Cara Perawatan Bayi Baru Lahir di Rumah

In Kesehatan

Cara Perawatan Bayi Baru Lahir di Rumah – Memiliki bayi, tentu adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi sebuah keluarga. Dengan hadirnya si buah hati, tentu kehidupan sebuah keluarga akan semakin harmonis dan menyenangkan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh seorang ibu yang merawat bayinya agar si buah hati tetap terjaga kesehatannya. Sayangnya masih belum banyak ibu yang mengetahui hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika merawat bayi dirumah. Karena itulah, disini saya akan berbagi tentang macam-macam Perawatan Bayi yang harus anda lakukan dan tidak boleh anda sepelakan.

Perawatan bayi yang pertama adalah ASI eksklusif. ASI eksklusif adalah nutrisi yang paling baik bagi bayi yang baru lahir. Berikan ASI eksklusif selama 6 bulan agar bayi dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Pada umumnya, bayi akan menyusu hingga 8 kali sehari. Dan sebagai seorang ibu, anda wajib memenuhi kebutuhan tersebut, terlebih jika anda menginginkan bayi anda dapat tumbuh dengan sehat.

Perawatan bayi yang berikutnya adalah memandikan bayi dengan benar. Untuk anda yang tinggal didaerah panas, anda harus memandikan bayi sebanyak 2 kali sehari. Untuk waktu pagi, anda dapat memandikannya pada pukul 09.00-10.00 sedangkan untuk sore hari, mandikan bayi pada pukul 15.00-16.00. Waktu ini dipilih untuk menghindari suhu yang terlalu dingin. Untuk anda yang tinggal di daerah pegunungan, bayi baru lahir sebaiknya dimandikan 1 kali saja sehari agar tubuhnya tetap hangat.

Yang ketiga adalah merawat tali pusar. Merawat tali pusar merupakan perawatan bayi yang harus sangat diperhatikan agar tidak terjadi infeksi atau hal yang tidak diinginkan. Teknik merawat tali pusar yang benar adalah dengan membersihkannya menggunakan air matang lalu membungkusnya dengan kassa steril yang kering. Menurut ilmu kesehatan, pemberian alkohol pada tali pusar bayi sangat dilarang karena membuat bayi merasa pedih dan tidak nyaman.

Yang keempat, perawatan bayi yang perlu ibu lakukan adalah pemeriksaan rutin. Karena masih sangat rentan terhadap serangan penyakit, bayi harus selalu rutin dibawa ke pusat pelayanan kesehatan. meskipun ASI dapat melawan penyakit, namun anda tetap harus menjaga kesehatan bayi dengan memeriksakannya dalam jangka waktu tertentu dan rutin.

Perawatan bayi yang terakhir adalah penjemuran bayi. Vitamin D sangat baik bagi manusia, begitupun bagi seorang bayi. Untuk memenuhi asupan vitamin D, jemurlah bayi anda pada pukul 06.30 sampai sekitar pukul 07.00. Hindari terkena sinar matahari langsung. Anda dapat menjemurnya di tempat yang terkena sinar matahari, namun tetap terlindung dari sinar matahari langsung. Jemur selama 15-20 menit setiap pagi agar bayi tumbuh dengan sehat.

Demikian beberapa ulasan lengkap tentang perawatan bayi dirumah. Perawatan diatas merupakan perawatan yang wajib anda lakukan untuk menjaga kesehatan bayi.

Related Search

Tags: #Bayi #Informasi #perawatan #tips

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama
  1. author

    Imerlina Putri1 year ago

    jadi lebih tau ini Cara Perawatan Bayi Baru Lahir Di Rumah
    makasih sharenya
    Imerlina Putri Postingan Terbaru….Resep Sayur AsemMy Profile

    Reply

Leave a reply "Cara Perawatan Bayi Baru Lahir di Rumah"

CommentLuv badge

Must read×

Top