var id = "d3b932cbd4ba4e02e8b4dc8bf750ad647ffc23b6"; class="post-template-default single single-post postid-7141 single-format-standard kentooz" id="top">

Ciri Anak Cacingan Inilah 7 Tanda dan Gejalanya

Di Kesehatan, Parenting, Vira ID 141 views
Cara Menghasilkan Uang USD 50 Perhari

Ciri Anak CacinganCiri Anak Cacingan Inilah 7 Tanda dan Gejalanya – Gejala cacingan pada anak-anak dan orang dewasa bisa dilihat dari sakit perut, diare, hingga menimbulkan mual dan muntah. Cacingan adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi karena adanya cacing di dalam perut. Penyakit yang populer dengan sebutan helminthiasis ini disebabkan oleh adanya cacing parasit.

Ada beberapa jenis cacing yang menyebabkan cacingan menyerang sistem pencernaan tubuh. Seperti cacing pita atau cacing penghisap yang dikenal sebagai cacing pipih, juga cacing gelang. Cacing parasit ini umumnya suka hidup di saluran pencernaan inangnya, baik manusia maupun hewan. Namun cacing ini juga bisa menyebar dan hidup di organ tubuh lainnya.

Ciri Anak Cacingan Inilah 7 Tanda dan Gejalanya

Cacing umumnya menyerang anak-anak. Namun tidak sedikit orang dewasa juga terkena penyakit ini. Karena itu sangat penting bagi orang tua untuk mengenali Ciri Anak Cacingan. Namun terlambat dalam cara mengobati cacingan bisa membuatnya semakin kronis. Nah, berikut ini berbagai tanda penyakit cacingan yang terjadi pada anak dan orang dewasa yang wajib Anda ketahui.

Malabsorpsi Nutrisi

Kehadiran cacing parasit di saluran pencernaan membuat berbagai nutrisi yang masuk dari makanan kita terancam. Kondisi ini harus segera mendapat perhatian orang tua karena anak masih dalam masa pertumbuhan.

Mual dan Muntah

Gejala cacingan pada anak yang juga sering terjadi adalah mual dan muntah. Kondisi ini muncul akibat adanya gangguan pada lambung yang sangat menyiksa. Jika anak Anda mengalami kondisi ini, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Kondisi ini tidak selalu disebabkan oleh cacing.

Sakit Perut

Gejala cacingan yang paling umum adalah rasa sakit di perut. Serangan cacing pada sistem pencernaan yang terletak di perut akan membuat tubuh Anda sering mengalami rasa sakit. Rasa sakit ini umumnya seperti rasa sakit. Ini karena cacing di perut sedang berpesta dengan sari makanan yang kita konsumsi. Oleh karena itu, pengobatan harus cepat agar tidak kehilangan nutrisi lebih banyak.

Diare

Jika Anda mengalami buang air besar dengan frekuensi lebih dari biasanya, itu berarti Anda mengalami diare. Namun tanda ini tidak selalu merupakan gejala cacingan pada anak karena banyak gangguan lain yang juga menyebabkan hal ini. Gangguan ini tidak hanya meningkat frekuensinya tetapi juga berupa feses yang cair atau lunak. Kondisi abnormal ini biasanya terjadi bersamaan dengan timbulnya rasa sakit di perut.

Nafsu Makan Terganggu

Gejala lain penyakit cacingan pada anak adalah gangguan nafsu makan. Umumnya anak-anak akan kesulitan makan. Kondisi ini normal karena adanya makhluk asing yang bersarang di perutnya dan menghisap sari makanannya. Namun, ada juga gangguan ini berupa nafsu makan yang meningkat. Namun, karena adanya cacing, makanan yang mereka konsumsi tidak membuat mereka kenyang. Hal ini membuat anak mudah lapar.

Penurunan Berat Badan

Kebanyakan anak yang mengalami cacingan akan mengalami penurunan berat badan. Ini merupakan gejala cacingan pada anak yang juga banyak terjadi karena nutrisi yang dikonsumsinya hilang akibat cacing parasit. Penurunan berat badan juga merupakan tanda umum cacingan, baik pada anak-anak yang kehilangan nafsu makan maupun yang nafsu makannya meningkat. Bahkan tidak sedikit anak yang terlihat kurus.

Tubuh Lemah dan Pucat

Kurangnya nutrisi yang didistribusikan ke berbagai organ tubuh yang membutuhkannya membuat tubuh mudah lemas dan lemas. Anak-anak sering terlihat tidak bersemangat. Apalagi dengan diare atau muntah akan menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang ciri anak cacingan, semoga bermanfaat.

Sumber Gambar : https://s3.theasianparent.com/cdn-cgi/image/height=412/tap-assets-prod/wp-content/uploads/sites/24/2018/12/cacingan-lead.jpg

 

Tags: #Informasi #Kesehatan #Vira ID

author
Penulis: 
Yuk Mengenal Lebih Dalam Mengenai Penyakit Aspergilosis
Yuk Mengenal Lebih Dalam Mengenai Penyakit Aspergilosis
Yuk Mengenal Lebih Dalam Mengenai Penyakit Aspergilosis
Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi
Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi
Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi – Sebenarnya,
Beberapa Cara Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami
Beberapa Cara Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami
Beberapa Cara Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami

Tinggalkan pesan "Ciri Anak Cacingan Inilah 7 Tanda dan Gejalanya"

Baca Juga×

Top