Ide Ku Untuk PLN

In Kompetisi

Ide Ku Untuk Layanan PLN Lebih Baik – Pada postingan kali ini saya selaku admin blog Rizkyzone.com akan turut berpartisipasi dalam menyambut Hari Listrik Nasional  ke 69 yang jatuh pada tanggal 27 Oktober 2014. Saya membuat tema Ide Ku Untuk Layanan PLN Lebih Baik.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Ide Ku Untuk PLN, alangkah lebih bagus mengetahui dulu sedikit sejarah singkat mengenai Sejarah Berdirinya PT. PLN (Persero). Pada akhir abad 19 beberapa perusahaan belanda mendirikan pembangkit tenaga listrik untuk keperluannya sendiri, seiring berjalannya waktu lama kelamaan semakin berkembang, perusahaan yang semula di buat untuk memenuhi kepentingan sendiri menjadi perusahaan listrik untuk memenuhi kepentingan umum. adalah NV. NIGM sebuah perusahaan swasta belanda yang pertama kali memperluas usahanya dari semula bergerak dalam bidang gas ke ketenaga listrikan.

Perusahaan – perusahaan listrik  tersebut jadi dikuasai oleh jepang selama perang dunia II berlangsung, hingga pada akhirnya setelah kemerdekaan indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 perusahaan – perusahaan tersebut di rebut oleh para pemuda indonesia pada bulan September 1945 dan menyerahkannya ke pemerintah. Tanggal 27 Oktober 1945  Presiden Soekarno membentuk Jawatan Listrik dan gas.

Tanggal 01 Januari 1961 Jawatan Listrik dan Gas yang di bentuk oleh Presiden Soekarno di ubah menjadi BPU-PLN (Badan Pimpinan Umum Perusahaan Listrik Negara). Tanggal 01 Januari 1965, dibubarkannya BPU-PLN dan di bentuk 2 Perusahaan yaitu PLN (Perusahan Listrik negara) dan PGN (Perusahaan Gas negara). Hingga tahun 1990, melalui peraturan pemerintah No. 17 Pemegang kuasa usaha ketenaga listrikan. Tahun 1992,  pemerintah memberikan kesempatan pada sektor swasta untuk membuat usaha bisnis penyediaan tenaga listrik. Pada bulan Juni 1994 yang sejalan dengan kebijakan di atas, maka dialihkannya status PLN yang semula Perusahaan Umum menjadi Perusahaan Perseroan (Persero).

Nah, itulah sedikit sejarah singkat mengenai Berdirinya PT. PLN (Persero).

Kembali pada Topik utama yaitu Ide Ku Untuk Layanan PLN  Lebih Baik, tak tersa sudah 69 tahun PLN berdiri, dan pastinya perjalannya penuh dengan liku – liku untuk mencapai arah yang lebih baik, membuat berbagai inovasi untuk memudahkan pelayanan para pelanggan listrik. Mulai dari pelayanan langsung maupun pelayanan secara digital yang mungkin akan terus selalu dikembangkan.

Pada postingan ini saya selaku pekerja yang bergerak dalam bidang perbaikan listrik, mewakili para client saya yang sering kali mengeluhkan atau bercerita mengenai ketidak puasan sebagai pelanggan listrik atas pelayanan PLN. Saya ada beberapa poin yang mungkin bisa di jadikan pertimbangan untuk perbaikan kualitas layanan PLN pada pelanggan, mungkin lebih tepatnya sebagai saran bukan ide, kalau bicara masalah ide saya yakin temen – temen partisipan lain yang mengikuti kompetisi Blog yang di adakan PT. PLN (Persero) bekerjasama dengan Blogdetik pastilah punya ide – ide briliant untuk kemajuan perkembangan PLN.

