Cerita Seorang Newbie Belajar Ngeblog

In Penulis Tamu

Cerita Seorang Newbie Belajar Ngeblog – Sebelum saya mulai menulis tentang cerita saya mengenal Dunia Blogging, terlebih dahulu saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada admin Rizkyzone.com yang sudah mengizinkan saya untuk ikut berpartisipasi sebagai Penulis Tamu di situs Rizkyzone.com, saya masih baru dalam dunia Blogging (Newbie), masih tahap belajar jadi kiranya banyak terjadi kesalahan dalam penulisan, harap untuk di maklumi.

Di dalam kamar yang sunyi ini saya akan menulis sebuah cerita tentang kisah saya mengenal Dunia Blogging, ditemani secangkir kopi untuk melancarkan ingatanku tentang kisahku yang lumayan usang karena baru sempat di ingat dan berniat untuk menulisnya, dan pastinya saya ditemani oleh sebuah laptop mungil kesayanganku yang berukuran 11 inch yang selalu menemaniku dalam segala aktivitasku bagaikan seorang sahabat sejati yang tak pernah berpisah, kemanapun saya pergi saya selalu membawanya meskipun terkadang saya tidak sempat membukanya ketika saya sibuk dengan rutinitasku (pekerjaan), saat bekerja saya selalu membawanya karena tanpa si mungil (baca: laptop) saya merasa kesepian, bagaikan Romeo dan Juliet yamg selalu ingin terus berasama (mohon maaf kalau terlalu lebay 😀 hee ).

Saya langsung saja ke inti Cerita saya yaitu tentang perjalanan saya mengenal Dunia Blogging (menjadi seorang blogger), meskipun saya masih newbie dalam hal ngeblog siapa tahu cerita saya ini bisa bermanfaat buat para pembaca yang ingin belajar ngeblog dari nol (tidak berlaku untuk para mastah :D),

Berawal dari keseringan saya browsing atau main internet, rasa penasaran saya timbul untuk membuat blog, secara perlahan saya mencoba mempelajarinya dari berbagai tutorial yang banyak tersedia di internet, dari tutorial dalam bentuk artikel ataupun dalam bentuk video, setelah saya membaca dan mencoba mempraktikannya, apa yang saya dapatkan? ternyata sulit sekali untuk membuat blog meskipun sudah banyak membaca tutorial tapi hasilnya nol besar, mungkin karena belum mengetahui dasar-dasarnya sehingga terasa sangat sulit, dari situ saya berhenti untuk mempelajarinya karena kesulitan (bukan berhenti untuk selamanya namun sambil berusaha),

Karena saya merasa kesulitan akhirnya saya memutuskan untuk tidak mempelajarinya untuk beberapa waktu saja, daripada bingung sendiri ntar jadi stres lho, kan bahaya kalau sampai stress (sambil tersenyum dalam hati, hi..hi..hii…). Akhirnya saya mengalihkan perhatian saya untuk belajar tentang bagaimana cara berbisnis online, banyak sekali di beranda facebook saya yang menawarkan berbagai macam bisnis online pada waktu itu, karena rasa penasaran saya tentang cara berbisnis online atau cara mendapatkan uang dari internet, akhirnya saya mencoba untuk mempelajari bagaimana cara mendapatkan uang dengan berBisnis online. Saya singkat saja ceritanya agar tidak terlalu panjang, pada waktu itu saya mulai mencoba mengikuti sebuah Bisnis Online yang ditawarkan oleh teman yang ada di facebook.

Ketika menjalankan Bisnis Online kita selalu membutuhkan web support/blog support untuk menunjang dalam hal Marketing, saat itu banyak sekali yang menawarkan jasa pembuatan blog suport untuk bisnis yang kita jalankan, akhirnya saya tertarik untuk membeli/memesan blog suport pada teman yang juga sedang menjalankan bisnis yang sama waktu itu, blog pertama saya beli dengan harga murah yaitu seharga Rp. 25.000,-, dari sana timbul kembali rasa penasaran saya tentang cara membuat blog, waktu itu ada beberapa Bisnis Online yang saya jalankan, hampir satu tahun lebih saya menjalani Bisnis Online ini banyak pelajaran dan pengalaman yang saya dapatkan tentang pahit-manisnya Bisnis Online (saya tidak akan membahas ini terlalu panjang karena keluar dari topik yang akan saya bahas).

