Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Game PC

Di Hiburan, Penulis Tamu, Perlengkapan Komputer 235 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Game PCCara Mengatasi Lag Saat Bermain Game PC – Game adalah sebuah permainan hiburan yang menggunakan media elektronik dalam bentuk multimedia dan dibuat dengan semenarik mungkin. Seiring perkembangan teknologi, game sekarang memiliki spesifikasi yang tinggi. Tidak heran kalau kamu sering menemui lag saat bermain game di PC/laptop.

Banyak kejadian lag atau macet-macet saat bermain game dikarenakan spesifikasi PC/Laptop tidak memenuhi  spesifikasi game. Kemungkinan juga masalah HDD yang lelet ataupun Processor yang sudah usang.

Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Game PC

Pada permasalahan ini, saya akan mengulas bagaimana cara mengatasi lag saat bermain game di Komputer/Laptop .

1. Mengatur High Performance Energy

Pada cara pertama, kamu hanya perlu mengubah setelan hemat daya ke High Performance. Yang bertujuan meningkatkan performa PC/laptop dalam mode Full, akan tetapi cara ini mengakibatkan borosnya baterai pada PC/laptop.

2. Menggunakan Game Boster

Game Boster atau yang biasa disebut aplikasi pengoptimal game. Kelebihannya yaitu men-stop aplikasi selain game yang dimainkan, sehingga game berjalan dalam performa baik.

Banyak aplikasi pengembang Game Boster yang ditemukan di internet. Tapi memiliki cara tersendiri untuk melakukan boosting komputer sehingga permainan yang kamu jalankan menjadi lebih lancar untuk dimainkan. Berikut ini rekomendasi Game boster untuk mengatasi lag saat bermain game.

  • Game Fire 6 Pro

    Aplikasi ini menggunakan teknologi yang dapat membedakan antara servis, proses untuk memunculkan background, fitur dan juga program-program yang harus di hentikan untuk membuat permainan game menjadi lebih lancar.

  • Razer Cortex: Boost

    Aplikasi ke 2 ini bekerja dengan cara mematikan seluruh aplikasi dan juga proses yang berjalan di belakang game yang tentunya tidak mendukung berjalannya game. Setelah game selesai dimainkan dan aplikasi ini dimatikan, maka sistem yang dimatikan tersebut secara otomatis akan menyala kembali.

  • Wise Game Booster

    Wise Game Booster merupakan salah satu aplikasi game booster yang sangat banyak diminati para gamers. Selain dapat dengan mudah digunakan di Windows 10, aplikasi ini juga menawarkan banyak fitur yang mirip dengan aplikasi game booster Razer Cortex : Boost. Akan tetapi game boster ini memiliki keunggulan tersendiri, yaitu terletak pada kemudahan penggunaannya.

  • WTFast

    Jika aplikasi game booster lain mematikan program lain yang tidak dibutuhkan , akan tetapi aplikasi ini tidak bekerja seperti itu. Aplikasi WTFast ini bekerja dengan meningkatkan kecepatan internet dari game online yang sedang kamu mainkan sehingga permainan kamu tidak akan mengalami lag ataupun macet.

  • Msi Afterburner

    Game booster spesial sebutan dari aplikasi ini,pada dasarnya memiliki kemampuan untuk memperbesar resource yang bisa digunakan untuk bermain game.

  • Dan masih banyak lagi pengembang aplikasi game booster lainnya

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Game Booster Terbaik untuk Game PC

Mengatasi lag pada game di Pc, kamu juga bisa menggunakan cara ini yang juga termasuk ampuh. Pada sebuah game pasti memiliki grafik tertentu, mulai dari high sampai low.

Misalnya, kamu memainkan menggunakan grafik tinggi (high) dan menemui lag atau bug dan semacamnya. Maka masuklah ke pengaturan game >  grafik dan pilih low atau pilih no dalam pengaturan tertentu. Alhasil, dengan cara ini makan kualitas gambar akan kecil dan bisa mengurangi lag bahkan sampai tidak lag.

3. Mematikan VSync

VSync atau Vertical Synchronization adalah program untuk mengatur resolusi aplikasi agar tidak patah-patah. Tentu saja alat ini memakan banyak prosessor.

Kamu bisa mendisable melalui Vga setting atau pun di game setting.

4. Menutup Program di Task Manager yang tidak Penting

Sebelum bermain game, usahakan mengecek program-program yang tidak dibutuhkan. Kamu bisa mengeceknya di Task Manager. Terkadang ada proses atau service yang nyangkut/ bersembunyi, tentu saja program ini memakan banyak prosessor.

6. Mematikan Antivirus

Antivirus memang mempunyai kegunaan menghapus virus. Akan tetapi, apa yang terjadi jika disaat bermain game tiba-tiba antivirus melakukan scanning? Pasti akan membuat komputer lag, bahkan bisa sampai mouse tidak bisa digerakkan. Karena antivirus juga memakan banyak ram dan prosessor. Cara ini bisa mempercepat game di PC/laptop, bahkan aplikasi lainnya.

7. Mengupgrade Hadware

Cara terakhir ini sangat ampuh untuk menhindari lag saat bermain game. Jika game yang kamu mainkan memiliki spesifikasi besar, sedangkan spesifikasi PC / laptop kamu hanya sebatas standart bahkan dibawahnya, tentu saja akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti lag, bug, macet, patah-patah bahkan bisa sampai blank.

Saya sarankan kamu meng-upgrade hadware seperti ram dan prosessor. Setidaknya memiliki spesifikasi diatas game tersebut.

Baca juga : 7 Game yang Menghadirkan Waifu Material

Tips diatas bisa mempercepat sekaligus mengatasi beberapa masalah pada game seperti lag, macet-macet, patah-patah, bug dan sebagainya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat artikel mengenai Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Game PC

Sumber Gambar : https://segiempat.com/wp-content/uploads/2016/08/Tips-Mengatasi-Crash-Saat-Bermain-Game-di-PC-oleh-tekno-segiempat.png

Tags: #Ai Konome Chan #Game #Informasi #Teknologi #tips

author
Penulis: 
7 Daftar Software yang Menunjang Produktivitas Work From Home
7 Daftar Software yang Menunjang Produktivitas Work From Home
7 Daftar Software yang Menunjang Produktivitas Work
Ketahui Katuranggan Burung Perkutut Melalui Cara ini
Ketahui Katuranggan Burung Perkutut Melalui Cara ini
Ketahui Katuranggan Burung Perkutut Melalui Cara ini
10 Aplikasi Desain Rumah Pc yang Wajib Anda Coba
10 Aplikasi Desain Rumah Pc yang Wajib Anda Coba
10 Aplikasi Desain Rumah Pc yang Wajib
Inilah 3 Artis Indonesia yang Menembus International
Inilah 3 Artis Indonesia yang Menembus International
Inilah 3 Artis Indonesia yang Menembus International
  1. author

    Djangkaru Bumi1 tahun yang lalu

    Antivirul lokal ini yang kadang menjengkelkan. tiba-tiba muncul ditengah permainan. Tapi saya justru mematikan itu booster.

    Balas
  2. author

    Blogger Sengsara1 tahun yang lalu

    Kalau untuk game online di Android gimana gan? Padahal sinyalnya oke dan hape nya juga gak kentang2 amat lah.. di tunggu tutor selanjutnya.

    Balas

Tinggalkan pesan "Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Game PC"

Baca Juga×

Top