Poin – poin yang ingin saya bahas disini adalah

1. Layanan PLN Terhadap Pelanggan

2. Oknum PLN

3. Perbaikan Kualitas Produk

Ketiga poin itu yang menurut saya harus benar – benar diperhatikan, PLN mau berinovasi yang bagaimanapun kalau dari sisi pelayanan langsung / pelayanan non digital tidak memuaskan, maka belum bisa dikatan baik, mungkin sering kali kita membaca sebuah tagline suatu produk yang berbunyi atau dibaca “Melayani dengan sepenuh Hati” | “Kepuasan Pelanggan adalah Tujuan kami” dll, tapi realitanya terkadang layanannya tak sesuai dengan tagline yang di buat. Lanjut ke pembahasan utama yaitu :

1. Layanan PLN Terhadap Pelanggan

Inilah yang sering di keluhkan pelanggan, PLN terkesan menutup mata dan mempersulit layanan, dengan berbagai alasan tak jelas manakala ada pengaduan keluhan pelanggan terhadap gangguan listrik.

Contoh kasus, di kampung saudara saya, dimana kasusnya adalah kabel SR dari tiang listrik yang menuju kerumahnya sudah pecah – pecah dan menelupas, mungkin karena termakan usia, yang seharusnya dilakukan pergantian, karena saudara saya takut kalau terjadi kebakaran, saudara saya mengadukan atau melaporkannya ke PLN, dan apa tanggapan PLN ketika kami datang kekantor PLN, dengan alasan tak jelas dan terkesan di persulit, bukannya langsung di cek kondisinya, malah katanya stock kabel habislah, masih di rapatkan, kabel SR mahal lah, padahal kabel SR yang standart PLN yang kualitas bagus permeternya hanya kurang lebih Rp. 6000, dan kabel yang di butuhkan untuk mengganti paling kurang lebih sekitar 20 atau 30 meteran. sebenarnya saya bisa melakukan pergantian sendiri kabel di rumah saudara saya, cuma karena ini urusannya sama PLN jadi tidak saya lakukan, ya sudah di biarkan sampai sekarang belum diganti. kata saudara saya, di biarin saja yang penting sudah sudah mengadu ke PLN, kalau sampai ada kejadian yang tidak di inginkan  akibat kondisi kabel yang sudah mengelupas dan sering mengeluarkan percikan api mana kala kondisi hujan,  bikin takut sih iya, tapi ya mau bagaimana lagi wong tak ada respon dari PLN. kalau terjadi apa – apa kan tinggal nuntut PLN pertanggung jawaban PLN sebagai pemilik karena tidak mengindahkan keluhan pelanggan.

Contoh lain, saya dapat cerita dari orang yang katanya pembayaran listrik di kantor PLN di persulit, karena pembayarannya menunggak dan dapat surat peringatan dari PLN yang mengharuskan pembayaran tunggakan di lakukan di kantor PLN, tapi apa yang di dapat, sudah dibayar tapi petugas yang melayani pembayaran tidak mau memberikan stempel LUNAS dengan alasan macem – macem, masudnya apa coba tidak mau memberikan stempel tanda Lunas ? kata petugasnya itu tidak masalah, gimana tidak bermasalah coba, kalau sampai di anggap belum membayar padahal sudah melakukan pembayaran dan kalau di minta tanda bukti pelunasan bagaimana dan tidak dapat menunjukkan, bisa – bisa listrik bakalan di putus karena tidak membayar tunggakan.

Itu masih 2 contoh kasus terhadap layanan PLN yang sangat tidak memuaskan, masih banyak contoh kasus yang lain, tapi realita yang ada malah sebaliknya, jika ada laporan terhadap dugaan pelanggran yang dilakukan pelanggan, para petugas PLN pasti akan langsung mendatangi pelanggan yang di laporkan, meski pelanggan tidak tahu apa – apa atas laporan pelanggaran yang di buat, kalau pelanggan takut ujung – ujungnya para petugas langsung minta uang denda.