Kita kembali ke masalah blog, singkat cerita saya kembali membeli blog kedua seharga Rp.10.000,-, lumayan murah meriah untuk blog suport bisnis, dari blog itu saya mulai mengerti sedikit demi sedikit tentang blog karena tampilan blog yang sederhana sehingga memudahkan saya untuk mempelajarinya (tentunya sambil browsing di internet), mulailah saya mencoba untuk membuat blog, blog pertama saya buat sangat memuaskan meskipun blog pertama saya sangat cupu sekali, namun kemampuan membuat blog pada saat itu membuat saya sangat senang (dalam hati saya berkata: “sekian lama saya belajar akhirnya saya bisa juga”), meskipun masih sederhana yang penting saya sudah paham dasarnya. Dari sanalah saya mulai memperdalam bagaimana Cara Membuat Blog, mulai dari cara menambahkan widget, dll.

Saya jadi ingat waktu pertama kali ngeblog, saya ingin menghias blog dengan berbagai macam widget yang keren agar terlihat menarik dan wah..!!, sampai – sampai kebanyakan widget daripada postingan 😀 hee, maklum masih newbie, bisa nambahin widget aja sudah senangnya bukan main dan bangga sekali, semakin banyak belajar ternyata terlalu banyak widget dapat mempengaruhi kinerja atau loading blog, dan blog terlihat norak jika terlalu banyak widget (maklum masih newbie; pasti semua orang berpikir seperti itu waktu pertama ngeblog). Dan hal yang paling sulit dalam ngeblog adalah membuat postingan, dulu waktu pertama mengenal blog membuat satu paragraf saja terasa nulis satu buku 😀 hihii… (karena terasa sulit), bagaimana gak sulit baru nulis satu kalimat aja mikirnya satu jam :D, baru ditulis dan dibaca ulang terkadang tidak sesuai akhirnya di hapus lagi, jadi terlalu lama mikir dan terkadang kita sering ingin tertawa dan merasa geli dengan tulisan kita sendiri yang masih malu-malu nulisnya (belum percaya diri).

Allhamdulillah sekarang sudah mulai lumayan lancar meskipun belum begitu profesional, cukup bisa menulis dengan lancar saja saya sudah merasa senang, itulah salah satu manfaat ngeblog bagi saya (meskipun saya masih newbie), seperti kata para mastah “bisa karena terbiasa”, jangan takut untuk mencoba dan jangan takut untuk salah karena dengan kesalahan itulah kita akan banyak belajar dan mengetahui apa yang menjadi kekurangan kita.

Pada akhir tahun 2014 saya mulai menekuni ngeblog ini, blog yang pertama kali saya buat entah masih ada atau sudah hilang saya kurang tahu :), akhir tahun 2014 inilah saya mulai menekuninya, sambil mengenal adsense sedikit demi sedikit. Dan pada awal tahun 2015 saya mulai merintis blog pribadi saya ( ) yang membahas topik tentang pendidikan yang menjadi keahlian saya, sebenarnya blog ini saya buat tahun 2014 namun tidak serius menjalankannya akhirnya terbengkalai. Dan kini saya mulai serius mengurus blog ini dengan membelikannya domain dengan harga yang sangat murah meriah (cocok untuk pemula seperti saya), dulu blog ini beralamat www.wirahadiary.blogspot.com berubah menjadi www.wirahadiary.com, blog ini saya buat sebagai tempat berbagi ilmu dan pengalaman saja.

Udah dulu ya,,curhatan saya nanti kalau kepanjangan malah anda bosen mebacanya, akhir kata saya sangat mensyukuri meskipun ilmu ngeblogg saya masih sangat sedikit sekali bila dibandingkan para master yang sudah lama terjun di dunia blogging. Meskipun ilmu ngeblog saya hanya bisa edit template, nambahin widget, dan buat posting saya sangat mensyukurinya, itu sudah lebih dari cukup bagi saya yang latar belakangnya bukan orang yang ahli IT.

Kesimpulan dari Cerita saya:

Jangan pernah menyerah untuk belajar, sesulit apapun yang kamu hadapi dalam menuntut ilmu suatu saat pasti ada jalan kemudahan, tidak ada ilmu yang sulit hanya kita belum mengetahui caranya sehingga terasa sulit.

