var id = "d3b932cbd4ba4e02e8b4dc8bf750ad647ffc23b6"; class="post-template-default single single-post postid-7076 single-format-standard kentooz" id="top">

Cara Penyusunan Market Fit yang Benar

Di Bisnis, Vira ID 155 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Cara Penyusunan Market Fit yang BenarCara Penyusunan Market Fit yang Benar – Anda baru memulai bisnis melalui startup? Bingung bagaimana caranya membangun startup yang sukses dan punya nama besar di masa depan? Marc Andreessen, seorang investor untuk startup yang sukses dalam Cara Penyusunan Market Fit yang benar yang memaparkan kunci sukses para pendiri startup baru.

Apa yang dimaksud dengan market fit?

Istilah Product-market fit pertama kali diciptakan dan diperkenalkan oleh Marc Andreessen. Istilah ini mungkin masih sangat umum di telinga kita. Banyak dari kita tidak begitu memahami arti dari Product-market fit dan bagaimana cara mengimplementasikannya. Jika diartikan menurut bahasa, Product-market fit berarti kurang lebih produk pasar yang bagus.

Namun jika diartikan secara keseluruhan market fit juga dapat diartikan sebagai suatu kondisi dimana suatu bisnis dalam hal ini adalah sebuah startup yang dapat memiliki bagian dari suatu pasar yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pasar akan produk yang ditawarkan oleh startup tersebut.

Jadi tolok ukur apa yang bisa Anda gunakan untuk memastikan bahwa startup Anda memiliki pangsa pasar yang bagus dan mampu memenuhi kebutuhan pasar dengan baik? Tolok ukur terbaik untuk Anda adalah jumlah orang yang membutuhkan produk atau layanan Anda, berapa tingkat pertumbuhan pengguna produk atau layanan Anda.

Cara Penyusunan Market Fit yang Benar

Apakah produk Anda dapat memenuhi permintaan pengguna produk Anda dan apakah layanan Anda dapat memuaskan pelanggan Anda. Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk menjawab ketiga pertanyaan ini sekaligus untuk mencapai kesesuaian pasar produk? Simak ulasannya di bawah ini.

Memilih Segmen Pasar

Menurut Marc, ada tiga elemen utama sebuah startup, yaitu tim, produk, dan pasar. Marc sendiri menilai pasar merupakan elemen vital bagi sebuah startup. Pasar yang bagus bisa menjadi faktor sukses yang paling menonjol meskipun Anda mungkin tidak memiliki tim dan produk yang bagus. Jadi, langkah pertama yang harus Anda lakukan dengan serius adalah memahami pasar.

Sebagai pendiri sebuah startup, Anda tidak cukup hanya mengetahui nilai pasar Anda saja. Anda juga harus mengetahui dan memahami dengan tepat segmen pasar mana yang Anda targetkan dan risiko serta tantangan apa yang mungkin Anda lewati di masa depan. Anda dapat mulai melakukan riset untuk pasar Anda dan mencoba berkonsultasi dengan beberapa pakar.

Ketahui Siapa Pelanggan Anda

Jika Anda sudah mengetahui segmen pasar mana yang akan Anda targetkan dan sudah mengetahui seluk beluknya, kini saatnya Anda mencari tahu siapa saja yang mungkin menjadi konsumen Anda. Pelanggan Anda tentunya tidak akan jauh dari orang-orang yang terlibat dan bergerak di segmen pasar yang telah Anda pilih sebelumnya.

Poin penting dan mendasar yang harus Anda ingat adalah siapa yang akan menjadi pengguna produk atau layanan Anda, apa kebutuhan pelanggan Anda, masalah apa yang mungkin dihadapi pelanggan Anda dan apa solusi untuk masalah itu. Anda dapat melakukan tanya jawab dengan konsumen atau melakukan kuisioner untuk mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen.

Berikan Tolok Ukur untuk Setiap Masalah

Selanjutnya, identifikasi masalah menjadi poin penting yang harus Anda miliki sebagai pemilik startup. Setiap startup pasti punya masalah, bukan? Masalah pelanggan, produk, tim, pemasaran, dan lainnya. Jadi, jika ada begitu banyak masalah, masalah mana yang harus Anda selesaikan terlebih dahulu? Buat patokan, masalah mana yang lebih mendesak dan lebih penting untuk diselesaikan.

Marc berkata, tidak peduli seberapa bagus produk dan tim yang Anda miliki, Anda pasti akan gagal jika tidak memiliki pelanggan. Maka penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pasar Anda. Jika produk dapat menjawab kebutuhan pasar, maka konsumen akan mendatangi Anda dengan sendirinya. Demikian ulasan tentang Cara Penyusunan Market Fit yang Benar semoga bermanfaat.

Tags: #Bisnis Online #Informasi #Vira ID

author
Penulis: 
Tips Membeli Cincin Pernikahan Berlian Mewah Tipe Custom
Tips Membeli Cincin Pernikahan Berlian Mewah Tipe Custom
Tips Membeli Cincin Pernikahan Berlian Mewah Tipe
Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi
Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi
Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi – Sebenarnya,
Beberapa Cara Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami
Beberapa Cara Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami
Beberapa Cara Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami

Tinggalkan pesan "Cara Penyusunan Market Fit yang Benar"

Baca Juga×

Top