Contoh kasus, saya juga pernah dapat cerita, yang dimana ia adalah penghuni baru di rumah yang di beli dan belum lama di tempatin, tiba – tiba ada 2 orang datang yang mengaku sebagai petugas PLN dan melakukan pengecekan dan benar adanya, ada kabel bekas di coblos, sihingga pemilik rumah yang belum lama nempatin dinyatakan melakukan pelanggaran padahal tak tahu menahu soal pencoblosan kabel, sehingga pemilik rumah tersebut harus mengeluarkan uang denda sekitar 2 juta lebih.

dan ide saya di Hari Listrik Nasional ini,  PLN harus memperbaiki kualitas layanan dan khususnya layanan pengaduan keluhan pelanggan, jangan mempersulit pelanggan pelanggan, jangan cuma kalau ada laporan pelanggaran pelanggan respon cepat, tapi kalau ada laporan keluhan pelanggan di persulit.

Mari kita coba lihat atau baca berita baik di TV maupun dari internet, ada kantor PLN di bakar massa, di rusak massa, dll. apa sebabnya karena masyarakat merasa kecewa atas pelayanan  PLN.

2. Oknum PLN

Inilah yang sering terjadi, adanya oknum PLN nakal, oknum PLN yang menakut – nakutin pelanggan dll, seperti yang sudah saya tulis di atas, Tahun 1992,  Pemerintah memberikan kesempatan pada sektor swasta untuk membuat usaha bisnis penyediaan tenaga listrik. yang saya garis bawahi itu artinya untuk pengerjaan tenaga listrik, baik itu yang perbaikan, pengerjaan instalasi manakala ada pelanggan mengajukan permohonan instalasi, maka PLN menyerahkan semua pengerjaannya pada pihak swasta, atau yang biasa disebut CV. CV inilah sejatinya bukanlah petugas PLN resmi, hanyalah melakukan kontrak  kerjasama dengan PLN, karena aslinya PLN itu tidak punya petugas lapangan, maka untuk pengerjaan lapangan diserahkan ke CV. itu sering kali dimanfaatkan oleh segelintir oknum yang selalu mengatas namakan petugas PLN untuk mencari keuntungan pribadi dengan cara ada yang nakutin warga dengan bilang listriknya bermasalah, bilang pelanggan melakukan pelanggaran, untuk itu pelanggan di kenain denda sekian juta, kalau ada pelanggan takut, biasanya langsung di kasih, dan uang hasil denda tersebut gak bakalan masuk ke kas PLN, karena aslinya tidak ada  denda – denda an di PLN itu. kalaupun ada pelanggan yang melanggar, sama PLN palingan cuma di suruh melakukan pergantian, misalnya ada pelanggan yang kelebihan daya dan pembayaran melebihi batas yang sudah di tentukan di setiap paket listrik, maka pelanggan di anjurkan untuk menambah daya, tapi kalau sama oknum nakal itu bisa dimanfaatkan, dengan menuduh halus pelanggan melakukan pencurian listrik, dan kasus – kasus lain.

Nah ide saya untuk hal ini, PLN harus mengawasi para petugas ini agar jangan sampai merugikan pelanggan, kalau sampai pelanggan marah, akibatnya PLN juga kan yang disalahkan.