Peenulis : Wirahadi Kusuma
Facebook : http://facebook.com/wirahadi85
Admin : 

Related Search

Tags: #Blogger Indonesia #Cerita #Wirahadi Kusuma

author
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Kenapa Kita Ketagihan Belanja Online? Ini Jawabannya
Kenapa Kita Ketagihan Belanja Online? Ini Jawabannya
Kenapa Kita Ketagihan Belanja Online? Ini Jawabannya
Ragamkesehatan.com – Sumber Referensi Artikel Kesehatan Terlengkap
Ragamkesehatan.com – Sumber Referensi Artikel Kesehatan Terlengkap
Ragamkesehatan.com – Sumber Referensi Artikel Kesehatan Terlengkap
Materi TKJ: Mengenai Jaringan Komputer dan Komponen Komunikasi Data
Materi TKJ: Mengenai Jaringan Komputer dan Komponen Komunikasi Data
Materi TKJ: Mengenai Jaringan Komputer dan Komponen
  1. author

    Bintang Yoga1 year ago

    Terkadang kisah seseorang bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, seperti artikel ini..
    Bintang Yoga Postingan Terbaru….Kisah Dia Dia Sempurna, Hibur Para KaskuserMy Profile

    Reply
  2. author

    daftarcaramembuat2 years ago

    infonya donk…dimana beli blog kok murah2 bgt. trims

    Reply
    • author
      Author

      Rizkyzone.com1 year ago

      banyak kan yang jualan blog mas, sambangi saja grub2 blogger di facebook

      Reply
  3. author

    Cara Mudah Membuat Blog Ramai Pengunjung2 years ago

    betul mas, yang penting sering praktek walaupun ilmu masih sedikit 🙂

    Reply
  4. author

    cyberlink youcam2 years ago

    paling sakit hati tuh di tolak adsense berkali kali T,T

    Reply
  5. author

    blog bermacam pengetahuan2 years ago

    bagi blogger yang paling penting konsistensi membuat artikel gan.

    Reply
  6. author

    nove hasanah2 years ago

    wah, saya juga baru belajar blogging
    masih sering kesulitan
    tapi sambil jalan saja, yang penting nulis-nulis
    saya tau bahwa blogging tak cuma sekedar masalah nulis tapi juga memerlukan penguasaan teknis agar blog bisa maju.

    Reply
  7. author

    @cizzos2 years ago

    Konsistensi itu momok bagi banyak blogger 🙂

    Reply
    • author

      wirahadi2 years ago

      betul gan, konsistensi adalah masalah yg paling bert bagi blogger 🙂

      Reply
  8. author

    Drama Korea Sub indo2 years ago

    wah ane juga nubi nih , jadikan pengalaman sebagai acuan 😀

    Reply
  9. author

    Brotoadmojo2 years ago

    Ngeblog itu sepertinya gampang, tapi kalau tidak didasari rasa suka sksn menjadi sulit.. Intinya adalah konsistensi dan ngeblog dengan rasa suka 🙂

    Reply
  10. author

    Gamis Syari Modern2 years ago

    Betul sekali mas, ketekunan adalah kuncinya, karena ketika kita belajar mulai ngeblog dan tidak kunjung naik trafficnya yang paling berat adalah melawan rasa bosan, jadi kalau ingin berhasil kuncinya jangan mudah menyerah dan terus mencoba.

    Reply
  11. author

    asuransi perjalanan2 years ago

    saya juga pernah mengalami seperti itu

    Reply
  12. author

    kulkuly2 years ago

    trus semangat ya…

    Reply
  13. author

    Tutorial Mendapatkan Uang Di Internet2 years ago

    widget pas ane ngeblog kelas 1 sma, widget ngasih makan ikan :v

    Reply
  14. author

    wahyudi2 years ago

    di stastik dasbor kok banyak pengunjung blog dari rizkyzone.com ya ?

