Cara Sederhana Mengganti Kanvas Rem Sepeda Motor

In Penulis Tamu

Cara Sederhana Mengganti Kanvas Rem Sepeda Motor Anda – Rem merupakan komponen yang penting dalam sebuah kendaraan. Baik itu kendaraan roda empat ataupun kendaraan roda dua. Pentingnya komponen ini tidak boleh luput dari pengawasan dan perhatian seorang pengendara, karena komponen ini berkaitan erat dan berpengaruh besar terhadap keselamatan pengendara kendaraan tersebut. Terutama kendaraan roda dua atau sepeda motor

Sistem pengereman roda depan yang digunakan pada sepeda motor ada dua jenis, yakni sistem pengereman Tromol dan Discbrake. Saat ini, rata-rata sistem pengereman roda depan yang digunakan oleh sepeda motor adalah discbrake atau rem cakram. Sistem pengereman ini banyak digunakan karena dianggap lebih meksimal dibandingkan dengan sistem pengereman tromol.

Discbrake atau rem cakram ini memanfaatkan daya cengkraman sebagai sistem pengeremannya, sistem ini berfungsi untuk memperlambat laju kendaraan sepeda motor secara optimal. Discbrake ini tentunya memiliki beberapa komponen yang harus di perhatikan oleh penggunannya. Salah satu komponen yang harus diperhatikan adalah kanvas rem atau brake pads. Ada beberapa jenis kanvas rem motor yang dapat disesuaikan dengan jenis sepeda motor itu sendiri.

Namun, seringnya intensitas penggunaan discbrake ini tentu akan termakan usia. Rem cakram akan menipis atau aus sesuai dengan masanya atau penggunaannya. Bila sudah terjadi seperti ini, Anda harus cepat-cepat menggantinya demi kenyamanan dan keselamatan Anda dalam berkendara. Anda bisa menggantinya di bengkel-bengkel terdekat atau langganan Anda. Tapi, bagi Anda yang ingin belajar atau mencoba ganti kanvas rem sendiri dengan cara yang sederhana, inilah cara dan tips mengganti kanvas rem motor Anda:

4 Cara Mengganti Kanvas Rem

1. Persiapkan alat-alat

Alat-alat yang diperlukan untuk mengganti kanvas rem motor sudah pasti kanvas rem motor yang baru, Anda bisa mendapatkannya dibengkel langganan dan jika bingung diskusikanlah di forum-forum otomotif seperti di otomotifnet.com. Jika malas keluar rumah, Anda bisa dapatkan di toko online seperti di  astra-honda.com bagi anda pengendara sepeda motor Honda atau jika anda pengguna motor yang berjenis lainnya bisa coba cek ke harga-motor.com atau eka-swastya.com. Ingat, pastikan Anda membeli kanvas rem baru dengan lebel SNI dan sesuai dengan jenis kendaraan Anda. Selanjutnya, kita memerlukan alat untuk membongkan brakedisc. Alat-alat tersebut adalah kunci ‘L’ bintang, kunci 8 dan obeng besar. Jika Anda sudah mempersiapkan seluruh alat-alatnya. Mari kita bongkar.

2. Bongkar Discbrake

Ambil kunci 8 Anda lalu kendorkan seluruh baut yang ada pada disc brake. Seteleh selelsai, buka baut bintang yang menempel pada braket kaliper, baut ini terletak pada ujung tabung shockbreaker.

3. Bersihkan Kaliper

Kaliper Rem depan Motor

Setelah Anda membongkar discbrake, bersihkanlah debu atau kotoran yang menempel pada kaliper dengan sikat kawat. Kaliper yang kotor dapat menghambat kinerja discbrake. Pastikan kaliper Anda bersih sebelum memasang kanvas rem baru.

4. Pasang Kanvas Baru

Setelah dibersihkan, pasanglah kanvas rem baru Anda dengan baik dan benar sesuai dengan polanya. Setelah itu, pasang kembali kaliper yang sudah Anda bongkar seperti semula.

Setelah selaesai semua, pastikan discbrake Anda sudah kembali bisa bekerja maksimal dengan melakukan testdrive. Jika ada masalah, ulangi nomor 2 dan 4.

Itulah cara sederhana mengganti kanvas rem motor. Semoga bermanfaat buat Anda yang  ingin belajar membongkar atau memasang nya sendiri.

Penulis >> Ibnu Ismail

Kredit Gambar :

Motor.Otomotif.com

Eka Swatya

Related Search

Tags: #Ibnu Ismail #tips

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu dengan Ampuh
Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Sepatu –
  1. author

    paul1 year ago

    oooow jadi cara gantinya seperti itu ya gan, oke maksih ya tips cara ganti kanvas rem sepeda motornya

    Reply
  2. author

    Jasa Setting Mikrotik Proxy1 year ago

    masih belum berani ganti sendiri gan hehe

    Reply
    • author
      Author

      Rizkyzone.com1 year ago

      sama kalau begitu mas, dari pada di coba sendiri, bisa bisa malah berantakan hehehhe

      Reply
  3. author

    pojokshare1 year ago

    aah ribet gan 😀
    mending beli langsung mnta pasangin sama orang bengkelnya..

    Reply
    • author
      Author

      Rizkyzone.com1 year ago

      saya juga gitu mas dan kebetulan kakak saya mekanik motor

      Reply
  4. author

    Jagad Unik1 year ago

    blum brani bongkar2 motor gue 😀 ntar gk bisa pasang lagi ckckckck

    Reply

Leave a reply "Cara Sederhana Mengganti Kanvas Rem Sepeda Motor"

CommentLuv badge

Must read×

Top