tersembunyi yang bakal menambah beban pinjamanmu.

Jika harus menggunakan fintech, supaya lebih maksimal dan meminimalisir godaan untuk menggunakan fintech lainnya, kamu bisa pilih fintech yang menyediakan beragam fasilitas kredit, misalnya Kredivo. Nggak cuma buat pinjaman online, Kredivo juga bisa dipakai buat kredit online di e-commerce, pesan tiket pesawat, beli pulsa, token listrik, paket data, sampai bayar tagihan rutin bulanan seperti BPJS Kesehatan, Telkom, dan PDAM.

Ketika daftar Kredivo, khususnya akun Premium, kamu akan diberikan sejumlah limit kredit non tunai di akun Kredivo-mu. Limit ini yang nantinya bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan dan fasilitas kredit yang tersedia.

Mau kredit barang? Kamu bisa gunakan limit Kredivo untuk cicilan di lebih dari 250 e-commerce mulai dari Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, JD.id, dan masih banyak yang lainnya. Butuh pinjaman dana? Kamu bisa cairkan limit jadi pinjaman tunai lewat fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo yang ada di aplikasi Kredivo. Mau nyicil tiket pesawat? Bisa langsung lewat aplikasi Kredivo ataupun di Online Travel Agent yang sudah bekerja sama dengan Kredivo mulai dari tiket.com, pegipegi.com, Panorama Tours, dan masih banyak lagi. Jadi, nggak ada alasan lagi buat coba-coba aplikasi pinjaman sejenis.

Selain all in one, Kredivo juga satu-satunya fintech yang saat ini menerapkan suku bunga paling rendah dan sesuai kebijakan Bank Indonesia. Baik untuk kredit barang atau pinjaman uang tunai, suku bunganya cuma 2,95% per bulan. Sementara untuk tenor kredit barang pilihannya mulai dari 3, 6, hingga 12 bulan, sedangkan untuk pinjaman tunai, tenor yang tersedia mulai dari 30 hari, 3 bulan, dan maksimal hingga 6 bulan.

Nggak cuma perkara suku bunga yang jauh lebih rendah, Kredivo juga merupakan fintech pinjaman online yang bisa memberikan limit kredit maksimal sampai Rp 30 juta. Di saat fintech pinjaman uang lainnya membatasi limit mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 3 juta untuk tenor maksimal 14 hari hingga 30 hari. Tapi, jangan senang dulu. Nggak ada jaminan kamu bakal dapat limit maksimal Rp 30 juta. Semua kembali lagi pada besaran penghasilan dan histori kredit yang pernah kamu jalani sebelumnya. Sebab, sebagai lembaga multifinansial, Kredivo juga menganalisa kondisi keuanganmu sebelum menyetujui pendaftaran akun dan memberikan limit. Biasanya, makin besar penghasilan & makin baik histori kredit, makin besar juga peluang kamu buat dapat limit yang besar.

Tertarik coba Kredivo? Download aplikasinya sekarang lewat smartphone-mu di Google Play Store atau App Store!

Tags: #APK Android #Informasi #jasa #promosi produk

author
Penulis: 
3 Tips Memilih Hunian di Daerah Jakarta Timur
3 Tips Memilih Hunian di Daerah Jakarta Timur
3 Tips Memilih Hunian di Daerah Jakarta
Ingin Travelling Ke Eropa? Pakai Pinjaman Tanpa Agunan Ini
Ingin Travelling Ke Eropa? Pakai Pinjaman Tanpa Agunan Ini
Ingin Travelling Ke Eropa? Pakai Pinjaman Tanpa

Tinggalkan pesan "Bolehkah Pakai Lebih dari 1 Aplikasi Pinjaman Uang?"

Baca Juga×

Top