Efek Goal Setting yang Dapat Mengguncang Hidup

In Inspirasi, Penulis Tamu

Efek Goal Setting yang Dapat Mengguncang Hidup

Banyak orang di dunia ini yang memiliki impian untuk memiliki prestasi atau sesuatu yang berharga baginya tapi hanya sedikit yang berhasil dari mereka yang bisa mewujudkan mimpinya tersebut. Sebagian besar masih hanya “berkhayal” dan menjalani hidupnya apa adanya dan begitu monoton dan membosankan.

Rahasia perwujudan mimpi terletak pada penjabarannya menjadi sebuah cita-cita kemudian menuliskannya secara detail dalam sebuah rencana yang riil untuk dilaksanakan. Inilah yang dinamakan goal setting atau penetapan cita-cita yang tertulis secara spesifik dan jelas.

Efek Goal SettingMungkin di pikiran Anda kata-kata “impian” dan “cita-cita” merupakan hal yang sama, sehingga banyak orang yang tertipu dengan kedua kata tersebut dan malah mengartikannya dengan cara yang sama. Akan tetapi mereka berdua begitu berbeda, saya menyebutnya serupa tapi tak sama. Impian Anda adalah harus sesuatu yang lebih agung dan besar yang terkadang karena begitu besarnya, Anda tidak bisa mencapainya dengan kemampuan Anda dan nalar Anda. Tapi mimpi kita bisa berfungsi untuk menarik keluar segala potensi kita yang masih pulas tertidur.

Sementara cita-cita adalah impian yang bisa dijangkau dengan kemampuan dan nalar Anda, dan Anda sudah menetapkan kapan harus dicapai sebagai kontrol apakah Anda sudah mencapai impian Anda tersebut apa belum. Juga sebagai informan tindakan apa yang harus diambil untuk mewujudkannya jika pada saatnya belum juga terwujud.

Nah sekarang bagaimana agar impian atau cita-cita hebat kita akan terwujud? Kenapa harus dengan merencanakannya atau goal setting? Dan apa manfaatnya bagi kita? CHECK THIS OUT!!!!

#Goal akan mendayagunakan kemampuan.

Seperti halnya impian yang mampu membangunkan raksasa tidur yang ada di dalam diri kita (segenap bakat terpendam kita), goal akan terus mendayagunakan segenap kemampuan yang diperlukan untuk mencapai apa yang kita inginkan. Dengan adanya goal, kita akan tetap terus merasa hidup dan akan ingIn tetap hidup untuk mencapai goal tersebut. Goal adalah bensin motivasi kenapa kita hidup di dunia ini, sehingga selama hidup ini, kita akan terus didorong untuk mengeluarkan seluruh kemampuan kita demi mencapainya.

Pribadi yang memiliki goal yang jelas akan menjelma menjadi sosok yang kompeten dan unggul dibandingkan pribadi yang hanyut terbawa oleh goal yang besar akan tetapi itu adalah impian orang lain.

#Goal membuat kita tetap termotivasi dalam hidup.

Banyak dari kita yang menjadi termotivasi setelah mengikuti seminar, membaca buku, atau mendengarkan khotbah di gereja atau ceramah di masjid yang memotivasi hidup kita. Namun, seiring berlajalannya waktu, motivasi itu menguap laksana embun pagi menjelang mentari bersinar cerah. Penguap dari motivasi mereka adalah karena tidak memiliki goal agung nan mulia yang spesifik.

Goal berfungsi untuk menyetel kembali motivasi yang sudah melemah dalam hidup Anda. Jika Anda memiliki goal yang mulia dan dalam kondisi demotivasi (tidak termotivasi), maka ingatlah kembali goal mulia Anda, maka bayangkan dengan detail dan emosional, lalu lakukanlah gerakan aktid (loncat-loncat, misalnya) maka secara seketika Anda jadi termotivasi. Sebenarnya melompat-lompat itu tidak terlalu diperlukan, hal itu hanya membantu untuk membuat badan Anda jadi panas dan menjadi lebih semangat. Selamat mencoba!

#Goal membuat apa yang kita pelajari bisa dipraktikkan.

Di zaman modern sekarang ini, tidak susah untuk menemukan orang yang memiliki segudan ilmu yang begitu banyaknya. Segudang ilmu mereka tampun dalam tempurung kepala mereka. Kasihan ya, otak mereka? Yang membuat tambah kasihan lagi adalah mereka sudah menyimpan ilmu yang begitu banyaknya di dalam otak mereka akan tetapi tidak dipraktikkan dengan konsisten atau bahkan tidak sama sekali. Banyak orang yang berpendidikan tinggi yang pekerjaannya tidak jelas dan hidupnya begitu-begitu saja. Hal itu sebenarnya bukan masalah, akan tetapi jika dia mempraktikkan apa yang dia pelajari begitu lama secara efektif, maka hidupnya bisa lebih dari itu.

Apa sih yang membuat segudang ilmu tidak dipraktikkan dengan baik? Karena kebanyakan orang-orang tersebut tidak memiliki goal yang jelas. Goal yang jelas membantu kita untuk mempraktikkan ilmu apa saja yang perlu untuk dilakukan. Kesalahan yang dianut oleh generasi tua dan diamini begitu saja oleh generasi muda adalah mencari ilmu terlebih dahulu sebelum menetapkan goal, sehingga banyak “simatupan” (siang malam tunggu panggilan).

Sekali Lagi. Wahai bagi Anda yang masih terhanyut dalam kehidupa yang tidak jelas, tetapkanlah dulu goal Anda dan baru tentukan apa yang harus Anda pelajari.

#Goal akan membuat Anda terfokus untuk mempelajari ilmu.

Dengan adanya goal yang sudah ditetapkan terlebih dahulu, kita pasti akan mengetahui secara spesifik apa yang harus kita pelajari dan akan merasa bergairah untuk terus mempelajari hal tersebut. Tidak semua ilmu harus kita pelajari, kita hanya mempelajari ilmu yang kita perlukan. Ilmu yang lain hanyalah biarkan menjadi kompetensi orang lain. Jika kita membutuhkannya, kita hanya perlu bayar orang lain atau mengajaknya kerja sama. GAMPANG KAN?

Komitmen tersusun dari 2 komponen utama, yaitu perjuangan dan pengorbanan. Komitmen sejati adalah setia menjalankan serangkaian tindakan sampai goal tercapai dalam kondisi suka maupun duka. God Bless You All.

Penulis >> Gilbert Subay (http://manajemenapaaja.blogspot.co.id/)

Related Search

Tags: #Gilbert Subay #Informasi

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety Murah yang Layak
Sadari Pentingnya Keselamatan Kerja dengan Pemakaian Sepatu Safety
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap Fit
Tips Menjaga Kesehatan Anak Muda Agar Tetap
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama Tropicana Slim
Sehat dengan Kadar Gula Darah Seimbang Bersama

Leave a reply "Efek Goal Setting yang Dapat Mengguncang Hidup"

CommentLuv badge

Must read×

Top