Hidroponikjogja.com – Situs Info Pelatihan dan Event Hidroponik Yogyakarta

Hidroponikjogja.com – Situs Info Pelatihan dan Event Hidroponik Yogyakarta – Setelah Pada postingan sebelumnya saya sudah membahas tentang Konsep Artikel Treemagz.com, pada postingan kali ini saya akan membahas Tentang

Hidroponikjogja.com – Situs Info Pelatihan dan Event Hidroponik Yogyakarta.

Pernahkah sebelumnya anda mendengar isitilah Hidroponik..?? Apakah anda sudah tahu Hidroponik Jogja ?? kalau belum silahkan baca lebih lanjut artikel dibawah ini.

Tentang Hidroponik Jogja.. Di Indonesia sendiri pada umumnya dan di Jogja khususnya, adalah Hidrophonik Jogja yang sering mengadakan even dan pelatihan tentang pengenalan apa dan bagaimana menerapkan teknik bercocok tanam secara Hidroponik di lingkungan sekitar kita. Sebagai contoh di lingkungan perkotaan, tentunya berbeda penerapan bertanam dengan area pedesaan, jadi secara teori sederhananya, Hidroponik adalah metode bercocok tanam tanpa mengandalkan lahan luas sebagaimana para petani melakukanya disawah ataupun ladang. Anda juga bisa mencobanya di rumah ataupun lahan kosong dan bisa disulap menjadi area bercocok tanam yang asri dan mengasyikan.

Bagi anda yang mungkin ada yang belum mengerti apa itu Hidroponik, akan saya jelaskan sedikit sekilas tentang Pengertian Hidroponik.

Istilah Hidroponik (hydroponics) yang berasal dari kata Hydros yang berarti Air dan Ponics yang berarti Bercocok Tanam,  Secara keseluruhan dapat diartikan sebuah kegiatan bercocok tanam tanpa memakai tanah sebagai media tanamnya, termasuk juga bercocok tanam di dalam pot atau wadah dengan menggunakan air
sebagai media tanamnya atau bahan porous lainnya, seperti pecahan genting, pasir kali, kerikil, maupun gabus putih.

Dahulu, para peneliti yang bekerja di laboratorium fisiologi tumbuhan sering mencoba air sebagai media tanam dengan tujuan beruji coba bercocok tanam tanpa memakai tanah. Sebagian orang menganggap metode itu sebagai aquakultur (bercocok tanam di dalam air). Uji coba tersebut ternyata membuahkan hasil dan patut diberi apresiasi sehingga banyak ahli agronomi yang terus mengembangkan cara tersebut.

Sejarah Hidroponik

Menurut literatur, bercocok tanam secara Hidroponik telah dimulai sejak ribuan tahun yang lalu. Diceritakan, ada taman gantung di Babilon dan taman terapung di Cina yang bisa disebut sebagai contoh Hidroponik, di Mesir, India dan Cina, manusia purba sudah menggunakan larutan pupuk organik untuk memupuk semangka, mentimun dan sayuran lainnya dalam bedengan pasir di tepi sungai. Cara bertanam seperti ini kemudian disebut river bed cuultivation.

Metode Sistem Pertanian Hidroponik diantaranya sebagai berikut :

1. Sistem Fertigasi Hidroponik

Fertigasi Hidroponik adalah Metode pengaplikasian pemupukan atau penambahan unsur hara dengan sistem irigasi (Pengairan).  Selengkapnya tentang Sistem Fertigasi Hidroponik.

2. Sistem Nutrient Film Tehnique (NFT)

Nutrient Film Tehnique (NFT) adalah Metode pengelolaan air sebagai media pertumbuhan tanaman dan juga tempat akar menyerap unsur hara yang di perlukan tanaman tanpa menggunakan media tanah. Selengkapnya tentang Sistem Nutrient Film Tehnique (NFT).

3. Sistem Wick Hidroponik

Sistem Wick Hidroponik

Wick Hidroponik adalah metode hidroponik paling sederhana dengan menggunakan sumbu (Wick System).

4. Sistem Aeroponik Hidroponik

Sistem Aeroponik Hidroponik

Aeroponik adalah metode hidroponik bercocok tanam diudara / bercocok tanam dengan cara pengkabutan, metode hidroponik dengan sistem Aeroponik ini belum sefamiliar metode di atas.

Dari uraian di atas bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah (secara Hidroponik) memberi keuntungan yang lebih besar, terutama bagi penduduk perkotaan yang memiliki lahan sempit atau gersang.

Bagi anda yang ingin tau update terbaru dari Hidroponik Jogja silahkan pantau terus fanspagenya di https://www.facebook.com/HidroponikJogja atau silahkan kunjungi langsung situsnya Hidroponikjogja.com.

Anda juga bisa bergabung untuk belajar bareng Komunitas Hidroponik Jogja ( Hi – Jo) atau datang langsung ke markas pusat Hidroponik Jogja yang beralamat di:

Jabung RT 01/38 Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta
087839822111
admin@hidroponikjogja.com

Sekian ulasan singkat dari saya mengenai Hidroponikjogja.com – Situs Info Pelatihan dan Event Hidroponik Yogyakarta, semoga bermanfaat, terima kasih.

Related Search

Tags: #Informasi #promosi produk #tips

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Kampung Wisata Batik Laweyan, Surganya Batik Solo
Kampung Wisata Batik Laweyan, Surganya Batik Solo
Kampung Wisata Batik Laweyan, Surganya Batik Solo
Fakta Tentang Lensa Wide Nikon Serta Harganya
Fakta Tentang Lensa Wide Nikon Serta Harganya
Fakta Tentang Lensa Wide Nikon Serta Harganya
Informasi Tentang Kartu Kredit Maybank
Informasi Tentang Kartu Kredit Maybank
Informasi Tentang Kartu Kredit Maybank – Rizkyzone.com
  1. author

    Tempat tidur minimalis2 years ago

    sangat membantuu info pertanian…

    Reply
  2. author

    Adhi rahman2 years ago

    Aduh jauh banget di jogjakarta

    hadir aja lah di sene

    Reply
  3. author

    Kreatif dan positif thinking2 years ago

    Absen pagi kang riz..

    Reply
  4. author

    Buat Usaha2 years ago

    Bisa dicoba nih, buat nambah pengetahuan dan pengalaman 🙂

    Reply
  5. author

    testimoni2 years ago

    ada efek negatinya gak tanaman hidrofonik itu

    Reply
  6. author

    arief2 years ago

    Harus dicoba nih, lumayan juga Refleksi baru

    Reply

Leave a reply "Hidroponikjogja.com – Situs Info Pelatihan dan Event Hidroponik Yogyakarta"

CommentLuv badge

Must read×

Top