Cara Cek Kondisi Baterai Laptop dengan Mudah

Cara Cek Kondisi Baterai Laptop dengan Mudah

Kalian pasti penasaran dengan tingkat kualitas baterai laptop kalian dan juga tipe-tipenya, selain itu pasti juga penasaran soal kondisinya. Ternyata untuk mengecek kondisi, tipe, dan mereknya sangatlah mudah, dan pastinya tanpa dengan mencopot baterai anda untuk mengeceknya ESR meter, caranya hanya dengan memakai fasilitas Powercfg dan aplikasi yang ada pada windows kita. Kenapa ya baterai saya gampang drop? Kenapa ya gampang lowbat? Kenapa ya cepat banget habisnya? Nah hal itu semua dapat kita lihat dengan cara yang yang begitu mudah.

Cara Cek Kondisi Baterai LaptopSebenarnya cara-cara cek kondisi baterai laptop tersebut terdapat dua versi, ada yang melalui software bawaan windows yaitu melalui cmd, dan ada juga yang melalui software external atau perlu kita download dan install terlebih dahulu. Namun kita kali ini akan memagikan cara menggunakan cmd terlebih dahulu karena dirasa lebih mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut

Buka cmd

Langkah yang pertama yaitu anda tinggal membuka cmd. Caranya klik start menu lalu tulis cmd di kolom pencarian yang tersedia. Setelah ketemu aplikasi cmd tersebut lalu klik kanan terus klik “run as administrator”, dan cmd berhasil terbuka.

Setelah terbuka, ketikkan powercfg energy lalu tekan enter

Setelah terbuka, anda bisa langsung mengetikkan “powercfg energy” (tanpa tanda petik). Misalnya yang keluar adalah C:\Windows\System32> maka jadikan seperti ini C:\Windows\sytem32>powercfg energy lalu tekan enter.

Tunggu system memeriksa kondisi baterai anda

Tunggu sampai system cmd tersebut memeriksa semua baterai anda. Waktu memeriksa tersebut mungkin memerlukan waktu paling lambat adalah 60 detik. Setelah system memeriksa maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

CMDBuka link yang tertera disitu melalui browser anda

Setelah system memeriksa semua kondisi baterai laptop anda, maka anda akan diberikan link untuk mengetahui spesifikasi baterai anda saat ini dan dapat anda buka melalui browser. Misalnya disitu terdapat tulisa See C:\Users\MRHANDS\energy-report.html for more details, maka anda bisa mengetikkan C:\Users\MRHANDS\energy-report.html di address bar browser anda dan langsung search.

Perhatikan spesifikasi baterai laptop anda

Nah setelah membuka link tersebut, anda akan diberikan spesifikasi kondisi baterai anda saat ini. Spesifikasi ersebut mungkin terdapat di bawah dan anda harus scroll ke bawah sampai menemukan kondisi contohnya adalah

Battery : Battery Information

Battery ID
Manufacturer
Serial Number
Chemistry
Long Term
Design Capacity
Last Full Charge
6035SMPDELL Y61CV22
SMP
6035
LION
1
66600
41825

Yang perlu kalian perhatikan disitu adalah Design Capacity dan juga Last Full Charge. Dan disinilah anda memulai untuk bermain matematika karena untuk menentukan kondisi baterai anda harus menggunakan presentase persen. Untuk cara menghitungnya yaitu Last Full Charge dibagi dengan Design Capacity dan dikali 100. Dalam hal ini contohnya adalah 41825:66600×100 = 62%. Hal itu menunjukkan kondisi baterai anda masih 62%. Mungkin jika nilai persenannya antara 20-30 persen maka itu sudah disebut dengan kondisi drop. Dan apabila nilai persenannya tidak bisa melebihi 6% maka baterai anda sudah rusak parah.

Related Search

Tags: #Informasi #Komputer #Laptop #tips #Tokopedia

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama

Leave a reply "Cara Cek Kondisi Baterai Laptop dengan Mudah"

CommentLuv badge

Must read×

Top