Cara Menentukan Bahan Bakar yang Tepat Bagi Motor Kita

In Otomotif

Cara Menentukan Bahan Bakar yang Tepat Bagi Motor Kita – Memang saat ini sangat banyak sekali bahan bakar yang ada. Untuk kelas bahan bakar bensin pun saat ini terdapat tiga jenis, yaitu Premium, Pertamax, dan yang baru-baru ini adalah bensin berjenis Pertalite. Lalu bahan bakar jenis apakah yang cocok bagi motor kita? Maka dari itu kita akan membahasnya pada artikel ini.

Dari ketiga jenis bahan bakar memiliki ukuran Reseach Octane Number (RON) yang berbeda-beda. Untuk Premium memiliki RON 88, Pertalite RON 90, dan Pertamax RON 92. Untuk kualitas jelas Pertamax merupakan bahan bakar yang paling berkualitas unggul. Namun apakah pertamax tersebut cocok untuk mesin motor anda? Belum tentu juga, karena untuk mesin motor memiliki waktu pembakaran dan waktu peledakan masing-masing. Jadi jika bahan bakar tersebut tidak cocok bagi mesin anda maka hal tersebut akan fatal bagi mesin anda.

Untuk mengetahui bahan bakar yang cocok bagi mesin anda, anda terlebih dahulu harus mengetahui jumlah kompressi dalam melakukan pembakaran terhadap bahan bakar. Jika motor dengan tingkat kompresi yang tinggi dengan kuantitas lebih besar dari 9,0 : 1 maka jika memakai bahan bakar dengan RON rendah premium itu jelas tidak cocok. Bahkan bisa merusak mesin anda karena bahan bakar sudah meledak sebelum pinton mencapai Titik Mati Atas (TMA).

Namun bagaimana dengan mesin berkompressi rendah memakai bahan bakar dengan RON tinggi? Itu juga bisa saja dapat merusak mesin anda. Kebalikannya dari pernyataan diatas, jika motor dengan tingkat kompressi rendah diisi bahan bakar yang tinggi, hal itu akan berdampak meledaknya mesin anda karena tidak kuat menampung jumlah RON yang tinggi pada mesin tersebut. Peledakan tersebut dikarenakan pniton sangat cepat sampai Titik Mati Atas (TMA) sementara mesin belum siap untuk menerima peledakan di TMA tersebut.

Mungkin pertanyaan anda saat ini adalah bagaimana melihat kecepatan kompressi di mesin kita? Cara yang paling sederhana mungkin bisa anda lihat pada besarnya CC motor anda. Semakin besar CC yang terdapat pada mesin motor anda, maka itu juga semakin besar tingkat kompresi pembakaran dan peledakannya. Untuk motor yang memiliki CC kecil maksimal sampai 150cc ataupun 200cc mungkin masih bisa menggunakan RON yang rendah atau bahan bakar sekelas premium. Namun untuk CC yang diatas itu, anda harus menggunakan bahan bakar setingkat diatasnya bisa menggunakan pertalite ataupun pertamax.

Related Search

Tags: #Informasi #Kendaraan #Motor

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama

Leave a reply "Cara Menentukan Bahan Bakar yang Tepat Bagi Motor Kita"

CommentLuv badge

Must read×

Top