3. Perbaikan Kualitas Produk

Ini yang juga harus di perhatikan oleh PLN, khususnya  untuk produk spedometer yang model baru ini, yang model pulsa, tak sedikit pelanggan mengeluh listrik pulsa sering error, misalnya dalam mengisikan token langsung error, kena getaran bisa mengakibatkan error, dll. kalau sudah terjadi error tak ada jalan lain selain telp petugas, iya kalau bisa langsung di perbaiki, kalau tak bisa maka  pelanggan akan menikmati pemadaman listrik dan menunggu petugas untuk menyalakannya. kalau begini apa gak di malah merugikan pelanggan. ide PLN membuat spedo meter pulsa ini memang bagus, untuk mengurangi petugas pencatat meteran, dan petugas pencatat meteran ini juga bukanlah petugas resmi PLN tapi PLN yang membayar, setidaknya dengan membuat spedo pulsa ini PLN bisa menghemat pengeluaran, tapi sayangnya produk ini tak berkualitas dan ada beberapa yang menyatakan kalau spedo meter pulsa ala PLN ini adalah produk gagalnya PLN yang bisa di baca disini >> Kelemahan Listrik Sistem Pulsa PLN. Kadang saya heran, listri pulsa kenapa arus di batasin ? kenapa gak di bikin full saja kaya hape, jadi kalau pulsa habis beli lagi, kalau di batasin jadinya ga maksimal. manakala kelebihan daya meski pulsa masih ada listrik langsung error 01, untuk bisa normal kembali harus dibiarkan sampai kurang lebih sejaman, baru listrik akan normal sendiri. tetep saja kan listrik pulsa itu menyusahkan pelanggan. kesimpulannya listrik pulsa ini bagus, tapi sayangnya tak memperhatikan kualitasnya, hanya mementingkan dengan adanya listrik pulsa petugas pencatat meeteran berkurang.

Ide saya, kalau bisa jangan hanya mementingkan PLN sendiri tanpa memperhatikan pelanggan, toh semua saling membutuhkan, pelanggan butuh listrik, PLN butuh pelanggan.

Nah itulah 3 poin penting yang mungkin perlu dilakukan perbaikan oleh PLN menurut saya, kalau masalah inovasi pengembangan teknologi listrik saya kira temen – temen kontestan lain sudah memberikan ide – ide briliannya, tapi kalau menurut saya, apa gunanaya PLN melakukan banyak inovasi baik inovasi digital maupun non digital tapi kalau layanan non digitalnya tak bagus, saya sebenarnya salut dengan inovasi kemudahan yang di berikan PLN lewat media digital, misalnya kemudahan cek perkiraan tagihan pembayaran, dan pengecekan pengecekan layanan lain, yang harus digaris bawahi bahwa tak semua pelanggan listrik mengerti layanan media digital, nah untuk itu layanan non digital harus sama baiknya dengan layanan digitalnya. yang harus di ingat juga bahwa pelanggan butuh listrik, sebisa mungkin jangan sampai mempersulit pelanggan.

Saya rasa cukup ini saja Ide Ku Untuk PLN, yang sebenarnya bukanlah ide tapi sekedar masukan saja, maka di Hari Listrik Nasional ini kedepan PLN semakin baik dalam memberikan layanan dan inovasinya kepada pelanggan, sekian terima kasin dan semoga bermanfaat.

————————————————————

Selamat Ulang Tahun Yang ke-69, Semoga Semakin Sukses Dalam Melayani Masyarakat Indonesia.

————————————————————

Referensi :

Sejarah Berdirinya PT PLN (Perseero) >> http://mysterimanedin.blogspot.com/2013/09/sejarah-berdirinya-pt-pln-persero.html

Related Search

Tags: #Cerita #Opini #PLN

author
Author: 
Sebuah Blog Layanan Jasa Review | Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk | Jasa Listrik | Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Rizkyzone ? Silakan kontak melalui Email : rizkythoriqzone@gmail.com | Call/SMS : 085 755 070 200 | BBM : 74679cf5 | FB : Facebook.com/keihinkitaco
Kenapa Kita Ketagihan Belanja Online? Ini Jawabannya
Kenapa Kita Ketagihan Belanja Online? Ini Jawabannya
Kenapa Kita Ketagihan Belanja Online? Ini Jawabannya
3 Kenyamanan Seorang Blogger Ponsel dalam Keterbatasan
3 Kenyamanan Seorang Blogger Ponsel dalam Keterbatasan
3 Kenyamanan Seorang Blogger Ponsel dalam Keterbatasan
Google PageRank Update Semua Domain Berpagerank Berubah Jadi 0
Google PageRank Update Semua Domain Berpagerank Berubah Jadi 0
Google PageRank Update Semua Domain Berpagerank Berubah
Wishlisht 2016 : Huawei G8
Wishlisht 2016 : Huawei G8
Rizkyzone.com – Seperti biasa, awal tahun baru
  1. author