    Reply
  15. author

    Sepatu Murah2 years ago

    keren ceritanya gan, oh ya sekarang pastinya sudah mahir dong ngeblognya

    Reply
  16. author

    KLIK DRIVER2 years ago

    saya setuju dengan pendapat AMAT tanpa guru pun kita bisa kalau mau membaca dan fokus, begitu juga tidak lupa berdoa, karna menjalani hidup tanpa berdoa itu sombong, salam untuk para blogger saya dari Medan

    Reply
  17. author

    FileHippo2 years ago

    coretan yang menarik, saya suka kisahnya.. tetap semangat, fokus, rajin, slalu berdoa.

    Reply
  18. author

    Muhammad Ali2 years ago

    blogger sejati adalah blogger yang mau berbagi, saya juga pemula, ketika besar tak pula lupa berbagi, seperti hal nya kita dahulu menerima ilmu dari para pemula yang yang telah sukses.

    Reply
  19. author

    Adi2 years ago

    Untuk mulai ngeblog lebih mudah ketimbang untuk mempertahankan semangat dan konsistensi dalam merawat blog tersebut.. 🙂

    Reply
  20. author

    Filter Air2 years ago

    banyak belajar dari sini,, salam kenal ya

    Reply
  21. author

    Amat2 years ago

    saya juga orang yang dulunya gak ngerti apa2. tapi karna rajin membaca, tanpa guru saya sudah mengerti tentang blog, dan cara mendapat uang dari blog, buat semua teman2 cari kerja mudah, yang penting tau caranya, mau membaca dan punya semangat itu intinya, tidak lupa berdoa juga,, salam dari aceh indonesia

    Reply
  22. author

    sportsbola2 years ago

    wah cerita nya ko hampir mirip kaya aku ya,,,wkwkwk!!!beda nya kalau yang nulis udah jadi mastah sekarang kalau aku masih bodoh seperti dulu,,wkwkwk tapi buat yang masih baru belajar tentang Blog tetap harus semangat,,walau pun tidak ada latar belakang IT seperti penulis ini kalau terbiasa pasti Bisa juga,,,semangat Blogger…..

    Reply
  23. author

    sepakgol2 years ago

    Kalau ingat pertama ngeblog dulu kadang merasa lucu, soalnya belum apa-apa sudah muluk-muluk yang ingin diperoleh dengan ngeblog. Tapi, sekarang mengalir saja, menikmati ngeblog 🙂

    Reply
  24. author

    olahraga bola2 years ago

    Haruss tetap semangat dalam belajar nge-blog

    Reply
  25. author

    Kursi Teras Minimalis2 years ago

    Haruss tetap semangat dalam belajar nge-blog

    Reply
  26. author

    Selviana2 years ago

    Salam Kenal Mas, Bloger Baru Ijin Berkunjung

    Reply
  27. author

    Campuh cari pulush2 years ago

    jangan merendahkan begitu dong gan buktikan saja bahwa agan itu adalah master blogging

    Reply
  28. author

    Game Grand Theft Auto IV (GTA 4) Full2 years ago

    Haha terlalu merendah nih agan xixixi 😀

    Reply
    • author

      wirahadi2 years ago

      bukan ngrendah gan,,emang kenyataan masih baru kenal blog 🙂

      Reply
  29. author

    PURNAMA2 years ago

    SAYA JUGA BARU MAU MEMULAI DI DUNIA BLOGGER MAS, MINTA BIMBINGANNYA YA

    Reply
  30. author

    Masih Saja2 years ago

    Tak mudah untuk bisa konsisten ngeblog, banyak yang awalnya semangat tapi lama-lama jenuh dan meninggalkan blognya. 🙂

    Reply
    • author

      wirahadi2 years ago

      Betul sekali mas,,untuk tetap konsisten dan tetap fokus itu susah sekali mas, tp sy akan berusaha utk tetap konsisten meskipun terkadang lg sibuk dan malas ngeblog, usahakan paling tidak 1 x seminggu atau bahkan 1 x sebulan utk tetap posting.:)

      Reply
  31. author

    Sukadi2 years ago

    Kalau ingat pertama ngeblog dulu kadang merasa lucu, soalnya belum apa-apa sudah muluk-muluk yang ingin diperoleh dengan ngeblog. Tapi, sekarang mengalir saja, menikmati ngeblog 🙂

    Reply
  32. author

    harga pelangsing wsc biolo2 years ago

    agan mah udah pantes banget di panggil suhu atau mastah,,,, saya juga banyak sekali belajar dari sini ko,, salam kenal ya

