Ciri-Ciri Dari Goal yang Hebat dan Smart

In Inspirasi, Penulis Tamu

Ciri-Ciri Dari Goal yang Hebat dan Smart

Ada 2 alasan paling mendasar mengapa orang-orang tidak bisa mencapai kesuksesan yang diinginkan. Pertama, karena dia tidak memiliki goal yang smart. Kedua, dia tidak memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai goal-nya. Ini ada beberapa ciri-ciri dari goal yang smart.

Specific

Mengapa goal harus jelas batasannya? Karena otak hanya akan mampu menjalankan perintah dengan baik, jika perintah yang diterimanya jelas. Otak bisa diandaikan seperti otak anak kecil yang masih polos, jika Anda meminta anak kecil untuk membeli gorengan, tanpa banyak tanya dia langsung membeli tahu goreng, atau pisang goreng atau kedua-duanya, padahal Anda menginginkan tempe goreng. Akibatnya Anda gagal untuk menikmati nikmatnya tempe goreng.

Goal tidak spesifik           : Saya ingin masuk universitas negeri favorit.

Goal spesifik                      : Saya ingin lulus tes SBMPTN Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen di UI

#Measurable

Mengapa goal harus terukur? Goal harus terukur agar kita dapat memonitoringnya dengan baik. Dengan memantau goal, tindakan akan dapat diketahui dengan baik mana yang efektif dan efisien untuk mencapai goal sehingga Anda hanya fokus pada tindakan-tindakan yang dapat mampu membawa Anda ke tujuan yang Anda inginkan.

Goal tidak terukur           : saya ingin lebih kaya

Goal terukur                      : saya ingin meningkatkan penghasilan menjadi 10 juta/bulan tahun depan.

Achievable

Goal yang tidak bisa dicapai atau mustahil akan memutuskan harapan kita untuk menjadi orang sukses. Dengan demikian, goal haruslah menjadi sesuatu yang besar, berharga dan pastinya secara logis bisa dicapai dengan kapasitas kita. Goal harus bisa dicapai agar dapat memicu adanya tindakan yang relevan dengan tujuan kita. Saya sangat menyayangkan orang-orang yang hanya bisa terlena dengan mimpi-mimpi mereka yang begitu tinggi akan tetapi mereka tidak melihat kondisinya secara logis, walaupun saya percaya Tuhan mampu untuk melakukan segala sesuatunya yang terkadang dianggap mustahil bagi kita, akan tetapi Tuhan sendiri juga sudah memberikan kita otak untuk digunakan secara logis.

Realistic

Ukuran realistis yang tampak nyata di depan mata kita adalah kenyataan atau kondisi atau kemampuan diri sendiri bukan orang lain atau masyarakat yang menjadi acuan. Satu hal bisa realistis untuk satu orang, akan tetapi bisa tidak realistis bagi yang lainnya. Goal Anda harus realistis yang artinya Anda harus menetapkan goal yang mengacu pada kondisi/kemampuan Anda saat ini. Sebagai contoh, jika saat ini Anda mampu menghasilkan 5 juta perbulan, lalu bulan depan Anda menargetkan keuntungan sebesar 500 juta perbulan, hal itu sudah sangatlah tidak logis. Yang realistis adalah jika Anda berusahan untuk meningkatkan penghasilan Anda secara bertahap, misalkan bulan depan Anda menargetkan 10 juta perbulan, lalu tahun depan 100 juta perbulan dan 5 tahun ke depan 500 juta perbulan.

Saya ingatkan sekali lagi bahwa realistis atau tidaknya goal Anda ditentukan oleh Anda sendiri dan Tuhan bukan oleh orang lain atau masyarakat yang mengintervensi kerealistisan goal Anda karena Anda dan Tuhanlah yang mengetahui kondisi Anda saat ini.

Timely

Apabila goal Anda sudah spesifik, terukur, bisa dicapai, dan realisitis, pastikan dalam pencapaiannya Anda memberika tenggat waktu tertentu atau deadline. Sebab banyak kesuksesan yang gagal dicapai atau tertunda karena tidak pernah direncanakan kapan waktu pencapaiannya.

Goal yang dilengkapi dengan waktu pencapaian akan mampu memberikan informasi jika goal gagal dicapai pada waktu yang telah dicanangkan sehingga mampu melahirkan umpan balik berupa perbaikan strategi yang perlu dan perpanjangan waktu pencapaiannya. Tanpa adanya deadline, maka umpan balik tidak akan kita dapatkan sehingga tidak pernah ada strategi baru yang lebih efektif.

Memiliki goal yang SMART bukan untuk menentukan hasil akhir yang ingin dicapai, melainkan untuk mengukur efektivitas dan efisiensi dari tindakan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Sementara itu, hasil harus diserahkan/disandarkan 100% kepada kehendak Tuhan dan mengharmonisasikan diri dengan kehendak-Nya.

Baca Juga : Efek Goal Setting yang Dapat Mengguncang Hidup

Penulis >> Gilbert Subay (http://wearepapua.blogspot.co.id/)

Related Search

Tags: #Gilbert Subay #Informasi

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama

Leave a reply "Ciri-Ciri Dari Goal yang Hebat dan Smart"

CommentLuv badge

Must read×

Top