    Ulfahshop2 years ago

    semoga PLN lebih baik lagi kedepannya…

    Reply
  2. author

    Ulfahshop2 years ago

    sejauh ini masih merasa aman dengan sistem token karena biaya masih bisa terkontrol, daripada pake yang paket biasa….wooww tagihan bulanannya bisa amazing banget….tau dah cara ngitungnya gimana ! Hehe…

    Reply
  3. author

    arsul2 years ago

    jgn2 kita dijajah secara diam2 oleh negara asing

    Reply
  4. author

    Mebel Jepara2 years ago

    Pln harus nya evaluasi kinerjanya dong itu

    Reply
  5. author

    kursi Minimalis2 years ago

    Mari sama sama dukung kinerja Pln ya gan biar lebih baik lagi

    Reply
  6. author

    kursi Tamu2 years ago

    Memang sih ya, kadang PLN juga banyak problem nya yang kadang bikin kita customernya naik pitam

    Reply
  7. author

    pelangsing terbaik2 years ago

    saya kadang suka sebel lihat petugas yang agak sombong dan mengancam kalau ga dibayar diputus, masa baru telat 3 hari sudah ngomong gitu, coba peringatkan siapa tahu kan lupa atau mungkin belum ada uang ,, coba untuk lebih santun dalam menghadapi semua konsumennya kalau memang PLN kepengen majuu

    Reply
  8. author

    Metland Rumah Idaman Investasi Masa Depan | Adi Pradana2 years ago

    saya tidak menang, idenya ga bagus soalnya… tapi tak apa, masih semangat ngeblog…

    Reply
  9. author

    supri2 years ago

    sebenarnya aku juga punya ide..buat layanan PLN..
    tapi bingung nulisnya dari mana..hehe

    Reply
    • author
      Author

      Rizky Mahrizal2 years ago

      Tulis saja sob idenya, atau di kirim ke blog ini saja kalau g seniche dengan blog, boleh nautin link juga loh

      Reply
  10. author

    Favo Perdana H.S.2 years ago

    Wah saya sangat setuju sama ide ente sob 😀

    Reply
  11. author

    akbar maulana2 years ago

    harapan ku adalah agar krisis listrik di sumatera utara dapat diatasi…

    Reply
  12. author

    paket umroh januari 20152 years ago

    ide keren dan realistis gan…tapi mungkin respon dan realisasi yang kurang gan.. maklumlah kurang adanya perhatian yg seirus dari pemerintah.. sukses gan kedepannya…

    Reply
    • author
      Author

      Rizky Mahrizal2 years ago

      ini lah yang jadi problem utama, para petugas lapangan PLN seringkali kali memanfaatkan kesalahan pelanggan untuk kepentingan pribadi mengatasnamakan Milik PLN, faktor penyebabnya kurangnya pengawasan dari pihak PLN itu sendiri

      Reply
  13. author

    khoirin2 years ago

    ikut lomba juga toh mas ? kita senasib ” belum beruntung ” padahal ideku bangus bingit. ikut kontes seo aja mas, jurinya google g akan salah pilih siapa juaranya. kalau rezeky tanggal 14 okt nanti saya juara satu kontes seo vvc.co.id

    Reply
    • author
      Author

      Rizky Mahrizal2 years ago

      gpp mas belum beruntung, bisa di coba lagi, kalau maslah kontes seo saya juga gak ahli dalam bidang seo, kalaupun saya ikuta, palingan cuma sekedar ikut meramaikan sahaja, perserta lain juga bagus2

      Reply
  14. author

    Harianlagu.com2 years ago

    mantap mas , ini kontes ya mas ?

    Reply
  15. author

    warung bibit murah2 years ago

    setuju banget gan dengan ide-ide agan itu,,, apalagi dengan poin ke 2 itu…
    semoga PLN lebih baik lagi kedepannya..

