Cara Mengendarai Motor Kopling untuk Para Pemula

In Advertorial, Otomotif

Cara Mengendarai Motor Kopling untuk Para PemulaCara Mengendarai Motor Kopling untuk Para Pemula – Pada dasarnya masyarakat kita memang sudah tak asing lagi dengan yang namanya motor kopling, bahkan sering kita melihat foto motor kopling di berbagai tempat. Namun meski begitu tak semua orang bisa begitu saja mengendarainya. Meski secara bentuk fisiknya memang tak jauh berbeda dengan motor-motor lainnya, namun karena cara kerja mesinnya yang berbeda itulah yang membuat banyak orang tidak bisa mengendarainya, khususnya kaum wanita yang lebih menyukai bunga mawar. Karena memang biasanya motor kopling ini seringkali diperuntukkan untuk kaum laki-laki . meski memang pada dasarnya semua motor memiliki kopling, namun tentunya yang dimaksud di sini adalah jenis motor yang menggunakan kopling secara manual, dimana ada sebuah handle kopling pada setang kemudinya. Bagi anda yang masih kebingungan tentang bagaimana cara mengendarai motor kopling, maka beberapa tips berikut ini dapat dijadikan sebagai salah satu panduan yang dapat diikuti.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya adalah dengan memutar kunci kontak pada posisi “ON”.
  2. Untuk menghindari motor mengalami kejutan, maka usahakan untuk memposisikan transmisi pada posisi netral atau seringkali diindikasikan dengan lampu menyala hijau. Baru setelah dipastikan dalam posisi “NETRAL” maka anda bisa menekan tombol “START”. Jika tombol starter mati, maka anda bisa menggunakan pedal starter manual yang terletak pada bagian bawah.
  3. Agar motor kopling dapat berjalan, maka yang harus dilakukan adalah dengan memasukkan gigi transmisi pada posisi gear 1. Yaitu dengan cara menarik handling kopling terlebih dahulu, baru kemudian menginjak tuas transmisi pada bagian kaki ke arah depan. Dan biasanya langkah ke 3 inilah yang seringkali dirasa sulit bagi mereka yang masih pemula mengendarai motor kopling. Karena biasanya mereka akan langsung melepaskan handling kopling dengan mendadak. Jika hal ini dilakukan, maka jangan heran jika kemudian motor bukannya berjalan namun malah mati. Untuk menghindari hal tersebut, maka saat melepas handling kopling lakukan dengan perlahan-lahan dan hati-hati dan diiringi dengan memutar handle gas secara perlahan-lahan pula. maka secara otomatis motor akan perlahan-lahan berjalan. Saat telah berjalan inilah, maka handling kopling bisa dilepas.
  4. Jika ingin memindahkan ke gear 2, maka caranya adalah dengan menekan tuas kopling dan menginjak tuas transmisi ke arah belakang. Pada saat pergantian gear 2 ini, usahakan untuk menginjak tuas transmisi dengan kuat dan penuh sehingga membuat kopling benar-benar telah terpisah dari putaran mesin.
  5. Sementara itu, jika ingin membuat motor berhenti, maka selanjutnya tariklah tuas kopling lalu lepaskan. Atau bisa juga dengan memutar balik handle gas san diiringi dengan menarik tuas rem secara perlahan-lahan.
  6. Ketika motor telah berhenti, maka langkah selanjutnya adalah mengembalikan gigi transmisi ke posisi 1 baru kemudian ke posisi “NETRAL”. Untuk kembali ke posisi netral, ungkitlah tuas transmisi ½ saja, karena jika diungkit secara penuh malah akan kembali ke gear 2.
  7. Yang terakhir, setelah transmisi kembali ke posisi “NETRAL”, maka anda baru boleh melepaskan tuas kopling. Baru setelah itu, anda tinggak memutar kunci kontak ke dalam posisi “ OFF”

Jika melihat langkah-langkahnya memang terlihat lebih ribet, apalagi jika dibandingkan dengan cara mengendarai motor matic yang tinggal di gas saja, maka cara mengendarai motor kopling ini memang terlihat lebih sulit. namun jika telah dicoba berkali-kali, maka pada dasarnya semuanya sama saja. Ibaratnya wiwiting tresno jalaran soko kulino.

Related Search

Tags: #Informasi #Kendaraan

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu –

Leave a reply "Cara Mengendarai Motor Kopling untuk Para Pemula"

CommentLuv badge

Must read×

Top