    Reply
  33. author

    macam macam libido wanita2 years ago

    salam kenal mas, ijin berkunjung. makasih

    Reply
    • author

      wirahadi2 years ago

      Salam kenal balik mas,, 🙂

      Reply
  34. author

    Devi2 years ago

    wah cerita nya ko hampir mirip kaya aku ya,,,wkwkwk!!!beda nya kalau yang nulis udah jadi mastah sekarang kalau aku masih bodoh seperti dulu,,wkwkwk tapi buat yang masih baru belajar tentang Blog tetap harus semangat,,walau pun tidak ada latar belakang IT seperti penulis ini kalau terbiasa pasti Bisa juga,,,semangat Blogger…..

    Reply
    • author

      wirahadi2 years ago

      Betul sekali mbk,,bisa karena biasa,,saya juga masih belajar mbk,belum mastah 🙂

      Reply
  35. author

    Hanudin2 years ago

    Kunjungan perdana bos. Bagus nih informasinya bermanfaat. saya tunggu info selanjutnya bos

    Reply
  36. author

    agen obat pelangsing wsc2 years ago

    akan jadi jenius kalau tekun menekuninya

    Reply
  37. author

    obat pelangsing wsc biolo2 years ago

    jangan merendah gan,ane masih di bawah agan

    Reply
    • author

      wirahadi2 years ago

      Gak ada yang diatas dan dibawah gan, semua kita sama, sam2 belajar 🙂

      Reply
  38. author

    coin-crypto.blogspot.com2 years ago

    pas saya masih newbie juga gitu widget berantakan :v

    Reply
  39. author

    Eka2 years ago

    masa’ sih newbie bro..? ah yg bener..? ciyussss….? wkwkwkwk 🙂

    Reply
    • author

      wirahadi2 years ago

      Selalu merasa newbie bro, biar semangat belajarnya terus meningkat 🙂

      Reply
  40. author

    islam di dadaku2 years ago

    ngeblog memang banyak warna warni jadi nikmatilah dunia ini dengan segala kebaikannya

    Reply
  41. author

    Imerlina Putri2 years ago

    sama seperti saya dulu waktu pertama ngeblog pengennya ya blognya keren semua widget dipasang 🙂

    Reply
  42. author

    wirahadi2 years ago

    Gak pernah ane liat postingan ini, habis posting ane tinggalin,,eh ternyata banyak yg nyimak ya,, 😀 hee mksh udah baaca cerita ane,salam kenal ya..buat yg udah komen 🙂

    Reply
  43. author

    jannu2 years ago

    untuk enggak terjebak jadi pencuri tulisan (tukang copas)

    Reply
  44. author

    Belajar Search Engine2 years ago

    sangat bermanfaat untuk saya yang juga seorang newbie gan.

    Reply
  45. author

    Belajar Search Engine2 years ago

    cara seorang newbie. apalagi cara seorang mastah ya gan. pasti lebih keren dan banyak hal yang dilakukan. ada teknik yang tersembunyi. hehehe

    Reply
  46. author

    free sharing computer2 years ago

    haha cerita membuat termotivasi mas, hampir sama dengan yang saya lalui

    Reply
  47. author

    obat kuat2 years ago

    mantab lanjutkan seorang blogger kawan

    Reply
  48. author

    try santoso2 years ago

    hehe, dulu waktu awal juga seperti itu semua widget pengennya dipasang gak peduli yng peting keliantan keren gak taunyaa….:(

    Reply
    • author
      Author

      Rizky Mahrizal2 years ago

      hampir kebanyakan blogger awalnya pernag alamin hal itu yah, termasuk saya juga sih

      Reply
  49. author

    Taqorrub2 years ago

    ane juga nubitol sob, lagi belajar bikin blog gratisan dulu, pengen nya jadi blogger sukses ane 😀

    Reply
  50. author

    keiko kitagawa2 years ago

    ceritanya lucu haha newbie sekarang menjadi mastah 🙂

    Reply
  51. author

    Wahyudi2 years ago

    aah terlalu merendah

    Reply

Leave a reply "Cerita Seorang Newbie Belajar Ngeblog"

CommentLuv badge

Must read×

Top