    Reply
  16. author

    Arif Rahman2 years ago

    Mudah-mudahan idenya di dengar mas, demi indonesia yang lebih baik lagi.
    Menambahkan Semua wilayah Indonesia bisa teraliri listrik

    Reply
  17. author

    Zippy2 years ago

    Semoga idenya didengar sama PLN ya mas
    Di Jayapura sini pelayanan PLN lagi kurang bagus, lagi sering pemadaman.
    Bikin alat elektronik cepet rusak aja, hiks.

    Reply
    • author
      Author

      Rizky Mahrizal2 years ago

      Amin….
      iya mas, pelayanan PLN masih sangat jauh dari kata bagus, dan juga belum merata, PLN masih mengutamakan atau memaksimalkan layanan di pulau jawa, di luar pulau terkesan asal2an, semoga saja presiden yang baru ini lebih memperhatikan daerah2 luar jawa

      Reply
  18. author

    cara mengobati kanker kolon2 years ago

    idenya sangat bagus mudah mudah di dengar dan tentu di laksanakan oleh pln

    Reply
  19. author

    CIZZO2 years ago

    Setuju dengan poin layanan PLN terhadap pelanggan. Udah jadi rahasia umum pelayanan PLN begitu…ah sudahlah. emoga di hari ulang tahun dan pemerintahan yang baru ini PLN dengan cepat berbenah guna menghadapi MEA 2015

    Reply
  20. author

    Adi Pradana2 years ago

    Selamat hari listrik dan blogger nasional… hehehe

    Reply
  21. author

    jaket kulit garut2 years ago

    ijin berkunjung dan terimakasih semoga kita selalu dalam lindungan tuhan,salam hormat dari pengrajin jaket kulit garut terimakasih admin

    Reply
  22. author

    Ririn2 years ago

    kebetulan rumah saya masih pakai listrik pasca bayar mas, soalnya lebih terjamin aja hehehe 😀
    kalau mau ganti ke listri pra bayar, nanti malah repot harus bayar lagi ya, jadi nya mending pakai yang sudah tersedia aja 😀

    Reply
    • author
      Author

      Rizky Mahrizal2 years ago

      iya mb ririn masih sangat beruntung pakai listrik dengan spedo model lama alias yang non pulsa, kalau pakai pulsa mah, bayak banget errornya, tak sedikit pulsa yang ngadu ke saya untuk ngatasin keluhannya pelanggan padahal saya bukan orang PLN, seperti biasa, kalau pelanggan ngaduin keluhannya ke PLN, cuma d ajak muter2 doank ujung2nya suruh tambah daya. ah sudahlah PLN mah mau pakai teknologi secanggih apapun tak kan ada gunanya kalau pelayanannya saja kagak da bagus2nya, khususnya para oknum / orang2 dalam PLN itu yang sering berulah, berdasarkan pengalaman saya, sementara pihak PLN hanya diam saja seakan2 tak mengetahui.

      Reply
      • author

        tutorial892 years ago

        Wah baru tau saya kalo yg pake pulsa suka error

        Reply
        • author
          Author

          Rizky Mahrizal2 years ago

          dah banyak kasusnya, monggo sharing mas kalau ada keluhan seputar kelistrikan

          Reply
  23. author

    widodo2 years ago

    wah udah rapih lagi mas webnya

    Reply
    • author
      Author

      Rizky Mahrizal2 years ago

      Alhamdulillah mas, berusaha seampu saya untuk menormalkan lagi

      Reply
  24. author

    argo2 years ago

    msalah no 2 itu, oknum PLN nakal harus dibrantas mas

    Reply
  25. author

    ari2 years ago

    wiihhh mas ikut lomba seo PLN ya, smga menang ya mas

    Reply
  26. author

    Arnol Awal2 years ago

    Kadang saya suka berfikir dan melamun, apa yang terjadi di negeri ini. Dari dulu kita didokrin bahwa negara ini adalah negara yang melimpah sumber daya alam nya. Tapi kanapa????? PLN bilang selalu merugi. Padahal gaji-gaji pegawai BUMN itu gede-gede..

    Reply
    • author
      Author

      Rizky Mahrizal2 years ago

      PLN merugi itu saya pikir cuma alasan, justru malah pelanggan yang sebenarnya dirugikan karna listrik yang di belikan gak maksimal, bukan dari pihak PLNnya tapi justru dari para petugasnya.

      Reply
  27. author

    Pahan2 years ago

    semalam ke sini, blognya seperti ada masalah. Kenapa ya?

    Reply
    • author
      Author

      Rizky Mahrizal2 years ago

      iya mas blog saya di hack orang, semua konten dihabisin

      Reply
      • author

        Pahan2 years ago

        aduh. moga2 baik semuanya. Gunakan backup plugin ya.

        Reply
  28. author

    toko bunga surabaya2 years ago

    gagasan yang menarik, ternyata ada juga sejarah perusahaan listrik

    Reply
  29. author

    Agung Car2 years ago

    Mestinya dengan menggunakan metode token, dana investasi yang dimiliki PLN bisa digunakan untuk investasi lebih luas lagi, karena tidak ada dana yang di investasikan pada pulsa listrik, pelanggan sudah membayar untuk listrik mereka dimuka, apa lagi tahun ini PLN sudah naik tarif hingga 3 kali hingga akhir 2014 nanti. Semoga PLN jadi lebih baik dan Selamat Ulang Tahun Yang ke-69, Semoga Semakin Sukses Dalam Melayani Masyarakat Indonesia.

    Reply
    • author
      Author

      Rizky Mahrizal2 years ago

      metode token itu enak sebenarnya, keuntungan bisa dihitung langsung dari jumlan pelanggan yang memasukan tokennya, dan g ada alasan PLN merugi, alasan PLN merugi menurut saya sebuah alasan yang kurang tepat

      Reply
  30. author

    Rizqi Official2 years ago

    Semoga PLN Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya 😀
    Rizqi Official Postingan Terbaru….Cara Membuat Breadcrumbs Seo Friendly Di BlogMy Profile

    Reply
  31. author

    tutorial892 years ago

    semoga ide2 dari para blogger bisa terealisasikan oleh PLN. khususnya ide2 yang cemerlang. bukan hanya sekedar Lomba semata. 🙂
    tutorial89 Postingan Terbaru….Cara membuat logo blog dengan photoshopMy Profile

    Reply
  32. author

    cara mengobati kanker kolon2 years ago

    ide yang bagus sekali semoga terlaksana amin

    Reply
  33. author

    blog mas wildan2 years ago

    saya bantu dengan doa sob 🙂

    Reply
  34. author

    Arie gond3s2 years ago

    Nah, bener sekali itu Mas, pada poin ke 2 itu sering sekali terjadi di daerah Saya, dan tak sedikit pula para pelanggan yang menjadi korban akibat kecurangan otak para oknum PLN yang tidak bertanggung jawab ini.
    Arie gond3s Postingan Terbaru….Alasan Mengapa Travelling Itu PentingMy Profile

    Reply
  35. author

    Fatahillah2 years ago

    wah ternyata ada juga yah hari PLN haha jujur saya baru tau gan makasii nih atas infonya dan salam kenal dari Cinta Teknologi
    Fatahillah Postingan Terbaru….Cara Mudah Memperbesar Resolusi Layar Notebook Versi Cinta TeknologiMy Profile

    Reply
  36. author

    Nurdin Akbar2 years ago

    ternyata agan ikut lomba PLN yahh. lumayan tuh hadiahnya besar. kalo saya ikutan ntar takut menang. hehe

    Reply
    • author
      Author

      Rizky Mahrizal2 years ago

      sebaiknya g usah ikutan mas, biar narablog kecil seperti saya saja yang ikut hehhhe…. kalau saya menag kalah nomor sekian mas, peserta lain g kalah hebat tulisannya, ide2nya briliant untuk perkembangan PLN

      Reply
  37. author

    Pola Hidup Sehat2 years ago

    Jujur baru denger kalau ada Hari Listrik Nasional, thank info mengenai hari listrik nasional
    Pola Hidup Sehat Postingan Terbaru….Khasiat Buah Alpukat Untuk Ibu HamilMy Profile

    Reply
    • author
      Author

      Rizky Mahrizal2 years ago

      sama mas, saya juga tahunya setelah ada kompetisi ini mas, sama2 mas semoga bermanfaat

      Reply
  38. author

    sari2 years ago

    sukses buat kontes nya semoga menang,oh iya semoga tulisan ini di dengar dan dapat di wujudkan oleh PLN
    sari Postingan Terbaru….Melilea Skin Transformer SeriesMy Profile

    Reply
    • author
      Author

      Rizky Mahrizal2 years ago

      harapan saya beitu mb’, meski g menang juga tak masalah asalkan kualitas layanan pln di tingkatkan dan PLN mau mendengar dan mengatasi keluhan pelanggan. g cuma meningkatkan teknologinya.

      Reply
  39. author

    Devi2 years ago

    harusnya tulisan ini di wujudkan juga di lapangannya,,jangan cuma menjadi tulisan kontes doang ya mas??sukses lah buat lmba nya semoga menang
    Devi Postingan Terbaru….Melilea Skin Transformer SeriesMy Profile

    Reply
    • author
      Author

      Rizky Mahrizal2 years ago

      harapan saya juga seperti itu mb, g cuma mendengarkan saja atau sebatas uneg2 kontes doank

      Reply
  40. author

    PULSA SRI HASTUTI2 years ago

    kalau bisa dipersulit kenapa harus dipermudah… haha
    itulah tingkah pegawai-pegawai pln. dilaporin ada kerusakan banyak aja alasannya.
    tapi kalau kita bawa duit pasti cepet dilayaninya 🙂
    PULSA SRI HASTUTI Postingan Terbaru….Cara Tercepat Menghitung Jumlah Kwh Token PLNMy Profile

    Reply
    • author
      Author

      Rizky Mahrizal2 years ago

      nah itulah para pegawai PLN, berdasarkan realita yang saya alami

      Reply
  41. author

    harian.co2 years ago

    lagi ikutan kontes ya
    harian.co Postingan Terbaru….Video Parodi Adolf Hitler Bully BekasiMy Profile

    Reply
  42. author

    Andriyatna2 years ago

    Semoga menang mas Rizky untuk kontesnya… ^_^
    Andriyatna Postingan Terbaru….Manfaat Mengkonsumsi Telur PuyuhMy Profile

    Reply
  43. author

    widodo2 years ago

    ternyata ada sangkut pautnya sama belanda tohh..

    sukses selalu ya… mudah2 menang di kontes ideku untuk PLN
    widodo Postingan Terbaru….Menu Dropdown Reponsive effek StickyMy Profile

    Reply
  44. author

    Nailul Huda2 years ago

    Ternyata pencetus pln di indonesia orang belanda toh, saya kira pemerintah indonesia, baru tahu saya.

    Reply
  45. author

    Cerita Komunitas2 years ago

    PLN hanya harus bisa melakukan efisiensi dan mengurangi korupsinya aja kok
    Cerita Komunitas Postingan Terbaru….Akoe Indonesia ingin ciptakan 1000 TeensPreneurMy Profile

    Reply
    • author
      Author

      Rizky Mahrizal2 years ago

      itu juga harus di perhatikan, teknologi yang bagaimanapun di kembangkan kalau pelayanannya gak maksimal juga kurang bagus tanpa memperhatikan pelanggan sebagai pengguna

      Reply
  46. author

    Hero Borneo2 years ago

    ilmu yang baru untuk saya dan terima kasih kerana berkongsikan perkara ini mas
    Hero Borneo Postingan Terbaru….Cara Nak Jadi Cikgu TerbaikMy Profile

    Reply

Leave a reply "Ide Ku Untuk PLN"

CommentLuv badge

Must read×

Top